Ini Bedanya Aspirin dengan Ibuprofen, Jangan Sampai Keliru

Ini Bedanya Aspirin dengan Ibuprofen, Jangan Sampai Keliru

Berikut ini adalah Ini Bedanya Aspirin dengan Ibuprofen, Jangan Sampai Keliru yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Anda mungkin berpikir aspirin dan ibuprofen bisa saling dipertukarkan dalam hal penghilang rasa sakit, tapi sebenarnya tidak. Dengan semua pilihan obat untuk menghilangkan rasa sakit, Anda mungkin bingung mana yang harus Anda gunakan dan kapan.

Dua obat yang dijual bebas yang tampaknya paling dapat dipertukarkan adalah aspirin dan ibuprofen: Keduanya adalah obat penghilang rasa sakit non-steroid, anti-inflamasi (NSAID) yang telah ada di pasaran selama bertahun-tahun. Tetapi, keduanya tidak bisa dijadikan alternatif untuk yang satunya.

Aspirin termasuk dalam kelompok senyawa yang berhubungan secara kimiawi yang disebut salisilat. Salisilat adalah kelompok bahan kimia yang ditemukan di alam yang telah digunakan untuk mengobati kondisi kesehatan selama ribuan tahun. Salisilat secara alami ditemukan dalam makanan seperti kismis dan aprikot dan buah-buahan dan sayuran lainnya.

Baik aspirin dan ibuprofen menghilangkan rasa sakit dengan memblokir prostaglandin, zat seperti hormon alami dalam tubuh, dan ini meminimalkan rasa sakit dan pembengkakan. Tapi di situlah persamaannya berakhir.

Lalu, kapan saat yang tepat untuk meminum aspirin dan kapan waktu yang tepat untuk ibuprofen?

Kapan waktunya menggunakan aspirin

Aspirin dosis rendah setiap hari dapat membantu cegah serangan jantung jika Anda telah berisiko, menurut American Heart Association. Itu karena aspirin mengurangi penggumpalan darah dan membuat darah mengalir ke jantung Anda. Tentu saja, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai terapi aspirin harian atau teratur.

Sebagai catatan, siapa pun yang memiliki alergi aspirin atau riwayat perdarahan (lebih lanjut tentang itu nanti) harus menghindari terapi ini.

BACA JUGA:  Apa itu Penyakit Asidosis ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Kapan waktunya menggunakan ibuprofen

Anak muda di bawah 12 tahun harus menggunakan ibuprofen atau acetaminophen (Tylenol) jika mereka sedang memulihkan diri dari gejala mirip flu atau cacar air.

Aspirin bukan pilihan karena bisa mematikan bagi remaja dan anak di bawah 12 tahun. Itu karena aspirin meningkatkan risiko mengembangkan kondisi serius yang seringkali fatal, yang dikenal sebagai sindrom Reye.

Meskipun Reye adalah kasus yang jarang terjadi pada bayi atau anak muda, penyakit itu memiliki risiko tinggi pada orang di bawah 18 yang memiliki infeksi virus seperti flu dan minum obat yang mengandung aspirin.

Di luar kasus di atas, bagi yang ingin menghilangkan rasa sakit dan sakit kepala, terlepas dari lokasi, lebih disarankan meminum obat yang mengandung ibuprofen dan bukan aspirin.

Efek Ibuprofen pada sel-sel darah atau trombosit kurang signifikan, membuatnya jadi pilihan tepat untuk menyembuhkan rasa nyeri atau penyakit yang tergolong ringan.

Kapan waktunya tidak menggunakan keduanya

Wanita hamil harus menghindari aspirin dan ibuprofen karena kemungkinan komplikasi. Jadi yang terbaik adalah berbicara dengan dokter sebelum menggunakan obat penghilang rasa sakit selama kehamilan.

Pasien dengan segala jenis gangguan perdarahan harus menghindari aspirin dosis rendah karena dapat mengurangi pembekuan darah.

Walaupun aspirin dan ibuprofen dapat mengganggu seberapa baik sel darah bekerja untuk menghentikan pendarahan dalam tubuh, aspirin memiliki dampak yang lebih signifikan. Siapa pun dengan kelainan perdarahan yang menggunakan ibuprofen harus dengan cermat memantaunya, atau, pertimbangkan menggunakan asetaminofen (Tylenol) sebagai pilihan alternatif.

Kesimpulan

Baik aspirin dan ibuprofen berada di kelas yang sama dan karenanya tidak boleh dikonsumsi bersamaan. Melakukan hal itu dapat meningkatkan risiko pendarahan lambung. Beberapa dokter mungkin meresepkan obat-obatan alternatif untuk menghilangkan rasa sakit yang muncul.

BACA JUGA:  Apa itu Penyakit Craniosynostosis ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Penyalahgunaan aspirin yang paling umum adalah mengambil dosis terlalu tinggi, terutama tanpa makanan, mengakibatkan kram perut dan ketidaknyamanan. Penyalahgunaan aspirin lainnya adalah untuk mengobati nyeri migrain yang seringnya melebihi jumlah harian yang disarankan, atau menggunakan aspirin lebih dari dua kali per minggu, dapat mengakibatkan sakit kepala yang justru semakin parah. Ini juga dapat terjadi ketika menggunakan obat kombinasi bebas yang termasuk kafein, aspirin, dan asetaminofen.

Ibuprofen, di sisi lain, dapat membentuk kebiasaan jika digunakan terlalu sering. Kekhawatiran lain dengan ibuprofen adalah peningkatan risiko serangan jantung, yang lebih adalah masalah dengan dosis yang lebih tinggi digunakan untuk periode waktu yang lebih lama.

Satu studi yang diterbitkan dalam European Heart Journal menemukan bahwa penggunaan ibuprofen dikaitkan dengan risiko 31% lebih tinggi terkena serangan jantung di luar rumah sakit dibandingkan dengan yang tidak digunakan, meskipun faktor lain juga bisa berperan.

Konsumsi NSAID yang berlebihan membawa risiko masalah pencernaan, serangan jantung, dan masalah pendarahan. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memerlukan penghilang rasa sakit yang dijual bebas selama lebih dari beberapa hari.

Scroll to Top