Jangn Lengah! Ini 6 Gejala Asam Urat yang Sering Diabaikan

Jangn Lengah! Ini 6 Gejala Asam Urat yang Sering Diabaikan

Berikut ini adalah Gejala Asam Urat yang Tidak Umum dan Sering Diabaikan yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Penyakit asam urat memang tidak bisa disembuhkan, tapi gejalanya dapat ditangani dengan baik asalkan Anda mendeteksinya dengan segera. Oleh sebab itu, orang-orang yang berisiko terkena asam urat perlu memahami berbagai gejalanya.

Selain tanda-tanda umum yang sering muncul, berikut beberapa gejala asam urat yang tidak biasa:

1. Gejala mirip flu

Peradangan akibat penyakit asam urat bisa terasa sangat parah meskipun hanya ada satu sendi yang terkena penyakit ini. Saking parahnya, peradangan juga dapat memicu demam tinggi, nyeri otot, serta keluhan lainnya yang mirip dengan gejala flu. Kumpulan gejala tersebut mungkin juga akan membuat Anda merasa lemas atau tidak bersemangat saat menjalani aktivitas sehari-hari. 

2. Terbentuk batu ginjal

Pembentukan batu ginjal juga dapat jadi salah satu gejala penyakit asam urat yang tidak umum. Batu ginjal biasanya terbentuk dari kristal oksalat. Akan tapi, pada penderita penyakit asam urat, batu ginjal terbentuk dari kristal asam urat yang menumpuk.

3. Munculnya benjolan tophi pada bagian tubuh tertentu

Tophi adalah bongkahan kristal asam urat yang menumpuk pada persendian dan area tubuh lainnya sebagai dampak dari tingginya asam urat. Tophi dapat terbentuk pada jari kaki, lutut, siku, serta bagian tubuh yang tidak umum seperti tulang belakang dan kulit.

Bagian tubuh yang ditumbuhi tophi akan tampak membengkak. Pada kulit, tophi nampak seperti benjolan putih atau kekuningan. Tophi umumnya tidak terasa nyeri kecuali jika terjadi peradangan. Bila ukurannya besar dan terasa sakit, tophi mungkin perlu diangkat melalui operasi.

BACA JUGA:  Manfaat jahe Sebagai Obat Asam Lambung Alami

4. Nyeri pada pergelangan tangan

Penyakit asam urat jarang menyerang pergelangan tangan. Ini sebabnya nyeri pada pergelangan tangan termasuk sebagai gejala asam urat yang tidak umum. Jika area ini terasa nyeri, artinya penyakit asam urat telah menyerang lebih dari satu sendi tubuh.

Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter bila mengalami gejala ini. Pasalnya, lebih sulit mendiagnosis penyakit asam urat jika gejalanya hanya muncul pada pergelangan tangan. Dokter dapat lakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan diagnosis dan penanganannya.

5. Nyeri pada persendian tulang duduk

Penyakit asam urat umumnya menyerang sendi jempol kaki, tapi kondisi ini juga bisa terjadi pada sendi lutut, jari-jari, dan yang lebih jarang lagi seperti tulang duduk. Disebut dengan sendi sakroiliaka, persendian ini menyambungkan tulang belakang bawah dengan tulang panggul.

Pembentukan gout pada sendi sakroiliaka ditandai dengan sakit punggung bawah atau sakit pinggang. Nyeri bisa muncul pada satu sisi maupun kedua sisi tulang panggul. Mengingat banyaknya penyebab sakit punggung, orang yang mengalami gejala ini perlu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosisnya.

6. Nyeri yang semakin parah pada tengah malam

Penderita penyakit asam urat memang kerap mengalami nyeri, tapi gejala nyeri pada tengah malam mungkin tidak umum bagi beberapa orang. Padahal, serangan gout lebih sering muncul malam hari, terutama dari tengah malam hingga pukul delapan pagi.

Belum ada penjelasan pasti tentang ini. Akan tapi, penyebabnya mungkin berkaitan dengan menurunnya suhu tubuh dan hormon kortisol pada malam hari. Anda juga mengalami dehidrasi saat tidur. Ketiga faktor ini diduga meningkatkan pembentukan kristal asam urat pada malam hari.

Scroll to Top