8 Tahap Praoperasional Tumbuh Kembang Anak yang Perlu Anda Tahu

8 Tahap Praoperasional Tumbuh Kembang Anak yang Perlu Anda Tahu

Berikut ini adalah 8 Tahap Praoperasional Tumbuh Kembang Anak yang Perlu Anda Tahu yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Tahap praoperasional adalah nama tahap yang menunjukkan apa yang terjadi di sini: “Operasional” mengacu pada kemampuan untuk memanipulasi informasi secara logis. Anak Anda sedang berpikir, tapi mereka belum dapat menggunakan logika untuk mengubah, menggabungkan, atau memisahkan ide.

Jadi itulah yang dikatakan pakar “sebelum” operasional. Mereka belajar tentang dunia dengan mengalaminya, tapi mereka belum dapat memanipulasi informasi yang telah mereka pelajari.

Tahap ini berlangsung dari sekitar usia 2 hingga sekitar usia 7. Balita Anda mencapai tahap pra operasi antara 18 hingga 24 bulan ketika mereka mulai berbicara.

Berikut beberapa ciri tahap praoperasional tahapan tumbuh kembang anak yang perlu Anda ketahui:

1. Egosentrisme

Anda mungkin pernah memperhatikan bahwa anak Anda memikirkan satu hal: dirinya sendiri. Itu sangat normal untuk tahap perkembangan ini. Egosentrisme juga berarti bahwa anak Anda menganggap Anda melihat, mendengar, dan merasakan hal yang sama dengan yang mereka lakukan. Tapi bertahanlah di sana, karena pada saat mereka mencapai usia 4 tahun, memberi atau menerima, mereka akan dapat memahami sesuatu dari sudut pandang Anda.

2. Konsentrasi

Ini adalah kecenderungan untuk fokus hanya pada satu aspek dari suatu situasi pada satu waktu, dan tidak dapat memanipulasi dua aspek secara bersamaan pada waktu yang bersamaan. Saat si kecil tumbuh, mereka akan mengembangkan kemampuan untuk menenangkan diri.

3. Konservasi

Konservasi mengenai dengan sentrasi. Ini adalah pemahaman bahwa kuantitas tetap sama meskipun Anda mengubah ukuran, bentuk, atau wadahnya. Para ahli menemukan bahwa kebanyakan anak tidak dapat memahami konsep ini sebelum berusia 5 tahun.

BACA JUGA:  Cara Menjadi Orangtua Modern

4. Bermain Paralel

Pada awal tahap ini Anda akan melihat bahwa anak Anda bermain bersama anak-anak lain tapi tidak dengan mereka. Jangan khawatir, bukan berarti si kecil antisosial. Mereka hanya asyik dengan dunianya sendiri.

Meskipun anak Anda mungkin berbicara, mereka menggunakan pidatonya untuk mengekspresikan apa yang mereka lihat, rasakan, dan butuhkan. Mereka belum menyadari bahwa pidato adalah alat untuk bersosialisasi.

5. Representasi Simbolik

Selama periode awal pra operasi, antara usia 2 dan 3 tahun, anak Anda akan mulai menyadari bahwa kata dan benda adalah simbol dari sesuatu yang lain.

6. Berpura-pura

Saat anak Anda berkembang dalam tahap ini, mereka akan beralih dari bermain paralel ke melibatkan anak-anak lain dalam game. Saat itulah game “mari berpura-pura” terjadi. Permainan berpura-pura vChildren membantu mereka perkuat konsep yang mereka kembangkan secara kognitif.

7. Artificialism

Ini sebagai anggapan bahwa segala sesuatu yang ada pasti dibuat oleh makhluk hidup, seperti Tuhan atau manusia. Makhluk ini bertanggung jawab atas kualitas dan gerakannya. Dengan kata lain, di mata anak Anda, hujan bukanlah fenomena alam, seseorang membuat hujan.

8. Irreversibility

Ini adalah tahap di mana anak Anda tidak dapat membayangkan bahwa urutan peristiwa dapat dibalik ke titik awalnya.

Scroll to Top