Tips Nyaman Memulai Jadwal Makan dan Tidur untuk Bayi

Tips Nyaman Memulai Jadwal Makan dan Tidur untuk Bayi

Berikut ini adalah Tips Nyaman Memulai Jadwal Makan dan Tidur untuk Bayi yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Anak Anda secara alami akan mulai mengikuti pola makan saat perut mereka tumbuh dan mereka dapat mengonsumsi lebih banyak ASI atau susu formula sekaligus. Ini mungkin mulai terjadi antara usia 2 dan 4 bulan.

Untuk saat ini, fokuslah untuk mempelajari isyarat lapar bayi Anda, seperti:

– Rooting di sekitar dada Anda, mencari puting
– Mengepalkan tangan mereka, dan memasukannya ke mulut
– Mengecap atau menjilat bibir mereka
– Rewel yang dapat meningkat ke tantrum 

Jangan menunggu sampai bayi Anda lapar untuk memberinya makan. 

Setelah bayi Anda berusia beberapa bulan, Anda mungkin dapat memperkenalkan jadwal tidur dan menyusu yang sesuai untuk Anda.

Misalnya, anak Anda yang berusia 4 bulan bangun setiap 5 jam untuk makan. Itu berarti jika Anda menyusu pada jam 9 malam, bayi Anda bangun sekitar jam 2 pagi. Namun jika Anda bangun dan memberi makan bayi pada jam 11 malam, tepat sebelum Anda pergi tidur, mereka mungkin tidak bangun sampai jam 4 pagi, memberi Anda kesempatan untuk memejamkan mata di malam hari.

Bagaimana jika bayi Anda masih lapar? Secara umum, jika bayi Anda tampak lapar, beri makan. Bayi Anda secara alami akan makan lebih sering selama percepatan pertumbuhan, yang biasanya terjadi sekitar usia 3 minggu, 3 bulan, dan 6 bulan.

Beberapa bayi juga akan “menyusu berkelompok”, yang berarti mereka akan menyusu lebih sering selama periode tertentu dan lebih sedikit pada periode lain. 

Misalnya, bayi Anda mungkin menyusu pada sore dan malam hari dan kemudian tidur lebih lama di malam hari. Ini lebih sering terjadi pada bayi yang disusui daripada bayi yang diberi susu formula.

BACA JUGA:  Cara Mengurangi Risiko Paparan Virus pada Anak-anak

Khawatir tentang overfeeding? Meskipun hal ini tidak mungkin dilakukan dengan bayi yang mendapat ASI eksklusif, Anda dapat memberi ASI berlebihan pada bayi yang menggunakan botol, terutama jika mereka menghisap botol untuk kenyamanannya. 

Ikuti petunjuk lapar mereka, tapi bicarakan dengan dokter anak Anda jika Anda khawatir si kecil akan makan berlebihan.

Scroll to Top