Makan Daging Entok Bisa Menyebabkan Naiknya Kadar Asam Urat

Makan Daging Entok Bisa Menyebabkan Naiknya Kadar Asam Urat

Berikut ini adalah Makan Daging Entok Bisa Menyebabkan Naiknya Kadar Asam Urat yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Foto : Masak Apa Hari Ini?

Walaupun penampilannya mirip daging bebek, daging entok sebenarnya punya karakteristik yang unik. Daging entok lebih mudah terurai, tak seperti daging unggas lainnya yang memiliki banyak serat.

Daging entok segar tampak berwarna kemerahan gelap, sedangkan kulitnya berwarna cerah seperti kulit ayam. Setelah dimasak, tekstur daging entok cenderung lebih cepat mengering, tapi rasanya tidak banyak berubah.

Kandungan nutrisi daging entok juga berbeda dengan daging unggas pada umumnya. Contohnya, daging entok mengandung 19% lemak, lebih rendah dibandingkan bebek yang mengandung lemak hampir sebanyak 29%.

Persamaan daging entok dengan daging unggas lainnya justru ada dalam kandungan purin. Purin dalam daging entok adalah senyawa yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Tubuh Anda sebenarnya dapat menguraikan asam urat dan membuangnya melalui urin. Tetapi, asam urat yang berlebih akan membentuk kristal. Kristal asam urat kemudian menumpuk pada persendian dan jaringan ikat.

Daging entok dan angsa termasuk makanan tinggi purin, sedangkan ayam dan bebek mengandung purin dalam jumlah sedang.

Meskipun tidak jadi penyebab langsung, Anda sebaiknya menghindari konsumsi daging entok bila menderita penyakit asam urat.
 

BACA JUGA:  Benarkah Kebanyakan Makan Bayam Dapat Meningkatkan Asam Urat?
Scroll to Top