Kondisi Kesehatan Mental yang Sulit Terdiagnosa

Kondisi Kesehatan Mental yang Sulit Terdiagnosa

Berikut ini adalah Kondisi Kesehatan Mental yang Sulit Terdiagnosa yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Meskipun saat ini banyak orang membicarakan tentang kesehatan mental lebih dari sebelumnya, masih banyak orang yang kondisi dan pengalamannya sehari-hari tetap jadi misteri bagi banyak dari Anda. 

Sebagai sebuah masyarakat, Anda telah menempuh perjalanan panjang dalam hal menghilangkan beberapa gejala kondisi seperti kecemasan dan depresi, tapi di luar parameter kecil ini, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

Satu kondisi yang masih sulit dipahami oleh banyak orang adalah high-functioning depression. High-functioning depression alias smiling depression adalah istilah untuk seseorang yang hidup dengan depresi di dalam diri Meskipun begitu tampak bahagia atau puas di luar. Kehidupan orang-orang tersebut nampak seperti pada umumnya dan dianggap mumpuni.

Didefinisikan secara longgar sebagai bentuk depresi di mana seseorang mengalami gejala umum depresi tanpa memengaruhi kemampuan mereka untuk menyelesaikan aktivitas sehari-hari. Orang-orang yang menghadapi depresi yang berfungsi tinggi sering berjuang untuk mendapatkan dukungan justru karena mereka “tampak baik-baik saja” di luar.

Seseorang dengan high-functioning depression mungkin juga percaya bahwa mereka “lakukan terlalu baik” untuk mengalami depresi dan oleh karena itu menghindari mencari bantuan, atau menurunkan suasana hati dan kekurangan energi mereka ke alasan lain seperti kurang tidur atau tidak makan dengan baik (keduanya juga bisa jadi gejala depresi).

Meskipun bentuk depresi ini mungkin tidak tampak ‘parah’ seperti jenis yang membuat sulit untuk bangun dari tempat tidur, misalnya, fakta bahwa high-functioning depression sering kali tidak disadari oleh orang dengan depresi dan orang-orang di sekitar mereka, dan ini sangat sulit untuk ditangani dan diobati.

BACA JUGA:  Apa itu Penyakit Alergi Kacang ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang high-functioning depression, termasuk apa itu depresi, dan perawatan apa yang tersedia, kami meminta penjelasan psikolog Dr Meg Arroll. Inilah yang dia katakan.

Pertama-tama, apa yang dimaksud dengan ‘high-functioning’? “High-functioning dalam pengertian ini berarti sanggup melanjutkan ‘aktivitas kehidupan sehari-hari’, yaitu sanggup mempertahankan pekerjaan, mengurus keluarga, dan dari tampilan luar seolah-olah semuanya baik-baik saja,” Arroll menjelaskan.

“Tetapi, lakukan semua hal yang perlu Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti pergi bekerja, menjalankan rumah, menjaga hubungan dan persahabatan terasa seperti upaya kolosal ketika Anda mengalami depresi yang berfungsi tinggi.”

“Alasan mengapa definisi ini penting mengenai dengan depresi adalah bahwa salah satu tanda kunci dari gangguan kesehatan mental ini adalah terganggunya aktivitas kehidupan sehari-hari, oleh karena itu seseorang yang memiliki fungsi tinggi mungkin tidak atau salah didiagnosis.”

Apa saja gejala depresi fungsi tinggi? Sebagian besar, gejala depresi fungsi tinggi sama dengan gejala depresi biasa; perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa orang dengan depresi fungsi tinggi biasanya tidak mengalami banyak gangguan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Arroll menjelaskan, “gejala depresi yang berfungsi tinggi sama dengan gangguan depresi seperti, merasa putus asa, tidak berdaya atau kosong di dalam, mengalami air mata dan mudah tersinggung, merasa lelah atau mudah lelah baik dengan atau tanpa disfungsi tidur, mengalami perubahan dalam perilaku makan dan masalah kognitif seperti konsentrasi pada tugas yang biasanya diselesaikan tanpa kesulitan.”

Arroll menambahkan: “Kadang-kadang disebut sebagai gangguan depresi yang terus-menerus, depresi yang berfungsi tinggi bukanlah perasaan sedih karena alasan yang jelas seperti berkabung, melainkan mengalami banyak atau semua gejala depresi tapi berfungsi normal secara lahiriah.”

BACA JUGA:  Apa itu Penyakit Dermatomiositis ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apakah jadi berfungsi tinggi berarti depresi Anda tidak terlalu serius? “Tidak, jadi orang yang berfungsi dengan baik tentu tidak berarti kondisi seseorang tidak terlalu parah,” kata Arroll.

“Karena mereka yang berada di ujung spektrum kemampuan fungsional yang lebih tinggi mungkin tidak atau salah didiagnosis, mereka mungkin merasa lebih sulit untuk mengakses perawatan dan dukungan. Jika tidak diobati, depresi dapat memburuk sehingga individu yang berfungsi tinggi sering kali tidak menerima bantuan sampai titik krisis. Oleh karena itu, dalam beberapa kasus, fungsi yang tinggi dapat menyebabkan gejala yang lebih parah.”

Pilihan pengobatan apa yang tersedia untuk orang dengan depresi fungsi tinggi? “Pilihan pengobatan untuk orang dengan depresi yang berfungsi tinggi umumnya sama dengan mereka yang mengalami depresi berat (misalnya terapi bicara seperti terapi perilaku kognitif, mediasi, olahraga dan dukungan sosial) tapi, seperti di atas, titik di mana mereka mengakses layanan mungkin berbeda, karena profesional kesehatan, teman dan keluarga mungkin tidak menyadari bahwa Anda sedang berjuang keras,” Arroll menjelaskan.

“Inilah mengapa penting bagi kita semua untuk lakukan pemeriksaan kesehatan mental secara teratur, sama seperti kita akan lakukan pemeriksaan kesehatan fisik. NHS juga memiliki alat Penilaian Suasana Hati yang praktis yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk diselesaikan.”

Jika Anda sedang bergumul dengan depresi saat ini, penting untuk diingat bahwa Anda tidak sendirian, dan ada tempat serta orang yang dapat membantu.

Scroll to Top