Meski Bau Menyengat, Ini 7 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

Meski Bau Menyengat, Ini 7 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

Meskipun baunya yang menyengat, cuka apel ternyata memiliki banyak khasiat yang penting bagi tubuh, terutama bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan secara umum, dan bagi yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Untuk mengurangi bau menyengat-nya, kamu juga bisa lakukan modifikasi terhadap cuka apel tersebut misalnya dengan meminum satu gelas air putih bersama dengan satu sendok teh cuka apel, yang akan melemahkan bau dan rasanya sehingga lebih bisa ditoleransi.

Berikut beberapa manfaat cuka apel yang bisa dijadikan motivasi untuk mulai mengkonsumsinya:

1. Mengurangi nafsu makan

Cuka Apel dikenal dapat membantu mengurangi nafsu makan, yang sangat berguna terutama bagi kamu yang sedang diet dan ingin menurunkan berat badan sehingga tidak mudah lapar, dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

2. Mengurangi keinginan untuk makan makanan yang manis

Selain mengurangi nafsu maken, cuka apel juga dapat membantu mengurangi keinginan untuk ngemil makanan yang mengandung gula seperti kue coklat, permen, dan lain sebagainya.

3. Menyehatkan saluran pencernaan

Cuka apel mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan, terutama sangat bermanfaat bagi mikroorganisme baik yang ada di dalamnya, serta mampu mengatur kadar asam di dalam pencernaan tersebut/

4. Mengurangi gula darah

Selain mampu mengurangi dorongan untuk memakan makanan yang manis, cuka apel juga meningkatkan efisiensi insulin dalam mengolah gula yang masuk ke dalam tubuh, sehingga akan menurunkan risiko terkena diabetes.

BACA JUGA:  Vaksin Baru, MVA-B Sanggup Melawan Virus HIV

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Cuka apel juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko terkena serangan jantung dengan cara menurunkan triglycerides (trigliserida), sejenis lemak yang dalam kadar berlebihan akan dapat menyumbat arteri pembulu darah.

6. Mampu lebih menyerap nutrisi dari makanan

Prebiotik yang ada di dalam cuka apel juga akan membantu sistem pencernaan untuk menyerap nutrisi dari makanan yang masuk secara lebih baik, sehingga akan meningkatkan kesehatan kita secara umum.

7. Mengurangi risiko terkena kanker

Meskipun belum banyak riset yang bisa mendukung klaim ini, studi di tahun 2014 pada binatang menunjukkan bahwa asam asetik yang ada di dalam cuka apel mampu membunuh sel-sel kanker, tapi sayangnya belum diuji coba pada manusia.

Scroll to Top