Bahaya Olahraga di Siang Hari Saat Panas Terik

Bahaya Olahraga di Siang Hari Saat Panas Terik

Berikut ini adalah Bahaya Olahraga di Siang Hari Saat Panas Terik yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Michael Bergeron, seorang direktur di Sanford Sports and Science Institute, mengatakan bahwa olahraga di siang hari yang terik, di mana saat suhu panas, lembab, dan tidak berangin, membuat keringat tidak dapat menguap. Hal ini menyebabkan tubuh tidak bisa efektif dalam mengeluarkan panas yang diproduksi tubuh setelah lakukan aktivitas fisik.

Ketika pengeluaran panas di tubuh ini tidak efektif, suhu tubuh akan meningkat ke level yang berbahaya secara cepat. Inilah yang nantinya akan berbahaya terhadap kesehatan Anda.

Intinya, olahraga yang dilakukan pada suhu tinggi atau panas, menyebabkan tubuh akan mengalami kesulitan untuk menghilangkan panas sehingga menyebabkan suhu tubuh akan semakin meningkat. Hal ini tentu saja buruk, karena dapat menyebabkan berbagai dampak berbahaya bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa kondisi paling umum yang terjadi jika Anda lakukan olahraga pada suhu yang terlalu tinggi:

Kram otot

Timbul perasaan mual dan muntah

Pusing atau sakit kepala

Tekanan darah rendah

Jantung berdebar-debar

Penglihatan kabur

Dehidrasi

Pingsan

Heat exhaustion  – kelelahan luar biasa

Heat stroke – stroke karena suhu panas yang terjadi saat suhu tubuh mencapai 40 derajat celcius

Pada dasarnya, olahraga itu baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Hanya saja, Anda harus pintar-pintar meminimalisir segala risiko yang ada supaya bisa tetap mendapatkan manfaat kesehatan yang ditawarkan dari lakukan aktivitas fisik.

Salah satu caranya adalah dengan menghindari lakukan olahraga ketika paparan sinar matahari terlalu terik di siang hari bolong, menggunakan pakaian yang nyaman dan berbahan tipis, dan menggunakan tabir surya tahan air secara teratur.

BACA JUGA:  4 Manfaat Ikan Dori Lokal atau Patin Untuk Tubuh

Selain itu, jangan lupa mencukupi kebutuhan cairan sebelum, selama, dan setelah olahraga untuk menghindari dehidrasi. Pasalnya, jika tubuh telah mengalami dehidrasi, maka tubuh akan semakin sulit untuk menormalkan suhunya kembali. Hal ini tentu akan semakin memperburuk kondisi Anda.
 

Scroll to Top