Mata Anda Gampang Bintitan? Hindari Kebiasaan Ini

Mata Anda Gampang Bintitan? Hindari Kebiasaan Ini

Berikut ini adalah Mata Anda Gampang Bintitan, Hindari Kebiasaan Ini yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Selama ini masih banyak orang yang percaya mitos bahwa mata bisa bintitan akibat hobi mengintip orang. Padahal, infeksi mata yang satu ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan kebiasaan tersebut.

Penyebab mata bintitan (hordeolum atau stye) yang paling utama disebabkan oleh masuknya bakteri Staphylococcus aureus, sel kulit mati, atau kotoran yang menyumbat kelenjar minyak pada kelopak mata.

Selain karena infeksi bakteri, lalai menjaga kebersihan diri (personal hygiene) juga bisa jadi penyebab mata bintitan. Berikut ini hal-hal yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena mata bintitan, yaitu:

Menyentuh mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Memakai lensa kontak tanpa membersihkannya atau mencuci tangan terlebih dahulu.

Kebiasaan tidur pakai makeup.

Pakai kosmetik kedaluwarsa.

Mengalami blefaritis, yaitu peradangan kronis pada kelopak mata.

Terkena rosacea, yaitu penyakit kulit yang ditandai dengan muka dan hidung memerah.

Jika Anda pernah mengalami mata bintitan sebelumnya, maka Anda bisa saja terkena infeksi mata yang sama di kemudian hari.

Supaya hal ini tidak berulang, pastikan Anda rutin mencuci tangan sebelum menyentuh wajah, khususnya area mata.

Hindari juga kebiasaan mengucek mata sekalipun terasa gatal. Sebaiknya, gunakan bantuan tisu atau sapu tangan yang bersih untuk cegah infeksi.

Pastikan Anda telah mencuci muka dan membersihkan semua makeup yang menempel sebelum pergi ke tempat tidur. Sisa-sisa kosmetik di wajah dapat masuk dan menginfeksi mata hingga menyebabkan mata bintitan.
 

Scroll to Top