7 Cara Alami Mengobati Muntaber yang Mengganggu

7 Cara Alami Mengobati Muntaber yang Mengganggu

Berikut ini adalah Cara Mengobati Muntaber dengan Perawatan di Rumah yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Muntaber sebenarnya menandakan muntah dan berak, yang merujuk pada penyakit gastroenteritis. Disebut demikian karena gejala muntaber yang membuat seseorang yang terinfeksi terus muntah dan buang air besar berair terus-menerus.

Muntaber bisa menyerang siapa saja, tapi penyakit ini lebih sering terjadi pada anak-anak. Kabar baiknya, penyakit ini bisa diobati dengan perawatan rumah, meskipun beberapa kasus parah memerlukan perawatan dokter. Berikut ini cara mengobati muntaber yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Konsumsi cairan yang banyak

Pertolongan pertama ketika muntaber terjadi adalah meningkatkan asupan cairan tubuh, contohnya perbanyak minum air putih. Ini dijadikan sebagai cara ampuh mengatasi muntaber karena air mineral jadi pengganti cairan tubuh yang hilang lewat keringat, muntah, dan diare.

2. Minum oralit

Cara mengobati muntaber tidak berbeda jauh dengan diare, karena gejalanya yang serupa. Anda bisa membuat larutan oralit untuk membantu cairan tubuh yang hilang. baik dengan mencampurkan air hangat, garam, dan gula atau membeli oralit di apotek.

3. Banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat

Cara selanjutnya untuk mengobati muntaber adalah menyesuaikan pilihan makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, saat Anda mengalami muntaber, usus tidak bekerja dengan baik dan sedang dalam masa pemulihan. Itulah sebabnya, pilihan makanan harus diperhatikan.

Buah pisang

Buah pisang baik untuk yang mengalami muntaber karena teksturnya yang lembut. Selain itu, pisang bisa menggantikan potasium yang hilang dari gejala muntah dan diare yang dirasakan, dan juga dapat menguatkan lapisan lambung dari bakteri atau virus muntaber. Disarankan pisang yang dikonsumsi adalah pisang hijau.

BACA JUGA:  Apa itu Penyakit Dwarfisme ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Nasi putih dan bubur

Beras putih mengandung zat karbohidrat yang sanggup mengembalikan energi bila seseorang terserang muntaber. Anda bisa mengolah beras jadi bubur supaya mudah dicerna oleh usus dan lambung. Sebaiknya hindari menggunakan beras merah, karena beras merah mengandung kandungan gas berlebih dan kurang baik untuk penderita muntaber.

Jus apel

Minum jus apel dapat memberikan dorongan energi karena kandungan apel yang mengandung karbohidrat dan gula, serta pektin. Gizi ketiganya baik untuk membantu menghentikan diare.

3. Istirahat cukup

Istirahat yang cukup adalah salah satu cara ampuh mengobati segala macam penyakit, termasuk muntaber. Pasalnya, saat Anda sedang beristirahat, tubuh Anda bekerja keras untuk melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan pada tingkat sel kekebalan tubuh.

Scroll to Top