Cerai Tidak Baik-baik?! Ini Dia 5 Langkah Mudah Berbagi Anak dengan Eks Pasangan

Cerai Tidak Baik-baik?! Ini Dia 5 Langkah Mudah Berbagi Anak dengan Eks Pasangan

Berikut ini adalah Cerai Tidak Baik-baik?! Ini Dia 5 Langkah Mudah Berbagi Anak dengan Mantan Pasangan yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Rencana pengasuhan bersama mungkin memungkinkan beberapa fleksibilitas, tapi rencana pengasuhan paralel sangat tepat diterapkan untuk menghindari komunikasi antara orangtua (yang masih kesal dengan mantan pasangannya) sebanyak mungkin.

Pengasuhan paralel dalam situasi yang tidak bersahabat meminimalkan jumlah interaksi antara Anda dan mantan. Dan dengan lebih sedikit interaksi, Anda cenderung tidak saling gugup dan bertengkar di hadapan anak-anak Anda.

Langkah 1: Tentukan bagaimana Anda akan membagi waktu dengan anak-anak

Ini melibatkan secara khusus menyatakan hari apa anak-anak Anda akan bersama salah satu orangtua dan hari apa mereka akan bersama yang lain. Anda juga dapat memasukkan detail tentang tempat mereka akan menghabiskan liburan dan bahkan ulang tahun.

Langkah 2: Tentukan waktu mulai dan waktu berakhir untuk setiap kunjungan

Agar tidak ada kesalahpahaman atau kebingungan, rencana pengasuhan paralel juga harus mencakup waktu penjemputan dan pengantaran khusus untuk setiap orang tua. Misalnya, ibu mungkin menyuruh anak-anak mulai Minggu malam jam 7 malam. melalui drop-off sekolah hari Jumat, dan ayah mungkin meminta mereka memulai setelah sekolah pada hari Jumat sampai jam 7 malam pada hari Minggu.

Langkah 3: Tentukan lokasi penjemputan dan pengantaran

Tujuannya untuk membatasi komunikasi antar orangtua. Jadi pilihlah lokasi pengantaran dan penjemputan yang netral. Ini bisa jadi tempat parkir di antara kedua rumah di mana anak-anak dapat dengan cepat berpindah dari satu mobil ke mobil lainnya.

Bergantung pada tingkat permusuhan, Anda bahkan mungkin ingin mengatur supaya orang lain mengantar anak-anak antar rumah.

BACA JUGA:  Kondisi Kesehatan Mental yang Sulit Terdiagnosa

Langkah 4: Diskusikan bagaimana Anda akan menangani pembatalan

Pembatalan akan terjadi, jadi buat garis besar rencana untuk menangani situasi ini. Jelaskan dengan jelas apakah orangtua akan diizinkan untuk mengisi waktu mereka. Jika demikian, rencana tersebut harus menjelaskan kapan mereka sanggup melakukannya.

Misalnya, orangtua mungkin menerima satu hari ekstra selama seminggu, atau menghabiskan hari libur ekstra atau liburan bersama anak.

Langkah 5: Buat rencana untuk menangani sengketa

Ketika rencana pengasuhan paralel berhasil, perselisihan ditekan seminimal mungkin. Namun tidak ada rencana yang sempurna, apalagi jika salah satu orangtua sulit.

Jika Anda melihat adanya masalah, mintalah pengadilan untuk menunjuk seorang mediator, daripada berdebat bolak-balik. Anda dapat menjadwalkan pertemuan dengan mediator Anda untuk mengatasi konflik tersebut.

Mengasuh secara paralel dapat jadi cara terbaik untuk melindungi anak-anak dan melindungi mereka dari pertengkaran dan permusuhan tanpa akhir. Strategi ini biasanya direkomendasikan ketika orangtua tidak dapat berinteraksi secara damai.

Dan meskipun hal itu mendorong keterpisahan, hal itu juga memberikan masa tenang di mana orangtua dapat mengatasi amarah dan rasa sakit hati mereka, dan pada akhirnya, semoga dapat mengembangkan hubungan pengasuhan bersama yang sehat.

Scroll to Top