Manfaat Teh Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Teh Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Berikut ini adalah Manfaat Teh Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Kita yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Teh Daun Pepaya / JawaPos.com

Dibalik rasanya yang pahit, daun pepaya memiliki antioksidan yang tinggi yang sanggup menangkal radikal bebas. Bila daun pepaya dikonsumsi jadi teh, dapat mendatangkan banyak keuntungan untuk kesehatan Anda.

Berikut beberapa manfaat daun pepaya yang bisa Anda peroleh.

1. Meningkatkan sistem imunitas

Daun pepaya juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda dalam melawan beragam penyakit, termasuk kanker.
Sebuah penelitian dari Universitas Tokyo, ekstrak daun pepaya secara tradisional sanggup meningkatkan sistem imunitas tubuh, terutama pada penderita kanker. Ekstrak daun pepaya memiliki sifat anti-tumor, sehingga sanggup cegah penyakit kanker dan berbagai alergi. 

2. Meningkatkan trombosit

Daun pepaya dapat meningkatkan trombosit pada manusia. Biasanya ekstrak daun pepaya ini digunakan sebagai obat tradisional untuk memulihkan jumlah trombosit pada penderita demam berdarah.
Bila Anda menderita demam berdarah, pengobatan dapat dibantu melalui konsumsi ekstrak dan teh daun pepaya secara rutin untuk membantu meningkatkan trombosit dan melawan virus demam berdarah.

3. Antidepresan alami 

Minum teh selalu memberikan sensasi yang menenangkan, termasuk teh daun pepaya. Alkoloid adalah komponen alami yang dapat ditemukan dalam beragam tumbuhan, salah satunya daun pepaya.
Alkoloid memberikan efek antidepresan alami. Secara efisien, alkoloid dalam daun pepaya sanggup memberikan ketenangan pada orang yang mengalami depresi. Bila sewaktu-waktu dilanda kecemasan, Anda bisa mengonsumsi teh daun pepaya untuk menenangkan diri.

4. Mengatasi malaria 

Selain penyakit demam berdarah, daun pepaya juga bermanfaat sebagai pengobatan alami malaria. Daun pepaya memiliki senyawa karpain yang memiliki sifat antimalaria dan antiplasmodial.

BACA JUGA:  Apa itu Penyakit Cacar Air ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Senyawa karpain memiliki kemampuan untuk melawan parasit penyebab penyakit yang mempengaruhi sistem saraf pusat. Maka dari itu, daun pepaya yang dikonsumsi dalam bentuk teh juga mendukung sistem pertahanan tubuh untuk cegah Anda dari serangan penyakit.

5. Mencegah infeksi bakteri

Secangkir daun teh pepaya juga memberikan proteksi dari beragam infeksi bakteri yang mengenai dengan sistem pencernaan. Menurut studi dalam A Multifaceted Journal in the field of Natural Products and Pharmacognosy, daun pepaya memiliki sifat antibakteri. 

Daun pepaya sanggup melawan bakteri Escherichia coli, Salmonella typhi, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, dan Bacillus cereus. Dengan demikian, konsumsi daun pepaya ini dapat menangkal penyakit tipes, pneumonia, meningitis, diare, dan lainnya.

Scroll to Top