6 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Diare

6 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Diare

Berikut ini adalah Saat Diare, Ini Buah yang Paling Baik untuk Dikonsumsi yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Pada kebanyakan kasus, dehidrasi akibat diare dan muntah-muntah mungkin tidak akan cepat teratasi hanya dengan minum air putih. Pasalnya, air putih biasa tidak mengandung elektrolit, gula, serat, serta vitamin dan mineral yang diperlukan untuk mengisi ulang cairan dan energi yang hilang akibat gejala diare.

Jadi, Anda perlu mengimbangi dengan makan buah. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi terbaiknya untuk penderita diare:

1. Kelapa

Buah kelapa mengandung banyak air yang tinggi elektrolit serta kalium sehingga baik untuk penderita diare. Kandungan kalium dalam air kelapa berguna membantu melancarkan sirkulasi darah dari jantung ke seluruh tubuh. Manfaat buah kelapa tidak hanya datang dari airnya. Daging buah kelapa diketahui tinggi protein dan karbohidrat yang membantu menguatkan stamina tubuh selama sakit

2. Apel

Jika tidak ada buah kelapa, studi dalam Journal of American Medical Association melaporkan apel juga sama baiknya untuk penderita diare yang juga muntah-muntah. Apel mengandung pektin, jenis serat larut air yang membantu memadatkan feses supaya bisa dikeluarkan dengan lebih teratur. Apel juga mengandung senyawa kimia yang tampaknya sanggup membunuh bakteri penyebab diare.

3. Pisang

Buah pisang baik untuk pencernaan penderita diare karena mengandung pektin, vitamin C, vitamin B6, folat, kalium, dan karbohidrat kompleks. Seperti yang telah dijelaskan di atas, pektin adalah jenis serat larut air yang mudah dicerna sedangkan kalium membantu melancarkan sirkulasi darah menuju usus. Asupan kaliumnya juga bermanfaat untuk mengurangi sensasi perut mual dan keinginan muntah akibat diare.

BACA JUGA:  Ommetaphobia, Rasa Takut Berlebihan pada Mata

4. Semangka 

Satu semangka utuh dapat mengandung hingga 92% air sehingga pantas untuk dinobatkan jadi buah pemenuh cairan tubuh terbaik bagi penderita diare dan muntaber. Makan beberapa potong semangka segar sanggup memenuhi 20 sampai 30 persen kebutuhan cairan tubuh dalam sehari. 

Air dalam buah ini juga diperkaya dengan mineral dan elektrolit penting untuk meningkatkan daya tahan serta stamina tubuh. Selain itu, kandungan likopen dalam semangka diyakini bagus untuk mengurangi peradangan di dalam usus akibat infeksi.

5. Melon jingga

Melon jingga (cantaloupe) juga masuk dalam daftar buah yang baik untuk penderita diare dan muntaber. Buah ini kaya air sehingga dapat membantu cegah dehidrasi. Rasa manis dari buah ini juga tidak terlalu kuat (giung) sehingga tidak membuat perut makin mual.
 

Scroll to Top