Lidah Ternyata Bisa Digunakan Untuk Mendeteksi Penyakit Jantung

Lidah Ternyata Bisa Digunakan Untuk Mendeteksi Penyakit Jantung

Berikut ini adalah Lidah Ternyata Bisa Digunakan Untuk Deteksi Penyakit Jantung yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Anda mungkin telah mengetahui semua cara untuk menjaga kesehatan jantung Anda seiring bertambahnya usia, mulai dari makan dengan benar hingga berolahraga hingga cukup tidur. Namun Anda mungkin tidak tahu bahwa ada bagian tubuh yang ternyata memiliki kaitan dengan kondisi jantung Anda.

Menurut penelitian baru-baru ini, lidah milik penderita gagal jantung nampak sangat berbeda dibandingkan lidah seseorang yang jantungnya bekerja dengan baik. “Lidah normal berwarna merah pucat dengan lapisan putih pucat,” kata penulis studi Tianhui Yuan, MD, dari Rumah Sakit Universitas Kedokteran Cina Guangzhou, dalam sebuah pernyataan. “Pasien gagal jantung memiliki lidah yang lebih merah dengan lapisan kuning dan penampilannya berubah ketika penyakitnya jadi lebih parah.”

Warna itu dikarenakan bakteri yang kita semua miliki di lidah kita. Mikroba pada lidah dapat digunakan untuk mendiagnosis gagal jantung, menurut penelitian Yuan yang disajikan pada bulan Juni pada HFA Discoveries, sebuah platform ilmiah dari European Society of Cardiology.

Yuan dan timnya menentukan bahwa lidah pasien dengan dan tanpa gagal jantung tidak hanya tampak berbeda, tapi juga memiliki mikrobiologi yang sama sekali berbeda, temuan yang dapat memberi dokter alat diagnostik penting untuk mendeteksi kondisi jantung seseorang.

BACA JUGA:  Pengaruh Tidur dengan Kesehatan Mental
Scroll to Top