Hati-Hati, Ini 8 Penyebab Leher Terasa Pegal

Hati-Hati, Ini 8 Penyebab Leher Terasa Pegal

Berikut ini adalah Leher Anda Sering Terasa Pegal, Mungkin Ini yang Jadi Penyebabnya yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Kekakuan yang terjadi di bagian leher membuat Anda tidak bisa leluasa menggerakan kepala, dan butuh sedikit perjuangan bagi Anda hanya untuk sekedar menengok. Tak jarang Anda harus memalingkan seluruh badan supaya bisa melihat sekeliling.

Jika pegal di leher terjadi secara terus menerus dan tidak ditangani secara serius hal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius, lho!

Berbagai penyebab Anda sering merasakan pegal di leher

1. Cedera
Ketika Anda mengalami kecelakaan kendaraan bermotor, kecelakaan saat olahraga, atau jatuh, hal ini memungkinkan menyebabkan cedera pada leher. Tanpa disadari, akibat cedera, otot dan ligamen di leher mengalami kerusakan sehingga Anda yang mengalami kekakuan di bagian leher.

2. Osteoarthritis

Osteoarthritis atau pengapuran sendi adalah kondisi yang disebabkan dari nyeri sendi karena faktor usia. Kondisi ini dapat menyebabkan kekakuan dan gerakan terbatas di berbagai sendi, termasuk leher.

3. Radang sendi

Gangguan autoimun ini mempengaruhi sendi yang dapat merusak jaringan di leher Anda. Kerusakan ini dapat mengakibatkan sakit dan kekakuan pada bagian leher, biasanya di bagian atas leher.

4. Saraf terjepit

Saraf terjepit terjadi karena arthritis, yaitu penyempitan kanal tulang belakang, atau herniated disc. Jika Anda mengalami saraf terjepit, hal ini akan menyebabkan leher jadi kaku dan pegal bahkan kadang-kadang menjalar dari lengan sampai kaki Anda.

5. Stres

Ketika Anda sedang stres, otot-otot Anda jadi tegang. Leher kaku sering kali adalah sinyal awal bahwa Anda merasa stres.

BACA JUGA:  Apa itu Penyakit Cystic Fibrosis ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

6. Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah kondisi yang membuat penderitanya merasakan rasa sakit yang teramat di sekujur tubuh. Kondisi ini berlangsung lama dan sering berulang dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Gejala utama pada penyakit ini adalah merasakan rasa nyeri dan sakit seperti ditusuk-tusuk.

7. Kejang otot

Kejang otot terjadi ketika saraf Anda mengirim pesan ke otot-otot Anda yang menyebabkan mereka berkontraksi. Ketika Anda mengalami kejang di bagian otot leher, hal inilah yang menyebabkan leher jadi kaku.

8. Meningitis

Meningitis adalah infeksi yang serius dan berpotensi mengancam nyawa, yang menyerang cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Mengalami demam, sakit kepala, dan leher kaku dan pegal adalah gejala umum dari meningitis.

Scroll to Top