Benarkah Minum Air Dingin Efektif Untuk Bakar Kalori ?

Benarkah Minum Air Dingin Efektif Untuk Bakar Kalori ?

Berikut ini adalah Benarkah Minum Air Dingin Efektif Untuk Bakar Kalori ? yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Air dingin disebut-sebut lebih efektif untuk membakar kalori. Anggapan ini pun tidak sepenuhnya salah. American College of Sports Medicine and the International Society of Sports Nutrition menyarankan konsumsi air dingin setelah berolahraga. 

Minum air dingin akan membantu mengurangi kenaikan suhu tubuh yang bisa menghambat tingkat ketahanan tubuh saat berolahraga.

Sebuah penelitian yang diadakan di Jerman pada tahun 2003 pun turut lakukan pengamatan pada efek air dingin pada tubuh.

Menurut hasil yang ditarik dari 14 orang peserta, ditemukan bahwa meminum air dingin sebanyak 500 ml dapat meningkatkan aktivitas tubuh untuk bakar kalori sampai 30% selama lebih dari satu jam.

Selain itu, kekhawatiran akan air dingin yang dapat menghambat sistem pencernaan juga tidak terbukti. Pasalnya, air dingin yang masuk ke tubuh akan mengalami penyesuaian dengan suhu tubuh sehingga akan jadi lebih hangat setelah lima menit meminumnya. Terutama jika diminum usai olahraga, air akan menggantikan keringat yang hilang dan cegah dehidrasi.

Air dingin memang bisa membantu untuk bakar kalori, Namun efek yang diberikan dari air dingin tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan meminum air bersuhu ruangan.

Studi dari University of Washington juga menambahkan, proses kerja tubuh dalam membuat satu gelas air dingin jadi hangat juga hanya akan membakar 8 kalori. Jika dihitung dengan anjuran minum air putih 8 gelas perhari, Anda hanya membakar maksimal 64 kalori. Hasilnya sama dengan apa yang akan Anda dapatkan setelah lakukan kegiatan olahraga ringan sekitar 5 sampai 15 menit.
 

Scroll to Top