9 Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Menggunakan Vitamin C untuk Kulit Anda

9 Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Menggunakan Vitamin C untuk Kulit Anda

Berikut ini adalah 9 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Menggunakan Vitamin C untuk Kulit Anda yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Selain untuk mencerahkan bintik hitam dan membantu melindungi dari kerusakan akibat sinar UV, ada banyak manfaat vitamin C untuk kulit Anda. Namun jenis serum vitamin C yang Anda pilih, serta cara Anda menggunakan dan menyimpannya, dapat secara signifikan memengaruhi seberapa banyak Anda benar-benar mendapatkan manfaatnya.

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang mencerahkan bintik-bintik hitam, menghaluskan garis-garis halus, dan yang terpenting, menghilangkan radikal bebas dari lingkungan, polusi, dan radiasi UV. Seiring waktu, radikal bebas tersebut dapat merusak kulit, menyebabkan tanda-tanda penuaan dini, dan meningkatkan risiko kanker kulit. Jadi melindungi dari kerusakan akibat sinar UV dengan antioksidan dan SPF harian adalah penting.

Akan tapi, tidak semua produk vitamin C diciptakan sama; ini dapat mengganggu dan rumit untuk digunakan dalam beberapa kasus. Penting untuk membaca label pada produk dan mengetahui apa yang sebenarnya Anda dapatkan, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

Jadi, sebelum Anda mulai mencari produk vitamin C untuk wajah Anda, intip tips ahli ini untuk mendapatkan hasil maksimal dari serum vitamin C Anda.

1. Gunakan serum vitamin C di pagi hari

Memang tidak ada undang-undang yang melarang penggunaan produk vitamin C di malam hari, tapi Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dengan menggunakannya di pagi hari sebelum keluar pada hari itu, saat radiasi UV paling tinggi. Tapi vitamin C jadi kurang efektif saat terkena cahaya, jadi penting untuk memberinya waktu untuk menyerap ke dalam kulit Anda sebelum pergi keluar. Anda tidak perlu menunggu waktu tertentu, selama telah merasa terserap kulit, Anda siap berangkat.

BACA JUGA:  4 Vitamin Untuk Kulit Cantik, Sehat, dan Glowing

2. Gunakan produk vitamin C Anda pada saat yang tepat dalam rutinitas perawatan kulit Anda

Saat yang tepat untuk menggunakan produk Anda tergantung pada jenis produknya. Untuk serum, Anda ingin mengaplikasikan produk vitamin C Anda ke kulit yang baru dibersihkan, tapi sebelum Anda melembabkannya. Namun pelembab yang mengandung antioksidan juga jadi lebih umum, dan Anda ingin menggunakannya di akhir rutinitas Anda.

3. Gunakan konsentrasi vitamin C yang tepat untuk jenis dan masalah kulit Anda

Produk yang berbeda mungkin mengandung berbagai konsentrasi vitamin C. Secara umum, berkisar dari di bawah 5% hingga 30%, dan bahan ini dapat memiliki efek yang berbeda pada konsentrasi tersebut. Buat Anda yang memiliki kulit kering atau sensitif mungkin ingin menggunakan konsentrasi yang lebih rendah, sekitar 5%, yang cenderung tidak menyebabkan iritasi. Namun bagi Anda yang memiliki kulit lebih berminyak atau dengan masalah pigmentasi yang lebih luas untuk ditangani dapat menangani konsentrasi yang lebih tinggi. Akan tapi, seperti yang dijelaskan sebelumnya, efeknya mulai stabil setelah 20%, jadi biasanya tidak perlu lebih tinggi dari itu.

4. Jangan gunakan vitamin C dengan bahan tertentu lainnya

Vitamin C umumnya cukup aman dan dapat ditoleransi dengan baik, tapi jika Anda memiliki kulit sensitif, mungkin akan terasa sedikit perih, terutama jika Anda menggunakannya di bagian rutinitas yang sama seperti scrub pengelupas atau acid. Satu bahan yang harus Anda hindari saat menggunakan vitamin C adalah benzoyl peroxide, yang dapat mengoksidasi vitamin C dan, oleh karena itu, membuatnya kurang manjur. Anda masih dapat menggunakan produk benzoyl peroxide Anda, hanya saja tidak bersamaan dengan rutinitas penggunaan vitamin C. Coba gunakan vitamin C di pagi hari dan benzoyl peroxide di malam hari, atau gunakan pada hari yang berbeda.

BACA JUGA:  5 Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan Kulit

5. Anda bisa menggabungkan vitamin C dengan retinol, tapi hati-hati

Di masa lalu, ada anggapan bahwa Anda harus menghindari penggunaan produk vitamin C dengan retinoid dengan cara apa pun. Dan itu masih benar. Mereka bekerja paling baik di lingkungan kulit yang berbeda, jadi menggunakannya pada saat yang sama mungkin membuat keduanya kurang efektif. Dan karena mereka dapat memiliki efek yang sama pada kulit, para ahli tetap menyarankan supaya tidak menggunakan kedua bahan ini secara bersamaan. Menggunakannya di bagian yang sama dari rutinitas Anda dapat menyebabkan iritasi, tapi tidak masalah untuk menggunakannya pada hari yang sama pada waktu yang berbeda. Para ahli umumnya menyarankan untuk menggunakan produk vitamin C di pagi hari dan retinoid di malam hari.

6. Pastikan untuk menyimpan produk vitamin C Anda dengan benar

Dalam produk perawatan kulit topikal, vitamin C sensitif terhadap cahaya dan udara. “Ketika terkena faktor-faktor ini, ia jadi teroksidasi jadi asam dehydroascorbic, yang kurang stabil dan kurang efektif. Jadi, produk ini harus disimpan dalam wadah buram yang kedap udara atau kedap udara, tuturnya, seperti pompa tanpa udara daripada bak atau botol penetes yang harus dibuka sepenuhnya. Untungnya, banyak produk vitamin C telah memiliki kemasan buram karena alasan yang tepat ini.

7. Perhatikan formulasi keseluruhan produk Anda

Ada berbagai jenis vitamin C yang mungkin Anda lihat muncul di berbagai jenis produk. Beberapa di antaranya lebih stabil daripada yang lain, artinya tidak akan teroksidasi dengan cepat, dan beberapa di antaranya memiliki sifat berbeda yang membuatnya lebih cocok untuk jenis kulit tertentu.

Misalnya, asam L-askorbat dan natrium ascorbyl fosfat larut dalam air, yang berarti mereka lebih mungkin muncul dalam produk yang lebih ringan dan lebih cocok untuk kulit berminyak. Jika Anda memiliki kulit kering dan matang, carilah lebih banyak produk pelembab yang mengandung bentuk vitamin C yang larut dalam lemak, seperti ascorbyl palmitate dan tetrahexyldecyl ascorbate.

BACA JUGA:  6 Tips Menghilangkan Komedo Putih pada Wajah

8. Perhatikan apakah produk telah berubah warna

Serum vitamin C Anda harus tidak berwarna atau warna jerami terang. Jika teroksidasi, itu jadi kuning atau coklat dan kemungkinan akan kurang efektif. Anda masih dapat menggunakannya jika Anda mau, tapi tidak akan banyak membantu kulit Anda dan, sangat jarang, Walau begitu produk vitamin C teroksidasi bahkan dapat menyebabkan perubahan warna kuning pada kulit. Jadi pertimbangkan untuk menyingkirkan produk vitamin C yang telah berubah warna secara dramatis semenjak Anda membelinya. Terutama jika warnanya coklat, maka lebih baik membuangnya.

9. Jangan membatasi diri Anda pada serum

Cara paling umum untuk mendapatkan vitamin C dalam rutinitas perawatan kulit adalah dalam serum. Namun Anda tidak harus membatasi diri Anda sendiri! Jika Anda tidak ingin menambahkan langkah ekstra pada rejimen Anda, ketahuilah bahwa Anda juga bisa mendapatkan vitamin C dalam pembersih, pelembab, exfoliant, dan bahkan tabir surya.

Scroll to Top