5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Ampuh Menurut Pakar

5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Ampuh Menurut Pakar

Berikut ini adalah 5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Terbukti Ampuh Menurut Pakar yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Dengan COVID-19 yang masih jadi ancaman dan juga penyakit lainnya seperti flu, virus, serta kuman lain yang mengintai, tentunya kita ingin memastikan sistem kekebalan tubuh kita siap untuk memasang pertahanan yang kuat dan cegah dari sakit. 

Dengan mengingat hal ini, berikut adalah kebiasaan peningkat kekebalan teratas yang direkomendasikan dokter dan pakar medis lainnya pada pasien mereka.

Beberapa di antaranya membantu memblokir infeksi awal; yang lain menyalakan sistem tubuh Anda sehingga Anda dapat sembuh lebih cepat jika Anda terserang sesuatu. Semuanya sederhana dan mudah untuk dimasukkan ke dalam rutinitas sehari-hari Anda.

1. Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan

Meskipun tidak ada makanan atau suplemen yang dapat ‘menyembuhkan’ atau bahkan 100% cegah Anda tertular virus seperti virus corona atau flu, beberapa makanan telah terbukti membantu meningkatkan kekebalan.

Buah jeruk, paprika merah, almond, biji bunga matahari, kenari, kacang-kacangan, dan bawang putih semuanya memiliki penelitian di belakangnya untuk mendukung klaim peningkatan kekebalan mereka, kata Sass.

Sayuran dan buah-buahan berwarna hijau tua, merah, dan kuning membantu perkuat sistem Anda dengan fitokimia antioksidan yang menurut penelitian dapat melawan virus. Cobalah mengonsumsinya selama sembilan hingga 10 porsi sehari.

2. Olahraga secara rutin

Sebuah tinjauan ilmiah tahun 2019 di Journal of Sports and Health Science menemukan bahwa olahraga tingkat sedang hingga berat dapat perkuat respons kekebalan Anda, menurunkan risiko penyakit, dan mengurangi peradangan.

Berolahraga secara teratur dan makan sehat adalah faktor terpenting untuk sistem kekebalan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak jauh lebih mungkin terkena flu atau penyakit menular lainnya.

BACA JUGA:  Fakta atau Mitos: Cuaca Dingin Memicu Penyakit Asma Kambuh

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan untuk lakukan aktivitas aerobik intensitas sedang minimal 150 menit dalam seminggu, atau 75 menit dengan intensitas yang kuat.

Latihan di rumah selama 15-20 menit, lompat tali atau joging di tempat, atau jalan cepat di sekitar lingkungan beberapa kali seminggu adalah cara yang baik untuk memasukkan keringat ke dalam jadwal Anda.

3. Tidur yang teratur

Mungkin Anda memberikan sedikit perhatian untuk tidur karena Anda kewalahan dengan bekerja dari rumah sambil menyiapkan semua makanan Anda.

Atau Anda mendapati diri Anda tidak dapat tertidur karena kecemasan yang mendebarkan yang dirasakan banyak orang saat ini. Ini bisa dimengerti, tapi tidak memprioritaskan waktu tidur Anda dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius.

Ada kaitannya dengan kurang tidur dan sakit. Contoh kasus: Dalam sebuah penelitian, residen medis dan bedah yang terkenal akan bekerja 100 jam seminggu berada pada risiko yang jauh lebih tinggi untuk tidak hanya mendapatkan penyakit menular, tapi juga pengaktifan kembali penyakit sebelumnya.

Juga, jangan berasumsi bahwa Anda bisa mengejar tidur setelah satu atau dua malam begadang atau bolak-balik.

Penelitian menunjukkan bahwa itu tidak menawarkan tubuh keuntungan apa pun dibandingkan mendapatkan dosis shuteye yang stabil setiap malam.

Ingat, tubuh Anda sibuk saat istirahat, dan dirancang untuk tidur saat matahari terbenam. (ritme sirkadian.) Selama waktu ini ia memperbaiki dirinya sendiri sehingga seseorang dapat muncul dengan perasaan diperbarui.

Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa antara 18 dan 64 membutuhkan 7-9 jam tidur per malam, sementara orang dewasa yang lebih tua membutuhkan 7-8 jam, dan anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak tidur.

BACA JUGA:  Apa itu Penyakit Amnesia ? Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Targetkan jumlah yang tepat untuk kelompok usia Anda, dan cobalah untuk sekonsisten mungkin. Tidur dan bangun pada waktu yang kurang lebih sama setiap hari lebih sehat daripada jadwal tidur yang tidak teratur.

4. Cuci tangan secara rutin

Anda telah berulang kali mendengar tentang cara terbaik untuk mencuci tangan semenjak pandemi virus Corona dimulai. Namun perlu diulangi, karena ini hanya cara yang mudah dan efektif untuk cegah infeksi.

Mencuci tangan adalah cara yang sangat baik untuk membantu seseorang supaya tidak sakit.

Hanya sabun dan air biasa yang Anda butuhkan, tapi penting untuk menggosok setidaknya selama 20 detik karena menurut CDC, itulah waktu minimum yang diperlukan untuk mengurangi jumlah mikroba pada kulit secara signifikan.

Anda harus melakukannya sebelum dan sesudah semua jenis eksposur berisiko.

Dengan kata lain, setelah Anda buang air kecil atau buang air besar, serta setelah bersin atau batuk. Tekan sabun dan air sebelum Anda menyiapkan makanan, setelah merawat orang tersayang yang sakit, mengobati luka, atau menyentuh gagang pintu, kenop, sakelar, atau permukaan yang digunakan secara umum.

5. Mengonsumsi probiotik

Bakteri di dalam usus Anda dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk menangkis infeksi, itulah sebabnya dokter menyarankan makan makanan yang mengandung apa yang disebut bakteri “baik”, organisme yang bermanfaat bagi kesehatan usus. Anda juga bisa mempertimbangkan suplemen probiotik.

Sekadar peringatan: tidak diketahui apakah semua makanan dan / atau suplemen probiotik aman untuk beberapa orang yang immunocompromised-mereka dengan penyakit kronis seperti diabetes atau HIV, atau menjalani kemoterapi, misalnya.

Jika Anda memiliki kekhawatiran, tanyakan pada dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengonsumsi probiotik apa pun.

Scroll to Top