Apa Itu Tipe Kepribadian INFP ?

Apa Itu Tipe Kepribadian INFP ?

Berikut ini akan Asaljeplak jelaskan mengenai apa itu tipe kepribadian INFP yang merupakan bagian dari MBTI beserta kelebihan, kelemahan, dan juga profesi apa yang tepat bagi pemilik kepribadian tersebut.

Apa itu MBTI?

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) adalah alat psikologis yang dirancang untuk mengukur bagaimana orang melihat dunia dan membuat keputusan. Teori ini didasarkan pada teori kepribadian buatan Carl Jung, seorang psikiater Swiss terkenal.

Teori MBTI dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs, seorang ibu rumah tangga asal Michigan, Amerika Serikat dengan anak perempuannya, Isabel Briggs.

MBTI mengidentifikasi 16 tipe kepribadian yang berbeda, yang masing-masing diwakili oleh empat huruf yang merupakan kombinasi dari: E (Ekstrovert) atau I (Introvert), S (Sensing) atau N (Intuitive), T (Thinking) atau F (Feeling), dan J (Judging) atau P (Perceiving).

16 kombinasi tipe kepribadian tersebut adalah ESTJ, ESTP, ESFJ, ESFP, ENTJ, ENFJ, ENTP, ENFP, ISTJ, ISTP, ISFJ, ISFP, INTJ, INFJ, INTP, dan INFP.

Pada artikel kali ini, Asaljeplak akan secara spesifik mengenai deskripsi, kelebihan, kekurangan, dan profesi apa yang cocok untuk tipe kepribadian INFP.

Apa itu Tipe Kepribadian INFP?

INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, Perceiving) adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian dalam Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang tipe kepribadian ini:

  • Introverted (Introvert): Orang dengan tipe kepribadian ini cenderung lebih tertutup dan merasa lebih nyaman dalam situasi yang tenang dan terkendali. Mereka biasanya mendapatkan energi dari waktu sendiri dan membutuhkan waktu untuk memproses pengalaman mereka.
  • Intuitive: INFP cenderung fokus pada dunia ide dan konsep daripada dunia fisik dan detail konkret. Mereka biasanya berpikir tentang masa depan dan kemungkinan, dan cenderung berorientasi pada gambaran besar daripada detail.
  • Feeling: INFP cenderung membuat keputusan berdasarkan empati dan perasaan mereka terhadap orang lain. Mereka mementingkan harmoni dan kerjasama, dan cenderung mengutamakan perasaan orang lain di atas logika dingin atau analisis objektif.
  • Perceiving: INFP cenderung lebih fleksibel dan spontan daripada struktur dan perencanaan. Mereka suka menjaga pilihan mereka tetap terbuka dan cenderung lebih merasa nyaman dengan perubahan dan kemungkinan daripada rutinitas dan struktur yang kaku.
BACA JUGA:  3 Cara Alami Hilangkan Lingkaran Hitam pada Mata

INFP biasanya dikenal sebagai individu yang empatik, idealis, dan kreatif. Mereka cenderung memahami dan peduli dengan perasaan orang lain dan berusaha untuk membantu orang lain sebanyak yang mereka bisa. Mereka juga cenderung terbuka terhadap ide-ide baru dan memiliki kecenderungan kuat untuk ide-ide dan nilai-nilai yang mereka anggap penting.

Kelebihan Tipe Kepribadian INFP

Beberapa kelebihan atau keunggulan dari tipe kepribadian INFP antara lain adalah:

  • Empatik dan Peduli: INFP biasanya sangat empatik dan peduli dengan perasaan dan kebutuhan orang lain. Mereka cenderung memahami dan mendukung orang lain, dan sering menjadi pendengar yang baik.
  • Idealis dan Kreatif: INFP cenderung memiliki visi yang kuat dan idealis tentang dunia, dan mereka sering memiliki kecenderungan artistik dan kreatif. Mereka suka mengekspresikan diri melalui seni, musik, atau tulisan.
  • Fleksibel dan Terbuka: INFP cenderung fleksibel dan terbuka terhadap perubahan dan kemungkinan. Mereka suka menjaga pilihan mereka terbuka dan cenderung lebih merasa nyaman dengan perubahan daripada rutinitas dan struktur yang kaku.
  • Kreatif dalam Memecahkan Masalah: INFP cenderung berpikir secara kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah. Mereka biasanya dapat melihat solusi yang tidak terlihat oleh orang lain dan cenderung berpikir di luar kotak.
  • Mendalami Nilai dan Keyakinan: INFP cenderung mengejar nilai dan keyakinan yang penting bagi mereka. Mereka biasanya sangat bersemangat tentang hal-hal yang mereka anggap penting dan berusaha untuk hidup sesuai dengan nilai-nilai mereka.

Kelemahan Tipe Kepribadian INFP

Beberapa kelemahan atau kekurangan dari tipe kepribadian INFP antara lain adalah:

  1. Terlalu Idealistik: INFP cenderung memiliki visi idealis tentang dunia dan seringkali sulit menerima kenyataan yang tidak sesuai dengan pandangan mereka. Hal ini bisa menyebabkan kekecewaan dan frustrasi.
  2. Terlalu Sensitif: INFP cenderung sangat sensitif terhadap kritik dan penilaian negatif. Mereka mungkin merasa terlalu terpukul oleh kritik yang sebenarnya tidak begitu serius.
  3. Sulit untuk Mengambil Keputusan: INFP cenderung mempertimbangkan banyak faktor ketika membuat keputusan, yang bisa membuat mereka sulit untuk memilih. Mereka mungkin merasa sulit untuk menyelesaikan sesuatu karena mereka selalu mencari opsi yang lebih baik.
  4. Tidak Terlalu Praktis: INFP cenderung fokus pada ide dan konsep daripada detail dan kenyataan fisik. Mereka mungkin merasa sulit untuk menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan keakuratan dan perhatian terhadap detail.
  5. Cenderung Menghindari Konflik: INFP cenderung menghindari konflik dan seringkali tidak nyaman dalam situasi yang memerlukan konfrontasi. Mereka mungkin merasa sulit untuk mengungkapkan ketidaksetujuan atau menyelesaikan masalah dengan orang lain.
BACA JUGA:  6 Gaya Rambut Sesuai Bentuk Wajah

Pengembangan Diri bagi INFP

Berikut adalah beberapa saran untuk pengembangan diri bagi individu dengan tipe kepribadian INFP:

  1. Terima Kritik dengan Terbuka: INFP cenderung sangat sensitif terhadap kritik dan penilaian negatif. Cobalah untuk membuka diri terhadap kritik dengan cara yang konstruktif dan gunakan sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh.
  2. Cari Keseimbangan antara Idealisme dan Realitas: INFP cenderung memiliki visi idealis tentang dunia, tetapi penting untuk mengakui kenyataan yang ada dan mencari keseimbangan antara idealisme dan realitas.
  3. Latih Keterampilan Pengambilan Keputusan: INFP cenderung mempertimbangkan banyak faktor ketika membuat keputusan, yang bisa membuat mereka sulit untuk memilih. Cobalah untuk memprioritaskan faktor-faktor penting dan membuat keputusan yang berdasarkan pada nilai-nilai dan tujuan Anda.
  4. Fokus pada Detail dan Tugas: INFP cenderung fokus pada ide dan konsep daripada detail dan kenyataan fisik. Cobalah untuk lebih memperhatikan detail dan menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan keakuratan dan perhatian terhadap detail.
  5. Jangan Takut Menghadapi Konflik: INFP cenderung menghindari konflik dan seringkali tidak nyaman dalam situasi yang memerlukan konfrontasi. Cobalah untuk menghadapi konflik dengan cara yang konstruktif dan mencari solusi yang baik untuk semua pihak.
  6. Temukan Cara untuk Mengekspresikan Diri: INFP cenderung memiliki kecenderungan artistik dan kreatif. Temukan cara untuk mengekspresikan diri Anda melalui seni, musik, atau tulisan.

Profesi yang Cocok Untuk Tipe Kepribadian INFP

Beberapa profesi yang diperkirakan cocok untuk Anda yang memiliki tipe kepribadian INFP antara lain adalah:

  1. Penulis atau Editor: INFP cenderung memiliki kecenderungan artistik dan kreatif, dan mereka sering mengekspresikan diri melalui seni dan tulisan. Profesi penulis atau editor dapat memberikan outlet untuk ekspresi kreatif mereka.
  2. Psikolog atau Konselor: INFP cenderung sangat empatik dan peduli dengan perasaan dan kebutuhan orang lain. Profesi psikolog atau konselor memungkinkan mereka untuk membantu orang lain dan memahami perasaan mereka.
  3. Guru atau Pendidik: INFP cenderung peduli dengan nilai-nilai dan keyakinan mereka, dan mereka sering merasa terpanggil untuk membantu orang lain. Profesi guru atau pendidik memungkinkan mereka untuk membagikan pengetahuan dan membantu orang lain belajar.
  4. Seniman atau Musisi: INFP cenderung memiliki kecenderungan artistik dan kreatif, dan mereka sering mengekspresikan diri melalui seni dan musik. Profesi seniman atau musisi dapat memberikan outlet untuk ekspresi kreatif mereka.
  5. Jurnalis atau Peneliti: INFP cenderung suka berpikir secara kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah. Profesi jurnalis atau peneliti memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan menyelesaikan masalah yang kompleks.
BACA JUGA:  Rewelnya Anak Ternyata Memiliki Sisi Positif Juga

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu tipe kepribadian INFP untuk Anda ketahui. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam semakin memahami mengenai kepribadian yang Anda miliki. Meskipun banyak yang menganggap MBTI ini adalah pseudo-sains, tetapi tidak ada salahnya menggunakan informasi yang didapat sebagai tolak ukur atau patokan dasar dalam tahap mengenali diri sendiri.

Scroll to Top