5 Pola Hidup Sehat yang Harus Dijalani Penderita Asma

5 Pola Hidup Sehat yang Harus Dijalani Penderita Asma

Berikut ini adalah Pola Hidup Sehat yang Harus Dijalani Penderita Asma yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Selain menggunakan obat, penderita asma juga disarankan untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat guna cegah gejala sering kambuh.

Menjalani pola hidup sehat bisa dibilang gampang-gampang susah. Tanpa strategi yang tepat, Anda mungkin akan cepat menyerah dan pada akhirnya kembali ke pola hidup yang buruk. Berikut panduan menjalani pola hidup sehat untuk penderita asma yang penting untuk disimak baik-baik.

1. Berhenti merokok

Merokok dapat mengiritasi saluran napas dan membuatnya meradang sehingga mencetuskan gejala asma. Itu kenapa Anda akan lebih rentan mengalami serangan asma tiba-tiba jika masih aktif merokok.

Berhenti merokok adalah cara terbaik untuk penderita asma memulai pola hidup yang lebih sehat. Selain cegah kekambuhan gejala asma, berhenti merokok juga dapat melindungi paru-paru Anda dari berbagai risiko penyakit.

2. Rajin olahraga

Punya asma bukan berarti Anda tak boleh berolahraga. Dengan persiapan yang matang, penderita asma bisa terus bebas berolahraga tanpa perlu khawatir serangan asma kambuh. Pilihlah jenis aktivitas yang tidak memberikan tekanan berlebih pada paru-paru.

Berenang, misalnya, paling sering dianjurkan oleh dokter untuk penderita asma ketimbang olahraga seperti sepak bola atau basket karena lebih minim risiko. Pilihan olahraga lainnya yang aman dilakukan untuk penderita asma adalah jalan kaki, bersepeda santai, yoga, pilates, dan tai chi. Hindari berolahraga ketika cuaca dingin supaya tidak memicu kekambuhan serangan asma.

3. Atur pola makan

Asma dapat terasa lebih mudah kambuh jika Anda punya riwayat masalah asam lambung tinggi seperti penyakit GERD atau maag.

BACA JUGA:  Tips Melakukan Seks Oral Untuk Puaskan Pasangan

Gejala penyakit asam lambung umum dipicu oleh pola makan yang buruk, seperti terlambat makan, keseringan mengonsumsi makanan cepat saji, dan langsung makan dengan porsi banyak. Bagi pengidap asma yang memiliki masalah asam lambung, hal-hal tersebut dapat menyebabkan asma kambuh.

Para ahli umumnya menganjurkan orang dengan asma banyak makan buah dan sayuran segar serta rempah seperti jahe dan kunyit. Orang dengan asma juga membutuhkan asupan lemak sehat dari minyak zaitun, minyak kelapa, dan ikan berminyak seperti salmon, tuna, dan sarden.

4. Hindari stres

Stres juga umumnya membuat Anda kurang tidur. Kurang tidur dapat membuat Anda lebih mudah sakit.  Maka dari itu, hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghindari stres adalah dengan cukup tidur.

Jadi untuk Anda yang mengidap asma, usahakan mencukupi waktu tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam sebagai bagian dari pola hidup sehat. Hindari hobi begadang sampai larut malam. Tidur adalah kebutuhan primer untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

5. Bersih-bersih rumah

Pola hidup sehat untuk penderita asma lainnya adalah rajin bersih-bersih rumah untuk cegah kekambuhan. Beres-beres rumah dapat menghilangkan berbagai alergen yang mungkin beterbangan di udara dan menempel di permukaan perabot rumah tangga.

Jadi, penderita asma jangan ragu untuk mulai mengubah pola hidup jadi lebih sehat, ya. Ingat, dengan diagnosis dan perawatan yang tepat, Anda bisa mendapatkan tubuh fit dan bugar selayaknya orang sehat.
 

Scroll to Top