Awas, 6 Hal Ini Bisa Sebabkan Bulu Mata Mudah Rontok

Awas, 6 Hal Ini Bisa Sebabkan Bulu Mata Mudah Rontok

Berikut ini adalah Awas, 6 Hal Ini Bisa Sebabkan Bulu Mata Mudah Rontok yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Foto: Amanda Dalbjörn/Unsplash

Kerontokan pada bulu mata tentunya adalah hal yang menyebalkan, meskipun kita terbiasa menggunakan bulu mata palsu sehari-harinya. Terkadang malah kita berusaha keras merawat bulu mata alami kita supaya tampak lentik dan menawan, tapi tetap mengalami kerontokan.

Yang perlu diketahui, kerontokan pada bulu mata tersebut sebenarnya bukan tanpa sebab, karena bisa jadi kebiasaan kita sendiri-lah yang menyebabkan kerontokan itu terjadi. Beberapa diantara kebiasaan buruk yang jadi penyebab bulu mata rontok antara lain adalah sebagai berikut:

1. Tidak hati-hati saat mencabut bulu mata palsu

Banyak dari kita yang sering mencabut bulu mata palsu sembarangan dan tidak menggunakan produk yang khusus ditujukan untuk menghapus riasan mata dan juga bulu mata palsu. Kebiasaan ini apabila dilakukan terlalu sering dan ‘kasar’ akan dapat menyebabkan kerontokan.

2. Tidur sambil mengenakan riasan mata

Partikel yang ada di dalam maskara dan eye-shadow apabila dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan penyumbatan pada akar atau folikel dari bulu mata, yang menyebabkan bulu mata jadi mudah rontok. Tidur tanpa membersihkan riasan mata akan dapat menyebabkan hal itu terjadi, sehingga sebaiknya jangan dilakukan.

3. Tidak menggunakan kondisioner untuk bulu mata

Sama seperti perawatn rambut, bulu mata juga memiliki kondisioner-nya sendiri yang biasanya berbentuk serum. Gunakan serum tersebut supaya bulu mata lebih kokoh, nampak tebal, dan tidak mudah rontok.

4. Tidak memasang bantalan karet pada alat pengeriting bulu mata

BACA JUGA:  7 Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan Kulit

Pengeriting bulu mata yang bantalan karetnya telah aus, rusak, ataupun terlepas, sebaiknya tidak digunakan lagi, karena akan meningkatkan risiko terpotongnya bulu mata sampai ke akarnya. Jangan lupa juga untuk sering mengganti bantalan karet tersebut karena bisa jadi sarang bakteri apabila telah terlalu lama.

5. Sering mengucek mata

Kebiasaan mengucek mata yang berlebihan juga akan meningkatkan risiko kerontokan, karena pada dasarnya bulu mata itu sangat lembut dan rapuh, sehingga adanya gesekan yang keras akan dapat menjadikan bulu mata terlepas.

6. Ada gangguan pada kesehatan

Beberapa gangguan kesehatan juga dapat menyebabkan rontoknya bulu mata. Apabila Anda merasa ini yang jadi masalah, dan terutama apabila telah menghindari 5 hal di atas Akan Namun bulu mata tetap rontok, segera konsultasikan ke dermatologis atau ahli medis supaya bisa segera dilakukan diagnosa.

Scroll to Top