5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Analisis Perilaku Terapan pada Perawatan Autisme

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Analisis Perilaku Terapan pada Perawatan Autisme

Berikut ini adalah 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Analisis Perilaku Terapan pada Perawatan Autisme yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Gangguan spektrum autisme adalah suatu kondisi yang mempengaruhi cara seseorang:

– Berperilaku
– Bersosialisasi
– Berinteraksi dengan orang lain

Dulu penyakit ini dipecah jadi gangguan yang berbeda seperti sindrom Asperger. Sekarang, penyakit ini diperlakukan sebagai kondisi dengan spektrum gejala dan tingkat keparahan yang luas.

Meskipun sekarang disebut gangguan spektrum autisme, banyak orang masih menggunakan istilah “autisme”.

Tidak ada obat untuk autisme, tapi beberapa pendekatan dapat membantu meningkatkan fungsi sosial, pembelajaran, dan kualitas hidup anak-anak dan orang dewasa dengan autisme.

Penting juga untuk diingat bahwa banyak penelitian tentang pengobatan autisme berfokus pada anak-anak.

Hal ini sebagian besar karena penelitian yang ada menunjukkan bahwa pengobatan paling efektif jika dimulai sebelum usia 3 tahun. Akan tapi, banyak perawatan yang dirancang untuk anak-anak dapat membantu orang dewasa juga.

Salah satunya adalah dengan Analisis perilaku terapan (ABA – Applied Behavior Analysis) yang adalah salah satu perawatan autisme yang paling luas dan paling efektif digunakan untuk orang dewasa dan anak-anak.

Ini mengacu pada serangkaian teknik yang dirancang untuk mendorong perilaku positif menggunakan sistem penghargaan.

Ada beberapa teknik dan pendekatan dalam ABA, yaitu:

1. Pelatihan Uji Coba Diskrit

Teknik ini menggunakan serangkaian uji coba untuk mendorong pembelajaran selangkah demi selangkah. Perilaku dan jawaban yang benar dihargai, dan kesalahan diabaikan.

2. Intervensi Perilaku Intensif Dini

Anak-anak, umumnya di bawah usia 5 tahun, bekerja berdua dengan terapis atau dalam kelompok kecil. Biasanya dilakukan selama beberapa tahun untuk membantu anak mengembangkan keterampilan komunikasi dan mengurangi perilaku bermasalah, termasuk agresi atau melukai diri sendiri.

BACA JUGA:  Mencari Tahu Mengenai Jadwal Poop yang Normal untuk Bayi yang Disusui

3. Pelatihan Respon Penting

Ini adalah strategi yang digunakan dalam lingkungan sehari-hari seseorang yang mengajarkan keterampilan penting, seperti motivasi untuk belajar atau memulai komunikasi.

4. Intervensi Perilaku Verbal

Seorang terapis bekerja dengan seseorang untuk membantu mereka berkomunikasi dan menggunakan bahasa dalam berbagai situasi.

5. Dukungan Perilaku Positif

Ini melibatkan membuat perubahan lingkungan pada kelas atau rumah untuk menghargai perilaku yang baik.

Scroll to Top