6 Bahan Alami Untuk Mengobati Kepala Gatal

6 Bahan Alami Untuk Mengobati Kepala Gatal

Rambut adalah mahkota bagi wanita maupun pria. Tak heran banyak orang rela menghabiskan uang dan waktu yang tidak sedikit demi merawat rambut dan kulit kepala mereka di salon kecantikan.

Salah satu masalah yang bisa sangat mengganggu kesehatan rambut adalah kulit kepala yang gatal. Jika itu terjadi Anda perlu mengusir kulit kepala gatal.

Kulit kepala yang gatal tidak mungkin muncul begitu saja. Ada berbagai sebab kulit kepala Anda terasa gatal. Bisa jadi kulit kepala gatal karena, Rambut yang kurang bersih, Kulit kepala kering, Eksim atau dermatitis (ketombe) dan Kutu Rambut.

Banyak bahan alami yang sederhana dan mudah didapatkan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala tanpa perlu pergi ke salon.

Berikut adalah berbagai pilihan bahan alami yang ampuh mengusir kulit kepala gatal.

Tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil mengandung anti-jamur, anti-peradangan, dan anti-bakteri yang bisa mengusir masalah pada kulit kepala Anda. Ada dua cara menggunakan tea tree oil untuk mengobati kulit kepala gatal. Yang pertama, campurkan sepuluh sampai dua puluh tetes tea tree oil dengan sampo bayi dan gunakan untuk mencuci rambut dengan teratur. Cara yang kedua adalah dengan mencampurkan dua sampai tiga tetes tea tree oil dengan satu sendok makan minyak sayur. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan pijat ringan. Ulangi perawatan ini selama satu sampai dua minggu.

Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat baik untuk merawat kulit kepala yang kering. Cukup oleskan minyak kelapa pada kulit kepala secukupnya, pijat ringan, dan diamkan selama dua puluh menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

BACA JUGA:  Kaldu Tulang Untuk Kesehatan: Fakta Atau Mitos?

Lidah buaya

Kandungan emolien alami pada lidah buaya mampu menjaga kelembutan dan kelembapan alami kulit kepala. Maka, Anda yang mengalami masalah kulit kepala kering bisa mencoba perawatan lidah buaya ini.
Potong daun lidah buaya secukupnya dan ambil gelnya. Oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Bilas bersih sesudahnya. Kulit kepala Anda akan terasa lebih segar dan dingin.

Lemon

Sari buah lemon mengandung antiseptik yang bisa mengatasi gatal. Lemon juga terbukti ampuh mengatasi masalah ketombe pada rambut. Peras jeruk lemon secukupnya dan ratakan pada kulit kepala Anda. Jika kulit kepala Anda tidak berketombe, Anda bisa mencampurkan perasan lemon dengan air. Cuci bersih dengan sampo Anda setelahnya.

Pisang dan alpukat

Untuk kulit kepala yang bersih dan harum bak pulau tropis, campurkan daging buah pisang dan alpukat dan oleskan pada kulit kepala Anda yang terasa gatal. Biarkan selama paling sebentar 30 menit kemudian bilas bersih.

Minyak jojoba

Minyak jojoba bisa menyembuhkan kulit kepala yang gatal dan kering karena struktur molekul jojoba sangat mirip dengan sebum pada kulit kepala. Oleskan minyak jojoba secukupnya pada kulit kepala sebelum tidur dan biarkan selama satu malam. Cuci rambut Anda dengan sampo yang ringan pada pagi harinya.

Scroll to Top