Cara Menyimpan Daging Kurban Supaya Nutrisi dan Kualitasnya Tetap Terjaga

Cara Menyimpan Daging Kurban Supaya Nutrisi dan Kualitasnya Tetap Terjaga

Berikut ini adalah Berikut Kiat Menyimpan Daging Kurban Agar Nutrisi dan Kualitasnya Tetap Terjaga yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Daging pada saat perayaan Idul Adha akan melimpah di rumah sehingga tak bisa dihabiskan dalam satu waktu. Nah, supaya tetap segar dan terjaga kualitas dan kandungan nutrisinya daging harus disimpan dengan tepat. Sebab, penyimpanan daging dengan cara yang tepat dan benar dapat menghambat perkembangan bakteri yang berpotensi merusak daging dan berisiko terhadap kesehatan.

Berikut sejumlah kiat cara menyimpan daging supaya kualitas dan nutrisinya terjaga dengan baik:

Masukkan ke Dalam Kulkas Beku
Ketika mendapatkan daging sapi atau kambing mentah, sebaiknya segera simpan di dalam kulkas yang bersuhu sekitar -18 derajat celcius. Jangan biarkan daging berada di suhu ruang karena dapat memengaruhi kualitas dan mempercepat proses pembusukannya.

Bungkus Daging dengan Baik
Sebelum memasukkan daging ke dalam kulkas, lebih baik daging dibungkus terlebih dahulu terutama untuk jenis daging dengan kadar pemak yang tinggi. Anda bisa menggunakan kantung plastik atau zipper bag yang kini banyak dijual di pasaran. Membungkus daging sapi dapat menjaga kualitas tekstur dan rasanya, karena di dalam freezer daging memiliki kemungkinan untuk membeku. Hal ini bisa membuat tekstur daging mengeras dan kulitasnya berkurang.

Tidak Dicuci
Daging sebaiknya tidak dicuci bila hendak disimpan dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, ketika daging selesai dicuci, sisa-sisa air yang meresap di dalamnya dapat memicu terjadinya freezer burn. Daging juga memiliki kemungkinan terkontaminasi bakteri ketika dibersihkan dengan air.

Beri Catatan Saat Penyimpanan
Hal terpenting selanjutnya adalah mencatat tanggal atau waktu ketika daging di simpan si dalam kulkas. Catatan ini akan jadi pengingat kita untuk memilih mana daging yang harus dimasak terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa daging sapi hanya bisa disimpan maksimal 6-12 bulan di bawah suhu -18 derajat celcius.

Scroll to Top