3 Tips untuk Mengikuti Panduan Pengasuhan yang Damai

3 Tips untuk Mengikuti Panduan Pengasuhan yang Damai

Berikut ini adalah 3 Tips untuk Mengikuti Panduan Pengasuhan yang Damai yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Konsep pengasuhan damai dipecah jadi tiga gagasan utama:

– Mengatur emosi sebagai orang tua
– Menghubungkan dengan anak-anak Anda
– Melatih bukannya mengontrol

Mengasuh secara damai secara menyeluruh adalah fokus pada perhatian. Ini berarti Anda hidup pada saat apa pun yang terjadi di rumah Anda dan bersama anak-anak Anda.

Berikut sedikit lebih banyak tentang bagaimana masing-masing area ini dikelompokkan:

1. Mengatur Emosi Sebagai Orang Tua

Pertama dan terpenting, orang tua yang damai melihat ke dalam emosi dan subjektivitas mereka sendiri yang mungkin mewarnai respons terhadap situasi pengasuhan yang berbeda.

Mengatur emosi berarti menarik napas dalam-dalam dan mendekonstruksi situasi yang dihadapi. Mengapa anak Anda di lemari untuk memulai? Apakah mereka lapar? Bosan? Apakah lemari itu hanya memohon untuk dibongkar? Apapun masalahnya, pertimbangkan emosi Anda sendiri dan lingkungan sebelum berteriak.

Pada saat Anda mengambil langkah mundur, tanyakan pada diri Anda, “Apa yang saya takuti?” Jawabannya mungkin tidak selalu jelas. Atau mungkin tidak mudah untuk dihadapi, tergantung situasinya.

Mengatur emosi Anda memberikan contoh yang bagus bagi anak-anak Anda dalam mengatur emosi mereka. Anda dapat menganggapnya sebagai kebalikan dari meniup atasan Anda.

Akan tapi, bahkan setelah Anda memperhitungkan perasaan batin Anda, setelah Anda sadar, Anda masih bisa merasakan amarah dan membagikannya. Perbedaannya adalah Anda meluangkan waktu sejenak untuk menenangkan diri alih-alih langsung bereaksi.

2. Terhubung dengan Anak-anak Anda

Anda mungkin berpikir, Tapi saya telah sangat terhubung dengan anak saya. Seperti, secara harfiah. Dua puluh empat jam sehari, dia menempel di kaki saya dan tidak mau melepaskannya.

BACA JUGA:  Jangan Sembarangan Pakai Krim Pemutih Bersteroid

Ini bukan tentang ruang pribadi. Ini tentang ikatan intim yang orang tua dan anak-anak bagikan. Kapan terakhir kali Anda merasa benar-benar terhubung dengan anak Anda? Atau apa yang mungkin menghalangi perasaan seperti itu?

Berikut beberapa contoh bagaimana Anda dapat terhubung dengan anak Anda:

– Mempraktikkan pengasuhan keterikatan – kedekatan dalam hal emosi dan kedekatan fisik – dengan bayi kecil.

– Terlibat dalam waktu bermain “khusus” satu lawan satu setiap hari. Tidak perlu lama – bahkan 10 hingga 20 menit dapat membuat perbedaan besar.

– Mematikan televisi, tablet, ponsel, dan teknologi lainnya saat berinteraksi dengan anak Anda.

– Mengutamakan waktu keluarga setiap malam, seperti makan malam bersama.
Hubungan fisik melalui pelukan, pelukan, dan pertunjukan kasih sayang lainnya.

– Ciptakan ritual unik Anda sendiri untuk terhubung dengan anak Anda, seperti berpelukan selama beberapa menit sebelum bangun dari tempat tidur pada hari itu.

– Mengerjakan koneksi Anda dapat membantu anak Anda merasa lebih aman. Mereka belajar mencintai diri sendiri dan sanggup memperluas cinta ini pada orang lain. Koneksi inilah yang memungkinkan pengasuhan yang damai, karena melalui hubungan yang dekat dengan orang tua mereka anak-anak benar-benar ingin bekerja sama dan berperilaku.

3. Melatih Bukannya Mengontrol

Ide terakhir ini, melatih versus mengendalikan, mungkin salah satu yang paling sulit untuk dipahami.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana si kecil akan mendengarkan Anda tanpa konsekuensi yang keras. Atau jika kehilangan kekuatan berteriak dan hukuman akan membuat Anda nampak lemah. Tapi yang menarik adalah dalam pengasuhan yang damai, kepatuhan dan perilaku yang baik cenderung datang setelah Anda menghilangkan dinamika kekuatan ini.

BACA JUGA:  3 Cara Eksfoliasi Untuk Menghilangkan Selulit

Pelatihan dapat memberi anak Anda alat untuk mengubah perilaku mereka dengan cara yang tidak dapat dilakukan dengan hukuman atau suap. Ketika Anda segera mengambil iPhone, misalnya, anak remaja Anda mungkin akan marah dan kesal. Jika Anda memberi perhatian mereka pada apa yang memicu perilaku tertentu sebelum menindak, hasil akhirnya mungkin lebih baik bagi semua pihak yang terlibat.

Meski kedengarannya gila, melatih anak Anda untuk terhubung dengan perasaannya sendiri mungkin sangat membantu untuk perilaku yang lebih baik dalam jangka panjang. Tidak selalu hanya untuk Anda. Sebaliknya, tujuannya adalah memberi mereka kosakata dan ide untuk bekerja di dunia dengan kecerdasan emosional yang ditingkatkan dan membuat pilihan yang baik. Rumah tangga yang lebih tenang hanyalah hadiah bonus yang manis.

Scroll to Top