Manfaat Pisang untuk Penderita Diabetes

Manfaat Pisang untuk Penderita Diabetes

Berikut ini adalah Asal Jangan Berlebihan, Pisang Ternyata Punya Manfaat untuk Penderita Diabetes yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Meski memiliki karbohidrat yang cukup tinggi, nyatanya pisang juga memiliki segudang manfaat kesehatan, termasuk untuk penderita diabetes.

Pisang mengandung kalori yang rendah, serta adalah sumber nutrisi yang baik. Di dalam pisang terdapat kalium, serat, vitamin B6, vitamin C, dan mangan.

Dengan makan pisang secara rutin, Anda bisa mengurangi risiko terkena penyakit kronis lainnya, terutama yang berkaitan dengan komplikasi diabetes.

Kandungan serat yang tinggi dalam pisang juga dapat cegah kenaikan gula darah secara mendadak, khususnya untuk penderita diabetes. Dalam satu buah pisang, terdapat sekitar 3 gram serat.

Serat sangat penting untuk penderita diabetes karena membantu memperlambat proses pencernaan, sehingga penyerapan kalori juga dapat terkendali. Hal ini dapat cegah terjadinya kenaikan gula darah serta mengendalikan gejala diabetes.

Dalam menjaga kadar gula darah tetap normal, penderita diabetes juga harus memperhatikan indeks glikemik pada makanan yang dimakan. Makanan yang indeks glikemiknya rendah, tidak akan membuat kadar gula darah melonjak tiba-tiba, begitupun sebaliknya.

Pisang adalah buah yang tergolong memiliki indeks glikemik menengah. Pisang berwarna hijau sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes, karena indeks glikemiknya lebih rendah dibanding pisang berwarna kuning matang.

Beberapa contoh makanan lain yang rendah indeks glikemik adalah kacang-kacangan dan sayuran. Daging, ikan, unggas, keju dan telur juga adalah contoh makanan yang mengandung sedikit karbohidrat. Sementara itu, buah yang memiliki indeks glikemik rendah selain pisang hijau adalah apel mentah, ceri dan jeruk bali.

BACA JUGA:  Suka Makan Pisang dengan Kulitnya, Ini Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan

Penderita diabetes juga perlu makan beberapa makanan berprotein dan lemak sehari-hari. Hal itu akan membantu menurunkan kadar gula darah supaya tidak terlalu banyak menggunakan karbohidrat dalam makanan yang dimakan.

Scroll to Top