6 Cara Ampuh Hilangkan Komedo Menggunakan Bahan-Bahan Alami

6 Cara Ampuh Hilangkan Komedo Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Berikut ini adalah 6 Cara Ampuh Hilangkan Komedo Menggunakan Bahan-Bahan Alami yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Merasa kesal karena wajah dipenuhi komedo? Wajar saja, terutama kalau banyak bermunculan di wajah Anda, yang tentu saja akan mempengaruhi penampilan dan bisa berdampak pada keprcayaan diri saat lakukan aktivitas yang membutuhkan interaksi dengan orang lain.

Komedo sendiri adalah benjolan kecil yang muncul di kulit Anda dikarena folikel rambut yang tersumbat. Benjolan ini memiliki nama lain ‘Blackheads’ atau “Kepala Hitam” secara harfiah, dikarenakan permukaannya yang nampak gelap atau hitam. Komedo biasanya terbentuk di wajah, tapi mereka juga dapat muncul di bagian tubuh lainnya seperti punggung, dada, leher, lengan, dan bahu.

Meskipun begitu tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menyembuhkan komedo tanpa perlu lakukan perawatan dan membeli obat-obatan mahal, dan hanya menggunakan bahan-bahan alami yang mudah dicari dan mungkin telah tersedia di dapur rumah Anda.

1. Menghilangkan komedo dengan baking soda dan air

Baking soda membantu menetralkan segala ketidakseimbangan pH yang mungkin dimiliki kulit Anda, serta berfungsi sebagai pengelupas untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati.

Untuk menggunakannya pada komedo, campurkan dua sendok makan soda kue dan dua sendok makan air bersama untuk membentuk pasta.

Pijat pasta ke wajah Anda, bilas dengan air hangat, dan kemudian pastikan untuk melembabkan wajah Anda sesudahnya. Campuran ini bisa mengeringkan kulit Anda, jadi jangan gunakan lebih dari dua atau tiga hari seminggu.

2. Menghilangkan komedo dengan gula jawa, madu, dan jus lemon

BACA JUGA:  3 Cara Mencerahkan Kulit dengan Bubuk Kopi

Gula merah, madu, dan jus lemon bisa jadi campuran eksfoliasi yang bisa Anda gunakan pada komedo di dagu dan hidung Anda. Dianjurkan untuk mencampurkan satu sendok makan gula merah, dua sendok makan lemon, dan satu sendok makan madu mentah. Saat tercampur dengan baik, oleskan ke wajah Anda dengan gerakan memutar, pijat selama lima menit sebelum membilasnya dan mengoleskan pelembab.

3. Menghilangkan komedo dengan minyak Tea Tree (Pohoin Teh)

Para ahli mengatakan Anda bisa mengoleskan minyak pohon teh langsung ke daerah yang terkena untuk membantu komedo di dagu dan hidung Anda. Bahan Ini akan dapat membunuh bakteri. Minyak pohon teh tersedia dalam sejumlah produk, seperti sabun dan krim, atau tersedia sebagai minyak esensial.

4. Menghilangkan komedo dengan kunyit kasturi

Kunyit dapat digunakan untuk membantu menghilangkan komedo karena sifat antibakteri, antijamur, dan sifatnya yang anti-inflamasi atau peradangan. Sebaiknya menggunakan kunyit kasturi dan bukan kunyit biasa, karena kunyit biasa akan dapat meninggalkan noda pada kulit.

5. Menghilangkan komedo dengan minyak kelapa dan gula

Walaupun komedo di dagu dan di sekitar mulut Anda sering terjadi, komedo juga dapat terjadi pada tubuh Anda. Untuk menghilangkan ini, gunakan campuran minyak kelapa dan gula pasir untuk digunakan sebagai scrub pada tubuh, yang akan efektif menghilangkan komedo.

6. Menghilangkan komedo dengan teh hijau

Masker wajah yang terbuat dari teh hijau juga sangat efektif dalam menghilangkan komedo, karena dapat membantu mengatur kadar minyak pada wajah dan berguna sebagai antioksidan. Campurkan satu sendok teh daun teh hijau kering dengan satu sendok teh air dan pijat ke daerah yang terkena selama tiga menit, kemudian bilas dan gunakan pelembab.

Scroll to Top