3 Jenis Teh Herbal yang Ampuh Atasi Sembelit

3 Jenis Teh Herbal yang Ampuh Atasi Sembelit

Berikut ini adalah 3 Jenis Teh Herbal yang Ampuh Atasi Sembelit yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Salah satu cara mengatasi sembelit secara alami adalah Teh herbal, dipercaya minim efek samping. Beberapa teh herbal jenis tertentu bahkan diduga bermanfaat untuk melemaskan otot usus sehingga pergerakan feses lebih lancar.

1. Teh senna

Teh senna yang berasal dari daun kering tanaman semak Senna alexandrina ini mengandung senyawa glikosida. Glikosida memiliki efek laksatif alami yang dapat membantu melemaskan otot-otot sistem pencernaan supaya membuat feses lebih bergerak dengan mudah di sepanjang usus hingga keluar lewat anus.

Rasa teh senna cukup pahit, maka Anda bisa menambahkan madu sebagai pemanis supaya rasanya lebih bersahabat di lidah.

2. Teh hitam dan hijau

Teh hijau dan teh hitam sama-sama mengandung kafein yang memiliki efek pencahar untuk merangsang gerak usus memperlancar BAB. Efek pencahar ini akan terasa lebih nyata jika teh diminum di pagi hari saat perut masih kosong.

Akan tapi, untuk Anda yang sensitif terhadap kafein sebaiknya mencari alternatif teh lainnya yang lebih aman untuk pencernaan dan tubuh Anda.

3. Teh peppermint

Peppermint dikenal baik untuk pencernaan Anda. Efek menthol dalam peppermint dapat membantu merelaksasi otot-otot perut. Itu kenapa minum satu cangkir teh peppermint setiap hari bisa membantu mengatasi sembelit dan juga meredakan sakit perut.

BACA JUGA:  Kenali Gejala dan Tanda-tanda Serangan Asma
Scroll to Top