5 Penyebab Tulang Belakang Sering Sakit

5 Penyebab Tulang Belakang Sering Sakit

Berikut ini adalah Tulang Belakang Sering Sakit? Ketahui Beberapa Hal Ini Agar Tak Berakibat Fatal yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Sakit pada tulang punggung lazimnya dialami hampir semua orang karena aktivitas atau kelelahan. Sakit ini biasanya dialami pada bagian lumbal (punggung bawah) dan servikal (leher).

Perlu diketahui, punggung bagian bawah dan leher tulang belakang rentan mengalami cedera karena fungsinya sebagai penahan berat badan dan kerap digunakan ketika tubuh bergerak, berputar, dan membungkuk. Oleh karena itu, punggung bawah yang tertarik atau keseleo sering menyebabkan nyeri. Selain itu, kondisi ini juga disebabkan oleh masalah pada bagian ligamen, cakram, saraf, otot, dan sumsum tulang belakang.

Berkaitan dengan itu, ketahui hal-hal berikut yang jadi penyebab sakit tulang belakang:
1. Postur tubuh yang buruk
Selain radang sendi, postur tubuh yang buruk juga dapat jadi penyebab nyeri tulang belakang yang Anda rasakan. Postur tubuh yang buruk ini bisa dikarenakan peregangan berlebihan, ketegangan otot, batuk atau bersin, membungkuk dalam waktu lama, berdiri atau duduk terlalu lama, posisi leher tegang ke arah depan, dan posisi tulang belakang yang tidak lurus saat tidur.
Untuk menangani masalah ini, Anda bisa lakukan perbaikan postur tubuh dan lakukan olahraga yang dapat membantu Anda mengurangi nyeri sekaligus membuat posisi tubuh jadi lebih baik.

Ketika Anda berdiri, cobalah untuk berdiri dengan telapak kaki lurus dan punggung terbuka lebar. Sedangkan ketika duduk, cobalah untuk duduk tegak dengan kaki Anda tetap lurus menginjak lantai. Hindari melipat kaki atau duduk bersila.

BACA JUGA:  Makan Daging Entok Bisa Menyebabkan Naiknya Kadar Asam Urat

Untuk memperbaiki postur dan mengurangi nyeri, olahraga yoga bisa jadi salah satu pilihan. Pasalnya, yoga memiliki beberapa gerakan yang bagus untuk tulang belakang Anda.

2. Otot atau ligamen tegang
Gerakan tiba-tiba atau mengangkat berat secara berulang, dapat memicu ketegangan otot atau ligamen tulang belakang yang bisa membuatnya terasa nyeri. Jika kondisi fisik Anda kurang sehat, otot yang tegang dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan kejang otot yang bisa lebih menyakitkan.
Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi obat seperti ibuprofen untuk meredakan nyeri, mengompres bagian yang sakit dengan kompres dingin, beristirahat, dan melindungi bagian tulang belakang yang nyeri.

3. Radang sendi
Radang sendi atau arthritis dapat jadi salah satu penyebab sakit tulang belakang yang Anda rasakan. Pada kondisi tertentu, radang sendi bahkan dapat menyebabkan penyempitan ruang di sekitar sumsum tulang belakang atau disebut juga sebagai stenosis tulang belakang.

Untuk mengetahui apakah Anda memiliki radang sendi atau tidak, dokter umumnya akan lakukan pemeriksaan fisik untuk melihat apakah ada bengkak, kemerahan, atau rasa hangat pada bagian yang nyeri.

Untuk mengobati radang sendi, dokter akan memberikan obat pereda nyeri dan menyarankan terapi fisik yang dapat perkuat otot di sekitarnya area yang nyeri. Anda juga dapat mengurangi nyeri dengan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat, misalnya dengan menjaga berat badan ideal dan rutin berolahraga.

4. Skiatika
Skiatika adalah iritasi pada saraf yang membentang dari punggung bawah hingga kaki Anda. Gejala penyakit skiatika meliputi sensasi mati rasa, kesemutan, nyeri, dan loyo pada bagian punggung bawah, kaki, bokong, hingga telapak kaki.

Untuk meredakan nyeri karena skiatika, cobalah untuk lakukan peregangan punggung secara teratur dan mulailah berolahraga dengan gerakan yang tidak terlalu berat. Selain itu, cobalah untuk mengompres bagian yang sakit dengan menggunakan kompres hangat.

BACA JUGA:  Cara Mudah dan Efektif untuk Membersihkan Paru-Paru Perokok

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi sakit tulang belakang. Apabila cara di atas tidak sanggup menangani rasa sakit yang Anda alami atau jadi semakin parah, segeralah konsultasikan masalah ini ke dokter.

5. Kerusakan pada diskus tulang belakang
Di antara tulang yang ada di punggung Anda, terdapat diskus yang berfungsi sebagai bantalan antartulang. Diskus ini memiliki tekstur lunak yang dapat membesar atau pecah dan menekan saraf sehingga menyebabkan rasa nyeri.
Akan tapi, pada kondisi tertentu, Anda juga dapat mengalami diskus yang menonjol atau pecah tanpa nyeri punggung, serta baru nampak ketika lakukan rontgen pada tulang belakang.

Untuk mengatasi nyeri yang disebabkan masalah diskus tulang belakang, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti naproxen. Selain itu, cobalah untuk berolahraga secara teratur dan tetap aktif. Pasalnya, terlalu lama beristirahat justru tidak disarankan.

Scroll to Top