7 Hal yang Wajib Dilakukan Untuk Jaga Kesehatan Tubuh

7 Hal yang Wajib Dilakukan Untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah Jaga Kesehatan Anda dengan 7 Hal Ini yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Terdapat banyak faktor yang bermain dalam menjaga kesehatan kita; dimana kesehatan yang baik akan mengurangi resiko penyakit seperti jantung, stroke, kanker, maupun cedera. Berikut adalah hal-hal yang bisa anda pelajari dan lakukan untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga:

 

1. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kesehatan; nutrisi yang seimbang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Perhatikan jumlah asupan makanan anda, pilih menu yang seimbang, dan usahakan selalu makan yang teratur (di jam yang telah ditentukan). Dengan pola makan sehat dan teratur, Anda dapat meminimalisir resiko penyakit seperti jantung, stroke, kanker, kolesterol, diabetes, dan lain sebagainya.

2. Rutin Olah Raga

Berolahraga secara tertatur sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mental anda. Selain dapat meminimalisir resiko penyakit seperti jantung, stroke, diabetes, darah tinggi, depresi dan lain sebagainya, orang yang rajin olah raga biasanya jarang mengalami cedera karena ototnya yang terlatih.
Coba lakukan olah raga apa pun yang anda nyaman lakukan selama 30 – 60 menit per hari selama 3 sampai 5 hari dalam seminggu. Jika kondisi tidak memungkinkan, 1 kali seminggu pun tidak apa-apa asalkan rutin, jangan sampai tidak olahraga sama sekali.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Menajaga berat badan yang ideal tidak hanya baik untuk penampilan, Meskipun begitu juga untuk kesehatan tubuh; dimana kelebihan berat badan meningkatkan resiko penyakit darah tinggi, kolesterol, diabetes, jantung, kanker, dan stroke.
Kelebihan berat badan juga berpotensi meningkatkan cedera mengenai berat seperti arthritis atau peradangan pada sendi-sendi yang menahan beban seperti tulang belakang, pinggul, dan lutut.
Rajin olah raga dan lakukan diet dapat dilakukan untuk menjaga badan tetap ideal.

BACA JUGA:  Ingin Kurangi Nafsu Makan? Yuk Konsumsi Jahe

4. Jaga Kesehatan Kulit

Banyak orang lupa untuk memberikan perhatian pada kesehatan kulit; dimana jika tidak ada luka atau ruam atau masalah yang nampak pada kulit, maka normalnya orang tidak berpikir untuk menjaga kesehatan kulit.
Kulit adalah salah satu organ terbesar dalam tubuh manusia, dimana fungsinya adalah untuk melindungi organ dalam tubuh kita. 
Salah satu penyakit kulit yang harus Anda waspadai adalah kanker kulit yang dapat menjangkit akibat paparan sinar matahari sehingga Anda harus selalu menggunakan sunscreen atau sunblock yang mengandung UVA/UVB blocker dengan SPF tinggi yang dapat memberikan perlindungan terhadap kulit Anda, sehingga meminimalisir terkena kanker kulit.

5. Praktikan Seks Aman

Kegiatan seks adalah salah satu kegiatan yang baik untuk kesehatan fisik dan emosional manusia. Namun perlu diperhatikan untuk mempraktikan kegiatan seks yang aman, seperti tidak bergonta ganti pasangan, dan selalu menggunakan alat pelindung seperti kondom (jika lakukan seks dengan orang asing atau orang yang baru dikenal) supaya terhindar dari penyakit menular seksual (sexually transmitted diseases – STD).
Pemeriksaan STD secara berkala juga baik dilakukan jika anda adalah pelaku seks aktif, untuk kesehatan ogan intim dan tubuh anda, juga supaya cegah penularan terhadap pasangan Anda.

6. Tidak Merokok

Seperti yang telah diketahui, merokok adalah kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan jantung, mulut, tenggorokkan, dan paru-paru; bahkan dapat menimbulkan kanker. Segeralah berhenti jika Anda seorang perokok.

7. Batasi Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol harus dibatasi jika tidak ingin bermasalah dengan kesehatan. Menurut penelitian seorang pria tidak boleh minum lebih dari 2 gelas, dan wanita 1 gelas per harinya (1 gelas = 12 oz bir, atau 5 oz wine, atau 1.5 oz liquor -minuman keras).

BACA JUGA:  Apa itu Penyakit Endokarditis ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Selain beberapa faktor di atas, ada baiknya anda lakukan medical check up menyeluruh untuk mengetahui secara detail mengenai kesehatan tubuh Anda. Anda juga dapat lakukan konsultasi mengenai diet dan tipe olahraga yang baik sesuai dengan umur dan kesehatan Anda, supaya diet dan olahraga yang dijalankan lebih efektif dan memberikan efek positif, dan bukan sebaliknya.

Scroll to Top