4 Cara Untuk Mencegah Terjadinya Keriput pada Kulit Wajah

4 Cara Untuk Mencegah Terjadinya Keriput pada Kulit Wajah

Berikut ini adalah 4 Cara Untuk Mencegah Terjadinya Keriput pada Kulit Wajah yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Bukan rahasia lagi bahwa seiring bertambahnya usia, maka keriput pasti akan datang menghantui. Dalam satu abad terakhir saja telah banyak bermunculan produk maupun perawatan dan metode yang dikatakan untuk cegah tanda-tanda awal penuaan. Bagi wanita dari segala usia, mencari cara supaya tampak awet muda bebas dari keriput akan jadi pencarian tiada akhir.

Apabila Anda termasuk ke dalam kategori seseorang yang sangat ingin terhindar dari keriput yang muncul terlalu cepat, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Selalu dan selalu lindungi kulit dari sinar matahari

Hal yang paling utama dan tidak boleh dilalaikan adalah menghindari kulit dari sengatan matahari, dengan menggunakan tabir surya. Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk cegah keriput, tanda-tanda awal penuaan dan kanker adalah memakai tabir surya. Bahkan, tidak ada gunanya menggunakan krim atau lakukan jenis prosedur apa pun jika Anda tidak menerapkan rutinitas anti-penuaan yang sangat mendasar dan sederhana ini.

2. Pusatkan perhatian pada Antioksidan dan alpha hydroxy acids (AHA)

Setelah rutin mengenakan tabir surya, langkah selanjutnya adalah memilih produk anti-penuaan semenjak dini di usia 20-an. Gunakan produk-produk yang sarat akan antioksidan, misalnya serum vitamin C, dan juga yang mengandung AHA yang memang baik untuk kulit.

Keduanya akan melindungi Anda dari kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas dan juga dapat membalikkan efek kerusakan kulit sambil menjaga supaya kerutan akan muncul lebih lama, dikarenakan keduanya bekerja untuk mengelupas sel-sel kulit mati, mengurangi kerusakan yang ada dan merevitalisasi lapisan kulit yang lebih dalam.

BACA JUGA:  Belajar Mendidik Anak dari Blake Lively dan Ryan Reynolds

3. Gunakan juga Retinol atau tretinoin (Retin-A)

Mulai dari usia 20-an, produksi kolagen akan semakin berkurang, dan juga kelembapan kulit serta kelenturannya juga akan semakin menurun, sehingga kulit akan menipis dan mudah berkerut. Untuk membantu supaya penggunaan produk anti penuaan semakin efektif, pilih produk yang mengandung Retinol atau tretinoin, yang adalah bentuk aktif dari vitamin A yang awalnya diperkenalkan hanya sebagai obat jerawat saja. Zat ini akan merangsang produksi kolagen, mempercepat pergantian sel mati, dan mengelola siklus hidup sel.

4. Lakukan Botox secukupnya

Meskipun banyak yang mengira suntik Botox adalah hal yang buruk, tapi tidak demikian kenyataannya, dan bahkan penggunaannya bisa untuk membantu menyembuhkan penyakit kulit tertentu. Pada wanita usia 40-an, keriput akan semakin sulit dihindari, sehingga penggunaan Botox bisa dianjurkan pada area-area yang keriput.

Tapi ingat, Botox itu apabila dilakukan secukupnya dan dengan metode yang benar, tidak akan membuat wajah jadi berubah, dan hanya meghilangkan kerutan dan keriput saja. Jadi kalau Anda menggunakan Botox sampai ke tahap muka terasa kaku dan sulit digerakkan, itu adalah metode yang tidak dianjurkan.

Scroll to Top