5 Cara Membangun Ikatan Antara Ayah dengan Bayi

5 Cara Membangun Ikatan Antara Ayah dengan Bayi

Berikut ini adalah Untuk Ayah, Inilah 5 Cara Membangun Ikatan Dengan Bayi yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Foto : The New York Times

Apakah Anda di rumah bersama keluarga penuh waktu, menyesuaikan waktu berkualitas di malam hari atau di akhir pekan, atau sekadar ayah yang berjuang untuk memiliki ikatan dengan bayi, inilah cara Anda dapat terhubung dengan bayi baru lahir Anda:

1. Jangan Meremehkan Pentingnya Pelukan

Kontak tatap muka itu sangat penting; neuron otak pada anak bekerja keras untuk mencoba mengambil isyarat dan belajar meniru Anda dan memahami reaksi Anda. Perasaan aman yang diberikan kedekatan sama pentingnya; jika Anda dapat lakukan sesi meringkuk bersama dengan bayi Anda bersandar di dada Anda, bahkan lebih baik.

2. Ambil Shift Malam

Mengizinkan pasangan Anda untuk tidur lebih banyak baik untuk seluruh rumah tangga, jadi turunlah dari tempat tidur jika ada kesempatan untuk memberi susu botol atau menenangkan. Mungkin sulit untuk menghargai ini ketika Anda grogi, tapi cobalah untuk menikmatinya.

3. Ganti Popok dan Memberi Susu

Habiskan waktu tenang berkualitas dengan bayi saat Anda memberinya susu botol. Bahkan, Anda mungkin jadi yang terbaik untuk pekerjaan itu karena Ayah cenderung lebih berhasil mendapatkan bayi yang disusui sesekali mengambil botol, karena bayi yang disusui kadang-kadang mencium aroma susu pada ibu mereka. Dan kadang-kadang, bayi bangun dan berpikir mereka perlu makan, padahal sebenarnya mereka hanya perlu digoyang atau ditidurkan kembali.

4. Miliki Waktu Berkualitas Bersama Bayi Anda

Sepatah kata bijak: Bayi biasanya dalam suasana hati yang lebih baik di pagi hari daripada selama jam-jam malam yang mempesonakan ketika Anda pulang dari kantor. Pikirkan pagi hari sebagai waktu spesial Anda sebagai gantinya: Tawarkan untuk mengambil bayi setelah sarapan dan biarkan pasangan Anda tidur lebih panjang.
 
Tentu, Anda memiliki hari kerja yang sibuk di depan, tapi tidak ada alasan Anda tidak bisa membiasakan sarapan sambil mengenakan bayi di gendongan atau gendongan, atau menyeret kursi goyang ke dapur. Anda bahkan dapat mengatur kursi goyang di kamar mandi saat Anda mandi (amankan bayi Anda di tali dan biarkan tirai mandi sedikit terbuka sehingga Anda dapat mengawasi mereka). 

BACA JUGA:  Anak Obesitas Berisiko Terkena Depresi dan Stres Saat Dewasa

Dengan cara ini, Anda terikat dengan sahabat karib baru Anda dan membangun niat baik dengan pasangan Anda yang sedikit lebih banyak beristirahat pada saat yang bersamaan.

5. Tenangkan Bayi

Ikatan dengan bayi Anda ketika mereka bahagia dan manis itu bagus secara teori, tapi itu bukan kenyataan. Ikatan juga tentang kapan bayi menangis. Kemampuan Anda untuk bersaing dengan saat-saat yang menantang sangat penting untuk jadi orangtua yang percaya diri, jadi belajarlah untuk tidak takut dalam menghadapi kerewelan.

Mungkin hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun jangan segera menyerahkan bayi itu pada pasangan Anda; alih-alih, bertekad untuk memancarkan sikap tenang.

Anda mungkin harus berkreasi dengan wajah atau lagu konyol. Beberapa bayi puas dengan white noise (seperti pengering rambut atau kipas kompor). Meskipun begitu percayalah, kesabaran dan selera humor yang Anda miliki selama beberapa bulan pertama ini sebagai seorang ayah juga akan berguna dalam satu atau dua tahun, ketika Anda harus jadi ahli dalam mengarahkan dan membelokkan kemarahan epik balita.

Scroll to Top