Kenali Penyebab Darah Tinggi Supaya Bisa Dihindari dan Ditanggulangi

Kenali Penyebab Darah Tinggi Supaya Bisa Dihindari dan Ditanggulangi

Berikut ini adalah Kenali Penyebab Darah Tinggi Agar Bisa Dihindari dan Ditanggulangi yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, umumnya terjadi ketika tekanan darah Anda meningkat ke tingkatan yang tidak sehat. Perhitungan tekanan darah itu sendiri adalah diukur dari berapa banyak darah yang melewati pembuluh darah Anda dan jumlah resistensi yang dipenuhi darah pada saat dipompa oleh jantung.

Jantung memompa darah ke pembuluh darah, yang kemudian akan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Tekanan darah tinggi, juga disebut hipertensi, sangat berbahaya karena akan membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke tubuh dan berkontribusi pada pengerasan pembuluh darah, atau aterosklerosis, stroke, penyakit ginjal, dan gagal jantung.

A. Tekanan darah yang normal

Tekanan darah yang normal adalah pada tingkatan 120/80 atau sedikit di bawah itu, akan dianggap naik apabila angkanya berada di 120-129/di bawah 80, dan sementara apabila telah memasuki tingkatan 130/80 ke atas telah memasuki kriteria tekanan darah tinggi.

B. Jenis Hipertensi

Jenis hipertensi atau tekanan darah tinggi sendiri dibagi jadi dua kategori, yaitu

1. Hipertensi primer, dan
2. Hipertensi sekunder.

Hipertensi primer adalah hipertensi yang terjadi akibat pengaruh dari ketiga faktor yaitu genetik, lingkungan, dan adanya perubahan pada tubuh. Genetik di sini adalah faktor turunan dari orang tua, sementara lingkungan akan mengenai pada gaya hidup Anda misalnya jarang olahraga, pola makan yang tidak benar, serta obesitas.

Lalu untuk perubahan pada tubuh akan lebih mengenai pada kondisi dari organ-organ Anda, misalnya fungsi ginjal yang menurun akibat penuaan, kondisi jantung yang melemah, dan lain sebagainya yang mengenai dengan fungsi organ pada tubuh.

BACA JUGA:  Apakah Intermittent Fasting Lebih Efektif Dibandingkan Diet Lainnya?

Kemudian hipertensi sekunder adalah perubahan tingkat tekanan darah yang diakibatkan oleh penyakit lain yang sedang diderita, misalnya penyakit ginjal, penyakit kelenjar tiroid, kelainan jantung, dan lain sebagainya.

C. Penyebab Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Meskipun bisa diturunkan secara genetis dan terkadang akan suliut dketahui menyebabkaan hipertensi, Akan Namun hipertensi bisa terjadi, atau bahkan diperparah akibat lakukan hal-hal berikut ini:

– Merokok
– Kelebihan berat badan atau obesitas
– Kurangnya aktivitas fisik
– Terlalu banyak garam dalam diet
– Terlalu banyak konsumsi alkohol (lebih dari 1 hingga 2 minuman per hari)
– Menekankan
– Usia yang lebih tua
– Genetika
– Riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi
– Penyakit ginjal kronis
– Gangguan adrenal dan tiroid
– Apnea Tidur

Scroll to Top