6 Gejala Pembuluh Darah Tersumbat yang Mungkin Tidak Disadari

6 Gejala Pembuluh Darah Tersumbat yang Mungkin Tidak Disadari

Berikut ini adalah 6 Gejala Pembuluh Darah Tersumbat yang Mungkin Tidak Anda Sadari yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Petunjuk mengejutkan ini dapat menunjukkan arteri yang tersumbat dan penyakit jantung yang mendasari. Deteksi dini adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan.

Hal ini dapat menyebabkan perubahan gaya hidup dan terapi medis yang dapat menunda atau menyangkal serangan jantung; hampir 80 persen penyakit jantung dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup.

Berikut adalah petunjuk untuk apakah Anda memiliki penyumbatan arteri dan penyakit jantung.

1. Disfungsi Ereksi

Pria memiliki sistem peringatan built-in untuk penyakit jantung koroner senyap. Ketika mencapai ereksi sulit atau tidak mungkin, itu bisa jadi tanda penyumbatan arteri di panggul yang muncul sebelum serangan jantung menyerang.

Ada, rata-rata, tiga sampai lima tahun antara permulaan disfungsi ereksi dan ditemukannya penyakit jantung koroner, yang adalah waktu yang cukup banyak untuk mendeteksi dan bekerja untuk cegah masalah jantung.

Jika Anda dan pasangan mengkhawatirkan kinerja seksual, cari dan obati akar penyebab penyakit arteri sebelum meminum pil biru. Jika Anda khawatir tentang serangan jantung, gejala baru ditemukan hampir setiap hari.

2. Kebotakan

Dalam sebuah studi baru yang komprehensif terhadap hampir 37.000 pria, kebotakan parah di puncak kepala sangat meramalkan keberadaan penyakit jantung koroner diam pada usia berapa pun.

Dalam studi terpisah terhadap lebih dari 7.000 orang (termasuk lebih dari 4.000 wanita), kebotakan sedang hingga parah melipatgandakan risiko kematian akibat penyakit jantung pada kedua jenis kelamin.

Rambut rontok, terutama bagi wanita, bisa membuat frustasi tapi beberapa tahun terakhir ini telah nampak peningkatan sumber daya untuk mengatasi masalah tersebut.

BACA JUGA:  8 Pola Makan Menyehatkan dan Bisa Membuat Umur Panjang

3. Lipatan Telinga

Salah satu penanda asing, lipatan di daun telinga Anda (khususnya, lipatan miring di telinga yang membentang secara diagonal dari saluran ke tepi bawah daun telinga) telah disebutkan dalam laporan penelitian medis sebagai tanda penyakit jantung koroner diam selama beberapa dekade.

Lipatan telinga bisa terjadi akibat sirkulasi yang buruk, termasuk di arteri di jantung.

Meskipun beberapa profesional medis berpendapat bahwa lipatan hanyalah tanda umum penuaan, para peneliti menggunakan metode CT scan paling canggih untuk mengukur penyakit jantung koroner diam dan menemukan bahwa lipatan telinga memprediksi penyakit jantung bahkan setelah memperhitungkan faktor risiko lain, seperti usia dan kebiasaan merokok.
 

4. Nyeri Betis Saat Berjalan

Ini dikenal sebagai klaudikasio (dari bahasa Latin untuk “lemas”). Aterosklerosis dapat menyumbat arteri tungkai, terutama pada perokok, sebelum PJK didiagnosis.

Gejala ini membutuhkan evaluasi tanpa penundaan. Dokter Anda akan memeriksa denyut nadi di kaki Anda dan lakukan pengukuran sederhana tekanan darah kaki dan aliran darah untuk memastikan diagnosis sirkulasi yang buruk.

Penyakit jantung harus didiagnosis sedini mungkin karena ada banyak perawatan diet dan medis yang dapat membantu membalikkan masalah.

Siapapun dengan salah satu dari tanda-tanda penyakit jantung koroner diam di atas harus mengetahui jumlahnya (tekanan darah, kolesterol, glukosa puasa). 

Tanyakan pada dokter Anda apakah Anda harus memeriksakan penyakit jantung dengan EKG, pencitraan CT kalsium koroner, atau tes stres olahraga.

5. Rahang yang Kencang

Gejala penyumbatan arteri ini lebih sering terjadi pada wanita, tapi pria juga harus menyadarinya.

Menurut Harvard Medical School, nyeri dan nyeri pada rahang dan leher adalah gejala umum angina, yaitu ketidaknyamanan yang muncul akibat aliran darah yang buruk ke bagian jantung.

BACA JUGA:  Apa itu Trauma Racism atau Racial Trauma?

Nyeri terjadi karena saraf utama yang membawa sinyal nyeri dari jantung, saraf vagus, terus menerus bersentuhan dengan leher, rahang, kepala, dan lengan kiri.

Kunjungi dokter untuk mengetahui apakah nyeri rahang Anda disebabkan oleh sesuatu yang jinak, seperti gigi bergemeretak, atau apakah itu sesuatu yang ingin Anda pantau dengan hati-hati.

Ketidaknyamanan pada rahang saat Anda memaksakan diri atau merasa sedikit kesal atau bersemangat – juga adalah tanda angina, di mana otot jantung berjuang untuk mendapatkan cukup darah sebagai akibat dari arteri yang mengeras dan menyempit.

6. Nyeri Punggung Bawah

Nyeri punggung bawah Anda mungkin bukan tanda sederhana dari penuaan otot.

Menurut Komunitas Dokter untuk Pengobatan yang Bertanggung Jawab, punggung bawah juga sering jadi salah satu bagian tubuh pertama yang menumpuk plak.

Anda akan merasa sakit karena berkurangnya aliran darah ke area tersebut dapat melemahkan cakram yang melindungi tulang belakang.

Scroll to Top