Mencari Tahu Mengenai Kehamilan untuk Anda yang Vegan

Mencari Tahu Mengenai Kehamilan untuk Anda yang Vegan

Berikut ini adalah Cari Tahu Mengenai Kehamilan untuk Anda yang Vegan yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Karena veganisme semakin populer, semakin banyak wanita yang memilih makan dengan cara ini, termasuk selama kehamilan.

Pola makan vegan mengecualikan semua produk hewani dan biasanya menekankan makanan utuh seperti sayuran dan kacang-kacangan. Pola makan ini mengenai dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Namun, beberapa orang khawatir bahwa pola makan vegan dapat menyebabkan kekurangan nutrisi yang bisa sangat berbahaya bagi wanita hamil atau bayinya.

Pola makan vegan selama kehamilan bisa aman. Secara historis, pola makan vegan telah dikritik karena kekurangan nutrisi dan tidak sesuai untuk tahap kehidupan yang lebih sensitif, seperti kehamilan.

Ini karena mereka cenderung secara alami rendah nutrisi seperti vitamin B12, lemak omega-3, zat besi, yodium, kalsium, dan zinc, yang semuanya sangat penting selama kehamilan.

Asupan nutrisi yang rendah dapat menyebabkan kekurangan nutrisi, komplikasi kehamilan, dan kesehatan ibu dan bayi yang buruk.

Misalnya, kadar vitamin B12 yang tidak mencukupi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko keguguran, berat badan lahir rendah, kelahiran prematur, atau cacat lahir.

Meskipun demikian, pola makan vegan yang menyediakan nutrisi dalam jumlah yang cukup tampaknya sama sehatnya dengan pola makan konvensional yang mencakup daging, telur, dan susu.

Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengikuti pola makan vegan umumnya tidak memiliki risiko komplikasi kehamilan yang lebih besar daripada wanita yang tidak.

Faktanya, wanita vegan mungkin memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami depresi pasca melahirkan, operasi caesar (C-section), dan kematian ibu atau bayi.

BACA JUGA:  Yang Perlu Anda Tahu Mengenai Memiliki Bayi pada usia 50 Tahun

Hasilnya, beberapa perkumpulan nutrisi di seluruh dunia, termasuk Akademi Nutrisi dan Diet A.S., telah mengeluarkan pernyataan resmi yang mendukung keamanan pola makan vegan untuk semua tahap kehidupan, termasuk kehamilan.

Meski begitu, para ahli sepakat bahwa pola makan vegan yang terencana dengan baik memerlukan pemantauan asupan nutrisi yang cermat, fokus pada makanan yang beragam dan kaya nutrisi, dan penggunaan makanan atau suplemen yang diperkaya.

Pola makan vegan yang seimbang dianggap aman untuk semua periode kehidupan, termasuk kehamilan. Namun, mereka membutuhkan perencanaan yang matang. Pola makan vegan yang direncanakan dengan tepat dapat memberikan manfaat kesehatan bagi Anda dan bayi Anda.

Misalnya, pola makan nabati cenderung kaya serat tapi rendah gula dan lemak. Atribut ini dapat melindungi dari diabetes gestasional atau kadar gula darah tinggi selama kehamilan, serta penambahan berat badan berlebih selama kehamilan.

Terlebih lagi, pola makan vegan yang tinggi sayuran dan kandungan serat dapat cegah preeklamsia; komplikasi yang disebabkan oleh peningkatan tekanan darah selama kehamilan.

Diet vegan bahkan dapat membantu cegah kerusakan DNA dan mengurangi risiko bayi Anda terhadap masalah perkembangan tertentu.

Meskipun demikian, diperlukan lebih banyak penelitian. Penting untuk diingat bahwa manfaat ini hanya berlaku untuk pola makan vegan yang terencana dengan baik yang menyediakan semua nutrisi penting dalam jumlah yang cukup.

Karena itu, wanita yang tertarik mengikuti pola makan vegan selama kehamilan harus mempertimbangkan untuk mencari panduan dari ahli diet terdaftar yang berspesialisasi dalam pola makan nabati. Melakukannya dapat membantu memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang Anda dan bayi Anda butuhkan.

Pola makan vegan yang direncanakan dengan benar dapat melindungi ibu dan bayi dari berbagai komplikasi mengenai kehamilan, termasuk diabetes gestasional dan masalah perkembangan. Anda harus berkonsultasi dengan ahli diet jika Anda ingin mengikuti diet ini saat hamil.

BACA JUGA:  Membongkar Mitos Ibu Sempurna

Diet vegan secara alami rendah nutrisi tertentu, jadi Anda harus merencanakan asupan makanan dengan hati-hati, mengonsumsi suplemen, dan berkonsultasi dengan ahli diet jika Anda berencana mengikuti diet ini saat hamil.

Scroll to Top