Jarang Orang Tahu, Merokok Bisa Menyebabkan Kebutaan

Jarang Orang Tahu, Merokok Bisa Menyebabkan Kebutaan

Berikut ini adalah Jarang Orang Tahu, Merokok Bisa Menyebabkan Kebutaan yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Ilustrasi mata Sakit/ Ist

Merokok acap kali disebut sebagai salah satu kebiasaan “kecil” yang berefek besar terhadap kesehatan tubuh. Termasuk pada penglihatan, yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

Ya, studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Inggris menemukan hasil bahwa seorang perokok punya risiko 2-4 kali lebih besar mengalami kebutaan akibat degenerasi makula mengenai usia atau age-related macular degeneration (AMD), daripada orang yang tidak merokok. Hasil temuan ini dilaporkan oleh WebMD.

Degenerasi makula adalah gangguan mata yang menyerang bagian retina dan bisa menyebabkan kebutaan. Penyakit ini lebih sering dialami orang di atas usia 55 tahun dan bisa menyebabkan kebutaan.

Spesialis bedah mata di Royal Bolton Hospital sekaligus anggota tim penelitian ini, dr. Simon P. Kelly, menyatakan bahwa lebih dari seperempat kasus degenerasi makula, baik yang mengalami gangguan penglihatan atau bahkan kebutaan, disebabkan oleh kebiasaan yang dilakukan pada masa kini dan lampau.

Singkatnya, semakin banyak rokok yang diisap dan lama waktu yang dihabiskan seseorang untuk merokok, maka semakin besar pula risiko untuk mengalami degenerasi makula. Bahkan berujung pada kebutaan. Bagaimana bisa?

Begini, zat radikal bebas yang terkandung dalam rokok memicu terganggunya aliran darah dalam tubuh. Salah satunya ke bagian retina mata yang didalamnya tedapat sel makula, sehingga menurunkan fungsi utama dan mengakibatkan kerusakan.

Sayangnya, kerusakan pada retina mata ini terlalu sulit untuk dicegah oleh antioksidan dalam tubuh yang biasanya didapat dari sumber makanan harian. Akhirnya, terjadilah kebutaan.

BACA JUGA:  Waspada! Orang Tua Suka Merokok Bisa Membuat Anak Alami Pneumonia

Satu-satunya cara yang paling efektif untuk cegah kebutaan sebagai dampak merokok adalah berhenti merokok. Dijelaskan lebih lanjut oleh dr. Simon P. Kelly, risiko penyakit denegerasi makula pada orang yang tidak pernah merokok memang jauh lebih rendah dibandingkan dengan mantan perokok.

Scroll to Top