5 Minyak yang Sehat untuk Memasak

5 Minyak yang Sehat untuk Memasak

Berikut ini adalah 5 Minyak yang Lebih Sehat untuk Memasak yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Biasanya yang kita pakai untuk masak sehari-hari adalah minyak sayur atau yang biasa kita sebut sebagai minyak goreng. Akan tapi, sebenarnya masih terdapat banyak minyak lain yang bisa kita pakai untuk masak atau hanya untuk ditambahkan dalam makanan kita, yang tentunya juga lebih sehat. Apa saja itu?

1. Minyak zaitun murni (extra virgin olive oil)

Pada urutan pertama, yang paling baik untuk masak adalah minyak zaitun murni. Minyak zaitun murni adalah salah satu sumber lemak tidak jenuh tunggal. Sehingga, minyak ini bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol jahat Anda tetap rendah dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Minyak ini juga mengandung antioksidan tinggi yang disebut dengan polifenol, yang dapat melindungi jantung Anda. Anda bisa menggunakan minyak ini untuk mengukus sayuran atau untuk menumis sayuran, serta minyak ini paling pas digunakan sebagai salad dressing.

2. Minyak kanola

Minyak kanola juga dapat jadi pilihan baik untuk masak. Kanola atau Canola adalah singkatan dari (Canada oil low acid). Minyak kanola adalah jenis minyak yang mengandung lemak tidak jenuh tunggal. Walaupun tidak banyak mengandung antioksidan karena banyak dilakukan pemrosesan, Akan Namun minyak kanola kaya akan asam alfa-linoleat, bentuk dari omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Minyak kanola mempunyai rasa yang netral dan juga titik asap yang tinggi, sehingga baik untuk memanggang dan menumis. Titik asap adalah salah satu hal yang penting dipertimbangkan dalam memilih minyak untuk memasak di panas yang tinggi, seperti untuk menggoreng atau memanggang. Minyak kanola dapat digunakan untuk semua teknik memasak, tapi jangan pernah menggunakannya secara berulang karena minyak ini tidak stabil setelah dipanaskan.

BACA JUGA:  Mau Cantik Layaknya Orang Timur Tengah, Coba dengan Minyak Argan

3. Minyak kenari

Minyak ini termasuk dalam minyak yang mengandung lemak tidak jenuh ganda dan juga mengandung omega-3. Minyak kenari mempunyai rasa seperti kacang, sehingga baik digunakan sebagai salad dressing atau untuk memanggang. Akan tapi, minyak ini tidak tahan lama, jika Anda membeli minyak ini dalam botol kecil dan disimpan dalam kulkas, hanya akan bertahan sampai 3 bulan.

4. Minyak kacang

Minyak kacang tanah memiliki titik asap yang tinggi, sehingga jadi pilihan baik untuk memasak dalam suhu tinggi, seperti untuk memanggang dan menumis. Minyak kacang tanah mengandung fitosterol, yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah dan cegah penyakit kanker.

5. Minyak bunga matahari

Minyak bunga matahari mengandung lemak tidak jenuh ganda yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Karena telah dilakukan pemrosesan, minyak ini lebih stabil dan cocok untuk memasak dalam suhu tinggi. Minyak ini baik untuk menggoreng dan dapat jadi pengganti mentega.
 

Scroll to Top