Manfaat Pilates bagi Kesehatan

Manfaat Pilates bagi Kesehatan

Berikut ini adalah Manfaat Kesehatan Pilates yang Merupakan Olahraga Perpaduan Antara Senam, Yoga, dan Balet yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Foto : Health Fitness Revolution

Pilates (atau metode Pilates) adalah rangkaian sekitar 500 latihan yang terinspirasi oleh senam, yoga, dan balet. Pilates memperpanjang dan meregangkan semua kelompok otot utama dalam tubuh secara seimbang. Ini meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, keseimbangan, dan kesadaran tubuh.

Pada 1920-an, pelatih fisik Joseph Pilates memperkenalkan Pilates ke Amerika sebagai cara untuk membantu atlet dan penari yang cedera supaya dapat kembali berolahraga dan menjaga kebugarannya dengan aman. Sejak itu, Pilates telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya.

Pilates bisa jadi bentuk latihan aerobik dan non-aerobik. Ini membutuhkan konsentrasi dan fokus, karena Anda menggerakkan tubuh melalui rentang gerak yang tepat. Pilates memperpanjang dan meregangkan semua kelompok otot utama dalam tubuh Anda secara seimbang. Diperlukan konsentrasi dalam menemukan titik pusat untuk mengontrol tubuh Anda melalui gerakan. Setiap latihan memiliki penempatan, ritme, dan pola pernapasan yang ditentukan.

Dalam Pilates, otot Anda tidak pernah bekerja sampai kelelahan, jadi tidak ada keringat atau tegang, hanya konsentrasi yang intens. Latihan terdiri dari berbagai urutan latihan yang dilakukan dalam pengulangan rendah, biasanya lima hingga sepuluh kali, selama sesi 45 hingga 90 menit. Pekerjaan tikar dan peralatan khusus untuk resistensi digunakan.

Metode Pilates diajarkan untuk disesuaikan dengan setiap orang dan latihan secara teratur dievaluasi ulang untuk memastikannya sesuai untuk orang tersebut. Karena perhatian individu, metode ini cocok untuk semua orang mulai dari atlet elit hingga orang dengan mobilitas terbatas, wanita hamil, dan orang dengan tingkat kebugaran rendah.

BACA JUGA:  10 Rutinitas Perawatan Kulit Terbaik untuk Kulit Berminyak

Kelas diadakan di studio khusus Pilates, klinik fisioterapi atau di fasilitas rekreasi atau pusat komunitas lokal Anda. Manfaat kesehatan Pilates meliputi:

– Fleksibilitas yang ditingkatkan
– Peningkatan kekuatan dan tonus otot, terutama otot perut, punggung bawah, pinggul, dan bokong (‘otot inti’ tubuh Anda)
– Kekuatan otot yang seimbang di kedua sisi tubuh Anda
– Peningkatan kontrol otot punggung dan tungkai Anda
– Peningkatan stabilisasi tulang belakang Anda
– Postur yang lebih baik
– Rehabilitasi atau pencegahan cedera yang berhubungan dengan ketidakseimbangan otot
– Peningkatan koordinasi dan keseimbangan fisik
– Relaksasi bahu, leher, dan punggung atas
– Rehabilitasi yang aman untuk cedera sendi dan tulang belakang
– Pencegahan cedera muskuloskeletal
– Peningkatan kapasitas dan sirkulasi paru-paru melalui pernapasan dalam
– Peningkatan konsentrasi
– Peningkatan kesadaran tubuh
– Manajemen stres dan relaksasi.

Scroll to Top