Wah, Ternyata Ini Manfaat Magnesium bagi Tubuh Kita

Wah, Ternyata Ini Manfaat Magnesium bagi Tubuh Kita

Berikut ini adalah Wah, Ternyata Ini Manfaat Magnesium bagi Tubuh Kita yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Penelitian menunjukkan bahwa magnesium mendukung fungsi otot dan saraf, membantu mengatur kadar gula darah, meningkatkan tekanan darah normal, dan meningkatkan kesehatan tulang. Banyak orang tidak menyadari manfaat yang besar dari zat mineral yang satu ini karena selalu tertutupi oleh mineral lain seperti kalsium atau vitamin D.

Nyatanya, dengan mengonsumsi magnesium dalam kadar yang cukup, akan memberikan berbagai manfaat pada tubuh kita, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2

Jika Anda berisiko terkena diabetes tipe 2, ini mungkin salah satu manfaat magnesium yang paling penting bagi Anda. Sebuah tinjauan studi tahun 2016 yang melibatkan lebih dari 600.000 pria dan wanita menunjukkan bahwa orang dengan asupan magnesium yang lebih tinggi memiliki risiko 17% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 daripada mereka yang asupannya paling rendah. Dalam sebuah studi 2019 dalam jurnal Nutrients, para peneliti secara acak menugaskan 42 orang dengan diabetes tipe 2 untuk mengambil suplemen magnesium atau tanpa suplemen sama sekali selama 3 bulan. Mereka yang memilih suplemen dengan magnesium tampaknya memiliki peningkatan resistensi insulin dan kontrol gula darah dibandingkan dengan peserta studi lainnya.

2. Membentuk tulang yang kuat

Meskipun kebanyakan orang mengira hanya kalsium dan vitamin D saja yang baik untuk tulang, sangat jarang yang menyadari kalau magnesium juga beperan penting. Bahkan, apabila Anda mengonsumsi kalsium dalam dosis tinggi tanpa diimbangi dengan magnesium, dalam perbandingan 2:1 (2 kalsium 1 magnesium), maka hasilnya tidak akan maksimal.

BACA JUGA:  11 Cara Alami Mencegah Asam Lambung dan Heartburn

3. Menurunkan tekanan darah

Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi suplemen magnesium dikaitkan dengan kira-kira penurunan 2 poin pada tekanan darah sistolik dan diastolik (angka pertama dan kedua dalam pembacaan tekanan darah). Walau begitu, jika Anda tidak mengalami hipertensi, jangan gunakan magnesium sebagai pencegahan

4. Mencegah migrain

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang menderita migrain kronis juga mungkin kekurangan magnesium. Dalam ulasan tahun 2016 dari 21 studi yang dipublikasikan, orang yang mengalami migrain yang diobati dengan magnesium intravena memiliki penurunan gejala. Dalam penelitian yang sama, orang yang cenderung mengalami migrain yang kemudian mengonsumsi suplemen magnesium mengalami penurunan frekuensi dan intensitas sakit kepala.

5. Mengurangi tingkat stress

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa magnesium dapat berperan dalam mengurangi stres dan gejala kecemasan. Hal tersebut tidak mengherankan mengingat tingkat stres dan magnesium terhubung. Stres adalah faktor dalam mengurangi kadar magnesium. Salah satu contoh makanan yang bisa menurunkan stress dan kaya akan magnesium adalah cokelat hitam.

6. Mengurangi peradangan

Peradangan kronis bisa dikaitkan dengan berbagai hal mulai dari peningkatan risiko diabetes tipe 2 hingga penyakit kardiovaskular dan penyakit kronis lainnya. Satu studi kecil, tapi menarik untuk diperhatikan, mencoba melihat peran magnesium yang dimainkan dalam mengurangi risiko peradangan pada wanita paruh baya yang kelebihan berat badan, karena dapat menurunkan presentase lemak tubuh yang jadi faktor yang dapat meningkatkan peradangan.

Scroll to Top