Tips Ampuh Menghadapi Anak Segala Usia Tanpa Perlu Emosi Jiwa!

Tips Ampuh Menghadapi Anak Segala Usia Tanpa Perlu Emosi Jiwa!

Berikut ini adalah Tips Ampuh Menghadapi Anak Segala Usia Tanpa Perlu Emosi Jiwa! yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Pengasuhan damai adalah filosofi yang dikembangkan Laura Markham, PhD. Mengasuh secara damai dan secara menyeluruh adalah fokus pada perhatian. Ini berarti Anda hidup pada saat apa pun yang terjadi di rumah Anda dan dengan anak-anak Anda.

Konsep pengasuhan damai dipecah jadi tiga gagasan utama:

1. Pengaturan emosi sebagai orang tua
2. Koneksi dengan anak-anak Anda
3. Melatih, bukan mengontrol

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana tepatnya Anda bisa menerapkan hal-hal ini pada anak Anda yang masih balita, anak usia sekolah, atau anak remaja. 

Melakukan pengasuhan damai mungkin akan diperlukan latihan, terutama jika Anda beralih dari gaya pengasuhan yang lebih tradisional. 

Berikut adalah beberapa contoh singkat untuk menerapkan pengasuhan damai pada anak masih balita, anak usia sekolah, atau anak remaja:

Balita

Contoh skenario:

Jika anak Anda yang berusia 2 tahun kesal di toko karena Anda tidak akan membelikannya mainan:

Penerapan pengasuhan damai:

– Meskipun mungkin sangat membuat frustrasi atau hanya memalukan jika Anda mengantre dan balita Anda berteriak, cobalah untuk berhati-hati saat ini dan diam-diam menerima emosi Anda. Hitung sampai lima tanpa suara atau tarik napas dalam-dalam.

– Cobalah untuk mengakui perasaan anak Anda dan tempatkan diri Anda sebagai anak Anda yang berusia 2 tahun. Namun juga tetapkan batas Anda. Anda dapat mengatakan sesuatu seperti “Saya mengerti Anda menginginkan mainan baru, tapi kita tidak mendapatkan mainan baru setiap kali kita pergi ke toko”.

BACA JUGA:  Awas, Gangguan Tidur pada Anak dapat Berdampak Psikosis

– Jika mereka masih berteriak, coba peluk mereka. Meskipun berpelukan mungkin terasa seperti hadiah, Anda sebenarnya sedang mengerjakan bagian koneksi itu. Anda mungkin merasa itu akan mengatur ulang suasana hati mereka.

Pemeriksaan realitas: 

Mencoba berbicara dengan anak berusia 2 tahun tentang perasaan mereka di tengah amukan mungkin tidak berhasil dengan baik. Anda mungkin perlu berusaha untuk mengeluarkan anak Anda dari situasi tersebut lebih awal daripada nanti, tapi Anda masih dapat menghindari berteriak sebagai reaksi.

Anak Usia Sekolah

Contoh skenario:

Jika anak Anda yang berusia 7 tahun baru saja bermain dengan cat tembok, yang Anda perintahkan untuk tidak disentuh, di seluruh karpet putih Anda yang baru:

Penerapan pengasuhan damai:

– Tahan keinginan untuk segera berteriak tentang mahalnya harga karpet. Katakan pada anak Anda, “Saya mencoba menenangkan diri sebelum berbicara dengan kamu tentang apa yang terjadi.”

– Beri anak Anda kesempatan untuk memecahkan masalah. Untuk contoh ini, mungkin berarti bertanya pada mereka, “Ini adalah kekacauan besar. Apa yang harus kita lakukan untuk membersihkannya?” Kemudian biarkan mereka bertukar pikiran dengan Anda untuk beberapa pemecahan masalah bersama.

Pemeriksaan realitas: 

Kemudian Anda dapat memperhatikan masalah yang lebih besar, seperti menggunakan cat tanpa izin. Daripada menghukum, jelaskan posisi Anda. Berikan beberapa panduan dengan tenang dan nada tegas mengenai aturan bermain dengan cat. Anak Anda akan mengerti, dan tidak akan melakukannya lagi.

Remaja

Contoh skenario:

Jika Anda mengira anak remaja Anda yang berusia 16 tahun keluar minum-minum dengan teman-temannya:

Penerapan pengasuhan damai:

– Hadapi saja; Anda mungkin tidak selalu ada saat anak remaja Anda berada dalam situasi yang membuat Anda berteriak. Entah Anda mengetahui mereka sedang berakting atau mendengarnya nanti, berusahalah untuk mempertimbangkan emosi Anda sendiri. Apakah Anda pernah lakukan hal yang sama? Atau apakah Anda khawatir mereka akan menempuh jalan yang buruk? Sebelum bereaksi dengan amarah karena ketakutan, akui perasaan Anda sendiri dan pertimbangkan untuk membagikannya pada anak Anda dengan tenang.

BACA JUGA:  Mencari Tahu Mengenai Dry Drowning dan Bahayanya

– Dengan kelompok usia ini, koneksi membantu mendorong pengambilan keputusan yang bertanggung jawab dan independen alih-alih memberontak dari keinginan orang tua. Berhati-hatilah jika Anda melihat anak remaja Anda mundur atau mendorong Anda. Koneksi berarti arus komunikasi yang terbuka.

Pemeriksaan realitas:

Ingatkan diri Anda bahwa pilihan yang buruk memberi anak Anda kesempatan untuk tumbuh. Remaja menghadapi banyak tekanan teman sebaya dan mereka hanya belajar bagaimana membuat penilaian yang baik. Coba tunjukkan bagaimana pilihan yang berbeda, seperti menghindari penggunaan alkohol di bawah umur, membawa hasil yang positif.

Scroll to Top