Manfaat Black Garlic atau Bawang Putih Hitam Untuk Kesehatan

Manfaat Black Garlic atau Bawang Putih Hitam Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah Manfaat Black Garlic atau Bawang Putih Hitam Untuk Kesehatan yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Black garlic alias bawang putih hitam adalah hasil fermentasi bawang putih dalam suhu dan kelembapan tertentu.

Black garlic memiliki warna, aroma, dan rasa khas yang berasal dari berbagai jenis senyawa aktif di dalamnya. Selain memberikan karakteristik tersebut, senyawa aktif dalam black garlic juga memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Berpotensi cegah dan membantu pengobatan kanker

Mengacu penelitian dalam jurnal Studies on Garlic, senyawa aktif dalam black garlic diketahui berpotensi cegah dan membantu pengobatan kanker.

Black garlic dinilai memiliki manfaat bagi pasien kanker lambung, usus besar, paru-paru, hingga leukemia.

Senyawa aktif dalam black garlic bekerja melalui beberapa cara.

Di antaranya dengan memicu kematian sel kanker, menghambat pertumbuhan dan penyebaran tumor, menghentikan siklus pertumbuhan sel, dan merangsang produksi protein khusus untuk membunuh sel kanker.

2. Berfungsi sebagai antioksidan

Black garlic adalah salah satu sumber terbaik dari antioksidan seperti polifenol, flavonoid, S-allyl-cysteine, alkaloid, dan masih banyak lagi.

Fungsi utama antioksidan adalah melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.
Radikal bebas dapat memicu pembentukan plak pada pembuluh darah, kerusakan pada sel otot, hingga peradangan pada pasien diabetes.

Konsumsi black garlic dinilai memiliki manfaat yang menjanjikan dalam cegah kondisi tersebut.

3. Mencegah peradangan pada jaringan tubuh

Peradangan adalah respons sistem imun saat tubuh mengalami infeksi, cedera, atau terpapar racun.

Meski berguna dalam pemulihan, peradangan yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, rematik, hingga lupus.

BACA JUGA:  Air Minum dalam Kemasan Kenapa Bisa Memiliki Rasa yang Berbeda

Pada sebuah penelitian terhadap hewan, senyawa aktif dalam ekstrak black garlic sanggup menghambat produksi enzim dan protein yang memicu peradangan.

Dengan demikian, peradangan tetap terkendali sehingga tidak merusak jaringan tubuh yang sehat.

4. Menjaga kesehatan otak

Manfaat lain yang tak terduga dari black garlic adalah menjaga kesehatan otak.

Black garlic bekerja dengan melindungi sel-sel saraf otak dari peradangan, dampak negatif zat aditif makanan (terutama glutamat), serta zat lainnya yang bersifat merusak.

Pada studi yang diterbitkan dalam Anatomical Science International, bawang putih hitam juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan motorik . Caranya dengan menambah jumlah sel Purkinje dalam otak.

Berkat manfaatnya yang beragam, black garlic dinilai berpotensi melindungi otak dari penyakit yang kerap menyerang otak, termasuk penyakit Alzheimer.

5. Melindungi organ hati

Hati berperan penting dalam menetralisasi racun dan merombak sel darah merah.

Walau begitu, fungsi hati dapat terganggu oleh infeksi, paparan obat-obatan, zat kimia, alkohol, dan suplemen yang berlebihan.

Black garlic bekerja dengan cara cegah kematian sel-sel hati, melindungi sel-sel hati dari radikal bebas dan peradangan, serta cegah penumpukan lemak pada sel-sel hati.

Bawang putih memiliki segudang manfaat yang terbukti bagi kesehatan. Di sisi lain, black garlic yang adalah hasil fermentasi bawang putih juga memberikan manfaat yang tak kalah beragam.

Anda dapat menyertakan black garlic dalam menu harian untuk memperoleh manfaatnya, tapi pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Kendati tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya, konsumsi black garlic secara berlebihan mungkin dapat memicu gangguan pencernaan dan kenaikan asam lambung.

Scroll to Top