Kenali Tanda dan Gejala Diabetes Kepada Pria

Kenali Tanda dan Gejala Diabetes Kepada Pria

Berikut ini adalah Anda Harus Waspada, Kenali Tanda dan Gejala Diabetes Pada Pria yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Gejala diabetes kadang bisa tampak seperti masalah kesehatan lainnya yang lebih sepele. Oleh karena itu, banyak yang kurang memedulikan gejalanya sampai telah sangat parah dan terlambat diobati. 

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara gejala diabetes pada wanita atau pria. Namun paling tidak ada tujuh gejala diabetes yang hanya muncul khusus pada pria. Berikut ini penjelasan masing-masing gejala tersebut.

1. Rasa haus dan buang air kecil yang berlebihan

Pada umumnya penderita diabetes buang air kecil secara berlebihan karena kadar gula dalam darah jumlahnya berlebih. Karena berlebih, kemudian tubuh dirangsang untuk mengeluarkan kelebihan kadar gula tersebut melalui ginjal bersama air kencing. Biasanya penderita diabetes buang air kecil secara berlebihan ini terjadi pada malam hari terutama sewaktu tidur malam sehingga mengurangi kualitas tidur.

Sedangkan gejala rasa haus yang berlebihan adalah dampak tubuh terlalu banyak mengeluarkan urin. Namun sebenarnya hal ini adalah usaha tubuh untuk menghindari kekurangan cairan (dehidrasi). Selama kadar gula dalam darah belum terkontrol baik, maka akan timbul keinginan terus-menerus minum. Sebaliknya dengan minum yang banyak akan menimbulkan hasrat untuk buang air kecil.

2. Penurunan berat badan yang tidak biasa

Tanpa disadari penderita diabetes akan mengalami penurunan berat badan tanpa diketahui penyebab yang jelas. Pada penderita diabetes, turunnya berat badan disebabkan karena dibuangnya sebagian gula dalam darah ke sistem ginjal melalui urine. Padahal gula dalam darah adalah hasil pencernaan pada makanan di dalam lambung. Akibatnya berapapun jumlah makanan yang dimakan akan sia-sia selama insulin tidak sanggup menyalurkan gula sebagai sumber energi bagi tubuh.

BACA JUGA:  Makan Daging Entok Bisa Menyebabkan Naiknya Kadar Asam Urat

3. Penglihatan kabur

Gangguan penglihatan kabur ini sering disebut katarak dan biasanya dialami penderita diabetes yang telah lama. Katarak dapat timbul karena gula membentuk suatu lapisan yang menutupi lensa mata. Hal inilah yang menyebabkan lensa mata jadi buram sehingga menghambat masuknya cahaya ke saraf mata dan akibatnya mengganggu penglihatan. Gangguan ini dapat diatasi dengan cara lakukan operasi mata melalui menggantikan lensa mata yang rusak dengan lensa buatan.

4. Peningkatan nafsu makan

Pada umumnya penderita diabetes mempunyai nafsu makan yang besar, Akan Namun berat badannya tidak naik. Adanya peningkatan nafsu makan dipicu oleh berkurangnya cadangan gula dalam tubuh meskipun kadar gula dalam darah tinggi, sehingga membuat tubuh merasa lemas seperti kurang tenaga dan akhirnya timbul keinginan untuk makan. Padahal jika diperiksa, kandungan gula dalam darahnya telah cukup tinggi.

5. Disfungsi ereksi

Dalam jangka waktu yang lama, penderita diabetes pria juga dapat mengalami risiko disfungsi ereksi, yaitu ketika Anda tidak dapat ereksi secara optimal. Pada kondisi akut, dapat menyebabkan impotensi. Disfungsi ereksi ini disebabkan karena terjadinya kerusakan sel syaraf akibat diabetes. Diabetes dapat mengakibatkan terganggunya sistem aliran darah di sekitar sel-sel syaraf seperti pada ginjal dan alat kelamin. Jika tidak segera ditangani, maka dapat mengganggu hubungan keharmonisan rumah tangga.

6. Penyembuhan dari luka jadi lambat

Apabila terjadi luka, seringkali penyembuhan atas luka tersebut sangat lama. Hal ini disebabkan karena berkurangnya suplai darah akibat menyempitnya pembuluh darah. Untuk pencegahan, disarankan supaya penderita diabetes selalu menjaga dan merawat kulitnya meskipun tidak terjadi luka.

7. Kerusakan syaraf

Penderita diabetes juga mengalami kerusakan syaraf, karena diabetes dapat merusak sistem syaraf. Rusaknya sistem syaraf mengakibatkan terganggunya sistem aliran darah di sekitar sel-sel syaraf seperti halnya pada mata dan ginjal. Kerusakan sel syaraf akibat diabetes disebut juga neuropati. Ada tiga jenis syaraf yang dirusak oleh diabetes, yaitu kerusakan pada syaraf motorik, sensorik dan otonom.

BACA JUGA:  Apa itu Penyakit Botak ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Selain gejala diabetes pada pria di atas, ada juga beberapa gejala yang dapat diamati secara individual seperti kelelahan, mulut kering dan sakit kepala. Hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan oksigen untuk membakar gula jadi energi. Berkurangnya jumlah oksigen di dalam darah disebabkan oleh menumpuknya gula di pembuluh darah sehingga alirannya melambat. Pada akhirnya jantung akan bekerja lebih keras (berdebar-debar), sakit kepala, mulut kering dan mudah merasa lelah.
 

Scroll to Top