Panduan Memilih Penjual Cucak Rowo yang Terpercaya

Untuk anda yang sedang mencari panduan memilih penjual cucak rowo yang bisa anda percaya, pada artikel kali ini akan kami berikan beberapa tips dan juga beberapa tempat penangkaran yang ada di Indonesia.

Burung cucak rowo merupakan jenis burung kicau yang banyak dicari dikarenakan keindahan kicauannya dan juga memiliki warna bulu yang indah serta sejak dahulu dianggap burung “elit” yang umum dipelihara oleh keluarga kerajaan.

Tetapi karena itulah burung yang satu ini juga banyak diburu sehingga populasinya semakin hari semakin terancam dan bahkan hingga tahun 2014 lalu statusnya adalah hewan yang dilindungi sebelum akhirnya dicabut kembali.

Status tersebut dicabut oleh pemerintah dikarenakan pertimbangan atas semakin banyaknya penangkaran-penangkaran cucak rowo yang tersebar di Indonesia yang sudah memenuhi standar kualitas yang baik sehingga dapat menjamin kelestarian dari burung cucak rowo.

Selain penangkaran-penangkaran besar, banyak juga yang mencoba membuka penangkaran dengan skala yang lebih kecil, di mana ebberapa diantaranya ada yang ebrhasil dan banyak juga yang gagal.

Kegagalan dalam membudidayakan cucak rowo tersebut umumnya dikarenakan kekurangpahaman tentang karakter dan sifat dari burung tersebut, serta kurangnya pengetahuan tentang bagaimana pemberian makan yang baik dan benar, mengawinkan, serta dalam membangun kandang yang baik dan bebas dari penyakit.

Ditambah lagi banyak yang hanya ingin mengejar keuntungan saja sehingga akan melakukan segala cara supaya burung cucak rowo yang mereka budidaya dapat dijual dengan harga tinggi, bahkan banyak yang terang-terangan melakukan penipuan saat menjual burung tersebut.

Penipuan yang sering dilakukan oleh penjual cucak rowo adalah menjual burung cucak mutiara, yang fisiknya nyaris serupa, kemudian diakui sebagai burung cucak rowo sehingga harga jualnya melonjak.

Karena itulah pada saat anda memilih penjual cucak rowo, maka sebaiknya anda telah memiliki pengetahuan yang cukup terkait ciri-ciri fisik, jenis cucak rowo, dan juga sifat serta karakter mereka.

Dan di dalam artikel kali ini, kami akan berusaha memberikan informasi selengkap-lengkapnya mengenai hal tersebut, mulai dari penjelasan singkat mengenai ciri-ciri cucak rowo hingga di mana saja anda bisa membeli cucak rowo.

Ciri-ciri Cucak Rowo

Pertama-tama, anda harus lebih dahulu memahami bagaimana sebenarnya ciri-ciri dari cucak rowo tersebut supaya nantinya anda tidak mudah tertipu oleh penjual yang berniat jahat dengan menjual burung cucak lainnya sebagai cucak rowo.

Cucak rowo memiliki bulu dengan kombinasi yang unik, yaitu warna coklat zaitun dipadu dengan corak garis berwarna putih pada bagian tubuhnya, kemudian warna hijau kekuningan pada ekor dan bulunya, serta pada bagian mahkota memiliki warna bulu yang kuning pucat.

Paruh mereka berwarna hitam dan berukuran besar serta agak panjang, dan pada cucak rowo jantan biasanya agak melengkung ke bawah dibandingkan pada betina, serta mereka juga memiliki bola mata berwarna hitam dengan iris warna kemerahan.

Ciri khas mereka ada pada bagian area matanya, yang mana mereka memiliki garis berwarna hitam di kedua sisi, yang memanjang mulai dari bagian belakang mata hingga ke pangkal paruh bagian samping.

Pada pangkal paruh tersebut juga ada garis hitam lainnya yang memanjang ke arah leher, yang bentuknya lebih tebal apabila dibandingkan dengan garis hitam pada matanya.

Jenis-jenis Cucak Rowo

Burung cucak rowo sendiri berasal dari beberapa pulau besar di Indonesia, yaitu Sumatera, Kalimantan, dan juga Jawa meskipun terkadang ada juga yang ditemukan di Bali dan Nusa Tenggara.

Cucak rowo yang terkenal dan umum diperjualbelikan adalah yang berasal dari pulau Sumatera, tepatnya dari daerah Lampung, Medan, dan Aceh yang ketiganya memiliki kualitas suara hampir serupa dengan ukuran tubuh yang bisa dibilang besar.

Burung cucak rowo yang berasal dari jawa sudah hampir tidak dapat ditemukan lagi dan bahkan dianggap sudah punah, sementara cucak rowo Kalimantan umumnya jarang yang ropel, kicauannya pelan, dan postur tubuhnya lebih kecil dibanding saudara mereka yang berasal dari Sumatera.

Ada pula yang sering disebut sebagai Cucak Rowo Papua yang bukan termasuk spesies dari burung Cucak Rowo, yang juga dikenal dengan nama Cucak Rotan atau Pitohui, yang di habitat aslinya tubuhnya berlumur racun akibat serangga yang menjadi makanan mereka sehari-hari.

Tips Memilih Cucak Rowo

Dalam memilih burung cucak rowo, tentunya ada berbagai faktor yang perlu diperhatikan dan tidak bisa sembarangan, karena akan berpengaruh pada beberapa hal seperti tingkat kesulitan pemeliharaan, kesulitan dalam memaster, dan lain sebagainya.

Misalnya dalam memilih indukan cucak rowo, anda harus pastikan keduanya berasal dari jenis cucak rowo yang terbaik, dalam hal ini Sumatera, dan juga tidak memiliki cacat fisik serta memiliki rekam medis yang baik.

Belum lagi anda juga harus memperhatikan kualitas kicauan mereka apakah sudah ngeropel dan gacor, sehingga bisa anda jadikan masteran bagi anakan yang mereka hasilkan atau yang anda beli terpisah.

Demikian halnya pada saat anda memilih anakan, anda juga harus memperhatikan kondisi fisik mereka, serta memastikan mereka berasal dari keturunan yang berkualitas, karena secara tidak langsung hal tersebut akan berpengaruh pada potensi mereka kedepannya pada saat dewasa.

Tempat Membeli Cucak Rowo

Ada beberapa alternatif sarana yang bisa anda gunakan apabila ingin membeli cucak rowo, yang mana masing-masing akan memiliki keunggulan serta kelemahannya tersendiri.

Beberapa alternatif tempat atau sarana tersebut yang biasa digunakan untuk memilih penjual cucak rowo antara lain adalah:

Membeli secara Online

Anda bisa membeli cucak rowo secara online melalui marketplace yang ada seperti Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya, atau melalui website milik penangkaran yang tentunya akan sangat mudah dan praktis karena bisa dilakukan dari tempat anda.

Namun metode ini adalah yang paling tidak kami rekomendasikan karena anda tidak bisa melihat secara langsung cucak rowo yang ingin dibeli, dan risiko terjadinya penipuan akan sangat tinggi.

Membeli di Penjual Burung

Anda juga bisa membeli cucak rowo melalui penjual burung yang tersedia di sekitar lokasi tempat anda berada, yang tentunya anda bisa melihat dengan mata kepala sendiri kualitas dari burung tersebut.

Namun kelemahan dari metode ini adalah ketersediaan dari burung cucak rowo tersebut, yang belum tentu tersedia dan dijual oleh para penjual burung tersebut, terutama yang modalnya tidak banyak.

Membeli di Penangkaran

Metode ketiga ini sebenarnya adalah yang paling baik apabila anda ingin mendapatkan burung cucak rowo yang berkualitas dan lebih terjamin, karena biasanya perawatan mereka dilakukan secara profesional, terutama oleh penangkaran yang sudah besar dan terpercaya.

Kelemahannya adalah penangkaran seperti ini umumnya tidak akan bisa dengan mudah anda temukan di lokasi sekitar rumah anda, dan karenanya akan memerlukan ongkos transportasi yang tidak sedikit untuk bisa mengunjungi tempat tersebut.

Belum lagi anda juga harus melihat secara langsung kondisi penangkaran, apakah dikelola dengan baik atau tidak, dan apakah kondisi cucak rowo yang ada di tempat tersebut sehat secara fisik dan dirawat dengan baik atau tidak.

Tujuan Membeli Cucak Rowo

Anda juga harus menentukan apa tujuan anda membeli cucak rowo, apakah hanya sekdar ingin dijadikan burung peliharaan di rumah, atau ingin diikutkan dalam kompetisi-kompetisi kicau, atau anda ingin membangun penangkaran milik anda sendiri.

Jika anda hanya ingin membeli cucak rowo untuk dijadikan peliharaan, tentunya kriteria yang diperlukan tidak akan sulit, yang paling penting adalah kondisi fisik mereka sehat dan anda menyukai bunyi kicauan mereka sehingga bisa menghias rumah anda dengan suaranya yang merdu.

Apabila anda ingin mengikutkan mereka ke dalam kompetisi kicau, pastikan anda mmemilih cucak rowo yang memiliki kualitas suara ropel, tidak engkel, dan juga gacor (cerewet) serta fisiknya baik, dan umumnya sudah berusia dewasa.

Selain itu anda juga bisa membeli anakan yang memang dikhususkan untuk dimaster secara telaten, yang mana anda harus pastikan anakan tersebut memiliki karakter suara yang serupa dengan masteran yang ingin anda gunakan.

Yang paling memerlukan perhatian khusus adalah apabila anda ingin membuka penangkaran milik anda sendiri, karena anda harus memastikan indukan yang anda beli memang berkualitas dari segala segi.

Anda juga harus menyiapkan lokasi penangkaran yang cukup luas dan jauh dari area polusi serta kebisingan, serta membangun kandang yang aman dari serangan binatang lainnya, dan memastikan anda memiliki program perawatan anakan dan juga program karantina bagi cucak rowo yang sakit.

Kedua program tersebut biasanya akan berbentuk kandang terpisah, di mana pada kandang khusus anakan anda akan merawat anakan yang berusia 6 hari hingga berusia 45 hari dan memberinya pakan serta vitamin dan kalsium.

Lalu pada kandang karantina maka anda harus meletakkannya sejauh mungkin dari kandang utama dan kandang anakan sehingga cucak rowo yang sakit tidak bisa menularkan penyakitnya kepada burung yang masih sehat.

Anda juga wajib memperhatikan pakan dan multivitamin yang diberikan kepada burung cucak rowo yang ada di penangkaran tersebut, serta rajin memandikan, menjemur, dan juga memaster mereka supaya kicauannya semakin berkualitas.

Kesimpulan

Dalam membeli cucak rowo, anda perlu memperhatikan beberapa faktor mulai dari ciri-ciri serta kondisi fisik dari cucak rowo tersebut, menentukan tempat di mana anda akan membeli, dan juga apa tujuan anda dalam membeli cucak rowo.

Kesemua hal tersebut akan berpengaruh terhadap kriteria cucak rowo yang anda butuhkan, dan sebesar apa nantinya biaya yang diperlukan untuk merawat burung tersebut, sehingga harus benar-benar anda perhatikan dan pertimbangkan dengan matang.

Pada saat membeli juga anda harus memperhatikan faktor tempat anda akan membeli burung cucak rowo tersebut, karena masing-masing akan memiliki keunggulan serta kelemahannya tersendiri.

Anda juga harus meningkatkan kewaspadaan akan indikasi adanya penipuan yang dilakukan oleh penjual, terutama oleh mereka yang menawarkan burung cucak rowo melalui media online seperti marketplace atau website.

Sebaiknya anda hanya membeli langsung di tempat penjual, sehingga anda bisa melihat sendiri kualitas burung cucak rowo tersebut sehingga kalaupun tertipu itu adalah bagian dari kelalaian diri anda sendiri.

Kami harapkan informasi yang kami berikan mengenai cara dan panduan memilih penjual cucak rowo ini dapat bermanfaat dan bisa anda gunakan sebagai referensi sehingga anda tidak melakukan kesalahan pada saat membeli burung tersebut.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top