Kenali Perbedaan Kanker Rahim dengan Sakit Perut Biasa

Kenali Perbedaan Kanker Rahim dengan Sakit Perut Biasa

Berikut ini adalah Kanker Rahim Sering Dikira Sakit Perut Biasa, Kenali Perbedaannya yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Banyak wanita lebih cenderung mengubah diet mereka daripada mengunjungi dokter mereka, saran sebuah survei yang dilakukan di Inggris oleh organisasi nirlaba Target Ovarian Cancer.

Dalam beberapa kasus, hal itu dapat membuat wanita berisiko mengabaikan gejala kanker ovarium.

“Gejala kanker ovarium adalah kembung yang terus-menerus, selalu merasa kenyang, sakit perut, dan perlu lebih banyak buang air kecil,” kata Annwen Jones, kepala eksekutif Target Ovarian Cancer, pada Healthline.

“Jika Anda mengalami gejala-gejala ini secara teratur, dan itu tidak normal bagi Anda, penting bagi Anda untuk menemui dokter umum Anda [dokter perawatan primer],” tuturnya.

Bulan lalu, organisasi Jones lakukan survei online terhadap lebih dari 1.140 wanita di Inggris Raya menggunakan platform riset pasar YouGov.

Hanya 34 persen mengatakan mereka akan mengunjungi dokter jika mereka mulai merasa kembung secara teratur.

Sebagai perbandingan, 50 persen mengatakan mereka akan mempertimbangkan untuk mengubah pola makan mereka, misalnya dengan mengurangi gluten atau produk susu atau menambahkan yogurt probiotik.

Empat puluh tiga persen mengatakan mereka akan Google gejala mereka, 23 persen mengatakan mereka akan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas, dan 22 persen mengatakan mereka akan lebih banyak berolahraga.

Dalam survei sebelumnya, organisasi tersebut menemukan bahwa hanya 1 dari 5 wanita di Inggris yang mengidentifikasi kembung yang menetap sebagai gejala kanker ovarium.

“Diagnosis dini kanker ovarium membuat penyakit ini lebih mudah diobati, jadi Target Kanker Ovarium memberitahu semua orang untuk mempelajari gejalanya,” kata Jones.

BACA JUGA:  Kaldu Tulang Untuk Kesehatan: Fakta Atau Mitos?

“Tampaknya gejala Anda tidak mungkin disebabkan oleh masalah serius,” tuturnya, “tapi memeriksakan diri ke dokter umum Anda penting dan akan membuat pikiran Anda tenang.”

Kanker ovarium sangat sulit dideteksi semenjak dini.

Hanya 20 persen kasus yang didiagnosis pada tahap awal, saat pengobatan cenderung paling efektif.

Mayoritas kasus didiagnosis pada stadium lanjut, ketika kanker telah menyebar ke organ lain.

“Secara historis, kanker ovarium dianggap sebagai ‘silent killer’ karena berkembang tanpa pemberitahuan, dan sebelum Anda menyadarinya, pasien menderita kanker stadium akhir,” Dr. Carmel Cohen, seorang profesor emeritus kebidanan, ginekologi, dan alat reproduksi. sains di Rumah Sakit Mount Sinai, kata Healthline.

Banyak dokter percaya bahwa penyakit tersebut tidak menimbulkan gejala awal.

Ini mulai berubah pada akhir 1990-an, ketika semakin banyak penelitian menemukan bukti tanda-tanda peringatan dini.

Tanda-tanda peringatan dini tersebut tidak selalu muncul, tapi ketika muncul, paling sering berupa kembung, sakit perut, cepat merasa kenyang, dan gejala saluran kemih.

Gejala potensial lainnya termasuk kelelahan, mual, sembelit, perubahan menstruasi, nyeri saat berhubungan seks, dan sakit punggung.

Gejala kanker ovarium lebih sering dikaitkan dengan kondisi yang tidak terlalu serius, seperti gangguan pencernaan.

Akibatnya, pasien tidak selalu menganggapnya serius.

Dokter mereka mungkin juga tidak mencurigai adanya kanker ovarium.

Studi sebelumnya dari Target Ovarian Cancer menemukan bahwa 41 persen wanita mengunjungi dokter mereka setidaknya tiga kali sebelum dirujuk untuk tes kanker.

“Sering kali, orang menyarankan untuk mengubah pola makan Anda, mungkin makan lebih banyak serat, mungkin minum [antasida] jika Anda mengalami lebih banyak refluks atau kembung, dan hal-hal seperti itu,” Dr. Ronny Drapkin, direktur Penn Ovarian Cancer Pusat Penelitian dan anggota komite penasihat ilmiah Aliansi Dana Penelitian Kanker Ovarium, menjelaskan.

BACA JUGA:  Apa itu Penyakit Feokromositoma ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

“Tidak sampai gejala-gejala itu terus berlanjut setelah Anda lakukan semua hal yang masuk akal, mungkin Anda akan berakhir dengan USG atau semacam pencitraan yang akan mengungkapkan bahwa ada massa di panggul Anda yang agak besar,” tuturnya .

Pada saat itu, kanker sering menyebar ke organ lain dan berkembang ke tahap yang lebih sulit diobati.

Untuk meningkatkan kemungkinan diagnosis dan pengobatan dini, penting bagi wanita untuk mengunjungi dokter jika mereka mengalami gejala abnormal yang berlangsung selama lebih dari beberapa minggu.

Jika mereka curiga bahwa gejala mereka mungkin disebabkan oleh kanker ovarium, mereka mungkin perlu mengadvokasi dokter mereka untuk lakukan pemeriksaan panggul, ultrasound, atau tes kanker lainnya.

“Apa yang saya katakan pada orang-orang sepanjang waktu adalah bahwa setiap wanita benar-benar harus mendengarkan tubuhnya dengan hati-hati karena jika hal-hal itu tidak umum bagi Anda atau bertahan lebih lama dari biasanya, saat itulah Anda benar-benar perlu mulai lakukan advokasi medis. perhatian, “kata Drapkin.

“Dan itulah bagian yang penting,” lanjutnya, “bahwa setiap wanita mengenal tubuhnya lebih baik daripada orang lain.”

Wanita yang lebih tua harus merasa lebih berdaya untuk meminta pemeriksaan.

Pedoman National Institute for Health and Care Excellence (NICE) di Inggris menyarankan dokter untuk menyaring wanita di atas 50 tahun yang memiliki gejala sindrom iritasi usus besar (IBS) untuk kanker ovarium, karena IBS jarang muncul untuk pertama kalinya di kemudian hari.

Jika Anda berusia di atas 50 tahun dan didiagnosis dengan IBS, ada baiknya Anda menganjurkan pengujian kanker. Kanker ovarium paling umum terjadi pada wanita berusia antara 55 dan 64 tahun.

Beberapa ujian skrining dan tes telah dikembangkan untuk kanker ovarium, termasuk USG transvaginal (TVUS) dan tes darah CA-125.

BACA JUGA:  Awas, Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata dapat Meningkatkan Risiko Kanker!

Namun, metode penyaringan yang tersedia saat ini tidak terlalu spesifik.

Dengan kata lain, penyebab jinak dapat memicu hasil positif palsu.

Hal ini dapat menyebabkan prosedur pembedahan yang tidak perlu dan invasif.

Akibatnya, US Preventive Services Task Force saat ini tidak merekomendasikan skrining rutin untuk kanker ovarium pada wanita tanpa gejala.

Jika Anda memiliki riwayat keluarga kanker ovarium atau mutasi genetik BRCA1 atau BRCA2, bicarakan dengan dokter Anda tentang langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menurunkan risiko kanker ovarium.

Scroll to Top