Apa itu Penyakit Fistula Ani ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu Penyakit Fistula Ani ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa itu penyakit Fistula Ani? Berikut ini akan kami berikan infoemasi lengkapnya mengenai jenis penyakit tersebut.

Pengertian Fistula Ani

Fistula ani adalah istilah medis untuk kondisi terbentuknya terowongan di bawah kulit yang menghubungkan antara kulit dengan anus. Sebagai akibatnya, akan terbentuk lubang di kulit, di mana cairan atau feses dapat keluar melalui lubang tersebut.

Sebagian besar kasus fistula ani disebabkan karena adanya infeksi di kelenjar di daerah anus.

Penyebab Fistula Ani

Anus memiliki beberapa kelenjar kecil untuk menjaganya dalam kondisi yang tidak kering. Jika salah satu kelenjar tersebut tersumbat, lambat laun akan terjadi infeksi dan terbentuk kumpulan nanah di dalam kelenjar anus.

Secara medis, kondisi ini disebut sebagai abses ani. Mestinya dalam keadaan ini, diperlukan segera pengobatan medis berupa insisi dan drainase abses, yaitu tindakan membuat sayatan pada abses supaya nanah di dalamnya dapat keluar sepenuhnya dan penyembuhan sempurna dapat terjadi.

Jika tindakan pengobatan tidak segera dilakukan, maka tubuh akan bereaksi dengan berusaha sendiri mencarikan jalan keluar bagi nanah untuk keluar dari kelenjar di anus. Caranya dengan membentuk terowongan antara kelenjar anus dengan kulit.

Selain abses di kelenjar anus, penyebab lain fistula ani adalah cedera di daerah anus, kanker di daerah rektum (saluran yang menghubungkan antara usus besar dan anus) atau di anus, infeksi tuberkulosis, penyakit Crohn, dan divertikulitis.  

Diagnosis Fistula Ani

Untuk memastikan adanya fistula ani, awalnya dokter akan lakukan wawancara mengenai keluhan yang dialami, lalu lakukan pemeriksaan fisik terutama di daerah sekitar anus. Dokter akan melihat bila terjadi peradangan di anus dan lubang di kulit di sekitarnya. Jika terdapat lubang yang diduga adalah fistula, dokter akan memeriksa kedalaman lubang tersebut dan melihat bila ada bentukan terowongan yang menghubungkan antara lubang di kulit tersebut dengan kelenjar di anus.

BACA JUGA:  Apa itu Penyakit Benda Asing Kepada Esofagus ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Pada sebagian kasus, fistula ani tidak nampak dengan mudah dari luar. Untuk kondisi ini, dokter perlu lakukan pemeriksaan anuskopi, yaitu pemeriksaan menggunakan semacam kamera untuk melihat kondisi dalam anus dan rektum. Jika ditemukan ada terowongan fistula, kadang kala pemeriksaan ultrasonografi atau magnetic resonance imaging (MRI) di daerah anus juga diperlukan untuk melihat arah dan kedalaman terowongan.

Jika fistula ani benar-benar ditemukan, maka pemeriksaan selanjutnya diperlukan untuk mengetahui penyebabnya terjadi. Jika diduga penyebabnya adalah penyakit Crohn, kanker rektum dan anus, atau divertikulitis, maka kolonoskopi yang akan dilakukan. Serupa dengan anuskopi, kolonoskopi juga adalah pemeriksaan yang menggunakan semacam kamera untuk melihat kondisi usus besar. Alat ini dimasukkan melalui anus.

Gejala Fistula Ani

Gejala yang timbul dari fistula ani dapat berupa:

  • Nyeri dan bengkak di sekitar anus
  • Adanya perdarahan dari anus
  • Tercium adanya bau tajam atau tidak sedap di sekitar kulit anus
  • Terbentuknya lubang di kulit dan muncul cairan atau feses dari lubang tersebut
  • Kulit kemerahan dan terasa perih akibat iritasi

Pengobatan Fistula Ani

Pengobatan utama untuk mengatasi fistula ani adalah dengan operasi fistulotomi. Pada operasi tersebut, dokter akan lakukan sayatan di kulit dan otot hingga sampai ke terowongan fistula. Setelah mencapai area tersebut, terowongan akan dibersihkan sepenuhnya dari jaringan dan sel yang tidak seharusnya berada di situ. Tujuannya adalah untuk merangsang penyembuhan sempurna sekaligus menutup terowongan tersebut rapat-rapat sehingga fistula tersebut hilang.

Setelah operasi fistulotomi, dokter umumnya akan memberikan obat untuk melunakkan feses selama beberapa hari hingga satu minggu untuk mengurangi rasa nyeri dan ketidaknyamanan setelah operasi.

Pengobatan lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengisi terowongan fistula ani dengan sejenis lem. Tujuannya adalah untuk merekatkan dinding terowongan fistula ani sehingga terowongan tertutup rapat.

BACA JUGA:  Apa itu Penyakit Anosmia ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Pencegahan Fistula Ani

Mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup serta air putih 1,5–2 liter per hari baik untuk cegah sembelit dan menjaga feses tetap lunak. Langkah ini juga akan cegah terjadinya luka di anus. Hal ini secara tidak langsung akan cegah terbentuknya fistula ani.

Kesimpulan

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkai apa itu penyakit Fistula Ani untuk Anda ketahui, mulai dari definisi, penyebab, gejala, pencegahan, dan pengobatannya. Semoga dapat menambah dan memberikan informasi yang dibutuhkan mengenai hal tersebut.

Scroll to Top