Terong Belanda Berkhasiat Bantu Mencegah Kanker, Ini Kata Ahli

Terong Belanda Berkhasiat Bantu Mencegah Kanker, Ini Kata Ahli

Berikut ini adalah Terong Belanda Berkhasiat Bantu Cegah Kanker, Ini Kata Ahli yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Terong belanda dikenal sebagai makanan untuk berbagai olahan, mulai dari minuman jus, smoothie, maupun sajian sambal goreng. Selain rasanya yang nikmat, terong belanda ternyata juga punya khasiat untuk membantu cegah kanker. Benarkah?

Terong belanda mempunyai kandungan nutrisi yang cukup banyak. Dalam 100 gram buah terong belanda mengandung 31 kalori. Selain itu, buah ini juga mengandung lemak dan protein yang lebih banyak daripada tomat. Tidak hanya itu, terung belanda memiliki sejumlah nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan seperti serat, mineral, dan vitamin.

Satu hal yang juga penting, terung belanda memiliki kandungan antioksidan yang berasal dari senyawa polifenolik, flavonoid, dan antosianin. Buah ini juga mengandung phytochemical seperti asam klorogenat, kaempferol, dan pigmen antosianin seperti cyanidin glikosida yang ada di bagian kulit buahnya. Terong belanda yang buahnya berwarna kuning mengandung lebih banyak vitamin A dan karoten. Sedangkan, buah yang berwarna merah mengandung pigmen antosianin, ya.

Dikutip dari The Malaysian Journal of Medical Science, terdapat aktivitas sitotoksik pada ekstrak etanol terong belanda. Aktivitas ini memiliki efek kemopreventif (pencegahan) terhadap sel kanker payudara dan hati.

Hal yang sama diungkapkan oleh dr. Devia Irine Putri. Menurutnya, kandungan antioksidan pada buah terung belanda cukup tinggi, buah ini juga tergolong sebagai super food yang bagus untuk cegah kanker.

“Iya, karena kandungan antioksidannya yang tinggi pada terong belanda, maka buah ini dimanfaatkan sebagai super food buat cegah kanker. Antioksidan fungsinya menjaga sel-sel tubuh supaya tetap sehat, kalau sel-selnya sehat, risiko kanker juga menurun,” kata dr. Devia seperti dikutip klikdokter.

BACA JUGA:  Hati-hati, Ini Dia 5 Tanda Anda Terlalu Banyak Minum AIr Putih

Mulai sekarang jangan remehkan lagi khasiat buah terong belanda, ya. Imbangi juga dengan makan makanan sehat bergizi, berolahraga, periksa ke dokter, dan lakukan pencegahan lainnya.

Scroll to Top