Diet Karbohidrat Efektif Memperlambat Penuaan Kepada otak

Diet Karbohidrat Efektif Memperlambat Penuaan Kepada otak

Berikut ini adalah Dengan Diet Karbohidrat, Memperlambat Penuaan Pada otak yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Makanan Diet Karbohidrat / kompas

Besar kemungkinannya, berkurangnya fungsi otak tersebut berhubungan erat dengan adanya resistensi insulin.
 
Resistensi insulin adalah kondisi di mana sel-sel tubuh tidak dapat merespon kerja insulin untuk mengendalikan gula darah.

Mujica-Parodi, seorang profesor dari Fakultas Teknik Biomedis di Universitas Stony Brook mengatakan, ketika seseorang bertambah tua, otak mulai kehilangan kemampuannya untuk mengubah gula darah jadi energi secara efisien.

Akibatnya, saraf di otak yang kekurangan asupan energi membuat jaringan-jaringan di bagian otak jadi tidak stabil.

Untungnya, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengganti glukosa sebagai sumber bahan bakar dalam otak. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan asupan keton yang akan memberi energi ke otak.

Keton adalah senyawa kimia yang diproduksi oleh organ hati ketika Anda tidak memiliki insulin yang cukup untuk mengubah gula jadi energi. Akibatnya, tubuh akan membutuhkan sumber lain, yakni lemak sebagai gantinya.

Keton juga dapat diperoleh dengan menjalani pola diet rendah karbohidrat yang kabarnya juga bisa cegah penuaan otak.

Untuk membuktikannya, peneliti pun lakukan percobaan terhadap 42 peserta yang adalah golongan orang dewasa dengan usia di bawah 50 tahun. Peserta diminta menjalankan pola diet rendah karbohidrat selama seminggu.

Penelitian yang dilakukan oleh tim profesor dari Universitas Stony Brook itu bertujuan untuk mengetahui dampak yang diberikan dari pola makan tertentu pada penuaan otak.

Penelitian berfokus pada periode pre-simptomatik, sebuah keadaan saat gejala belum muncul, di mana pencegahan yang dilakukan pada masa itu akan lebih efektif.

BACA JUGA:  Cara Makan dan Masak Sayuran yang Tepat Supaya Mudah Diserap Oleh Tubuh

Nantinya, perbedaan respons otak terhadap dua pola makan yang berbeda akan diketahui melalui pemindaian fMRI.

Dari percobaan tersebut, kedua pola makan yang berbeda pun nampak memberikan jenis bahan bakar pada otak yang berbeda pula.

Pada pola makan yang biasanya, otak cenderung menggunakan glukosa sebagai sumber energinya. Sedangkan pada pola makan yang rendah karbohidrat, lemak adalah sumber energi yang dimanfaatkan.

Akan tapi, peserta mengalami peningkatan kerja dan fungsi otak yang lebih stabil setelah menjalani diet rendah karbohidrat. Hal ini disebabkan karena keton dapat memberikan energi yang lebih besar dibandingkan glukosa meski dengan jumlah asupan yang sama.

Efek yang didapat dari pola diet rendah karbohidrat ini tentunya sangat baik untuk cegah penuaan otak lebih dini. Dengan adanya asupan keton yang menambah energi untuk otak, diharapkan fungsi otak juga bisa kembali normal.

Selain itu, diet rendah karbohidrat dapat meringankan gejala epilepsi. Penelitian lain menunjukkan bahwa membatasi asupan karbohidrat bisa jadi cara yang efektif untuk mengurangi kejang-kejang pada anak-anak dan orang dewasa yang menderita penyakit epilepsi.

Pola makan dengan karbohidrat yang rendah juga bisa mengurangi risiko alzheimer dan demensia. Kedua penyakit ini sangat berhubungan dengan hipermetabolisme yang disebabkan oleh hilangnya kemampuan saraf otak dalam menyerap glukosa.

Oleh karena itu, penggunaan keton sebagai sumber bahan bakar akan sangat membantu otak supaya dapat tetap bekerja dengan baik.

Fakta itu didukung oleh sebuah studi yang memaparkan bahwa gejala awal alzheimer tidak memengaruhi kerja otak dalam menyerap keton.

Penemuan ini tentunya adalah kabar yang baik. Apalagi di Indonesia sendiri jumlah penderita demensia telah mencapai 1,2 juta orang per tahun 2016. Agar tidak terus meningkat, akan lebih baik jika langkah pencegahan ini bisa dilakukan lebih awal.

BACA JUGA:  Apa itu Penyakit Filariasis ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Memang, asupan keton dapat memberikan energi yang lebih baik untuk otak. Akan tapi, bukan berarti otak dapat bergantung pada asupan keton saja. Perpaduan dengan glukosa masih dibutuhkan supaya otak bisa bekerja dengan semestinya.

Ketika tidak memiliki kadar glukosa yang cukup, produksi neurotransmitter yang berfungsi sebagai pembawa pesan dari otak akan terganggu. Kejadian tersebut akan membuat komunikasi antara neuron terputus.

Selain itu, risiko terhadap hipoglikemia juga akan meningkat. Hipoglikemia adalah komplikasi diabetes yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh rendahnya kadar gula dalam darah.

Hipoglikemia dapat menyebabkan otak kekurangan energi yang ujungnya akan membuat Anda susah berkonsentrasi.
Menjalani diet rendah karbohidrat akan membantu Anda untuk cegah penuaan otak, tapi bukan berarti Anda harus menghentikan konsumsi sumber karbohidrat sama sekali. Karbohidrat tetap jadi zat yang dibutuhkan jika Anda ingin mendapatkan energi.

Menjaga pola makan yang seimbang tetap jadi kunci terbaik untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Jika Anda memiliki masalah kesehatan yang mengharuskan batasan gula seperti diabetes, lebih baik konsultasikan kembali pada dokter untuk mengetahui pola diet yang tepat.
 

Scroll to Top