10 Cara Ampuh Menjinakkan Rambut yang Sulit Diatur

10 Cara Ampuh Menjinakkan Rambut yang Sulit Diatur

Berikut ini adalah 10 Cara Ampuh Menjinakkan Frizzy Hair yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Hampir semua dari kita berjuang keras untuk mengatasi frizzy hair. Tetapi bahkan saat Anda menggunakan produk anti-kusut, terkadang tidak ada yang berhasil. 

Salah satu kemungkinan penyebab kegagalan produk adalah menunggu terlalu lama untuk mengaplikasikannya setelah mandi, yang memungkinkan helaian rambut mulai terbentuk, terutama jika mandi dengan air panas.

Faktor lain, rambut Anda mencapai sumber air terdekat di udara. Efeknya adalah rambut kusut yang dapat merusak bahkan tampilan kecantikan terbaik. 

Meskipun Anda tidak dapat menghilangkan kelembapan, Anda dapat memberikan kelembapan yang cukup pada rambut Anda sehingga rambut tidak perlu mencarinya di tempat lain.

Stephen Thevenot, seorang penata rambut yang berbasis di New York di Eva Scrivo Salon berbagi tips mengatasi rambut kusut:

1. Mulailah dengan Potongan Rambut yang Baik

Singkirkan jalan buntu yang kering. Ujung rambut bercabang dapat menjalar ke atas untai menyebabkan lebih banyak kerusakan dan kusut, jadi sebaiknya potong rambut saat Anda mulai melihat rambut berjumbai. Jika Anda tinggal di daerah dengan kelembaban tinggi, Thevenot merekomendasikan potongan rambut dengan garis-garis tumpul. Ini membantu menjaga berat pada potongan rambut, yang juga membantu menjaga rambut tetap tergerai.

2. Turunkan Suhu

Meskipun mandi air panas mungkin terasa nyaman untuk otot Anda, hal itu tidak banyak membantu rambut Anda. Suhu air dapat menyebabkan kutikula naik, dan saat kutikula terangkat, rambut membutuhkan lebih banyak kelembapan. Itu tidak berarti Anda harus menderita melalui pancuran yang menggigil: Cukup putar kenop ke bawah satu atau dua takik supaya pancuran Anda hangat, tapi tidak mengepul.

BACA JUGA:  Pentingnya Pertemuan Keluarga Inti yang Rutin

3. Cuci dengan Baik

Produk dengan kandungan alkohol tinggi cenderung membuat rambut mengalami dehidrasi sehingga menyebabkan rambut mencari kelembapan. Untuk mengurangi kusut, gunakan sampo dengan bahan pelembab seperti gliserin, yang adalah pelembab yang bagus, yang berarti menyerap kelembapan ekstra di udara untuk membuat lapisan pelindung pada untaian rambut.

4. Kondisi

Anda mungkin berpikir Anda perlu keramas setiap kali mandi, tapi kenyataannya tidak demikian. Bahkan sampo terbaik untuk mengatasi rambut kusut masih dapat menghilangkan minyak alami dan pelembab rambut Anda. Sebaliknya, bergantian antara menggunakan sampo dan kondisioner satu hari dan hanya menggunakan kondisioner di hari berikutnya untuk mengunci kelembapan alami Anda. Juga, pastikan untuk hanya mengkondisikan dari tengkuk hingga ujung untaian Anda untuk menghindari kulit kepala yang berminyak.

5. Tutupi Rambut Keriting

Kasus rambut kusut yang serius membutuhkan solusi yang sangat kuat. Seminggu sekali gunakan masker rambut pelembab melalui surai Anda. Bahan-bahan seperti minyak kelapa, minyak argan, dll, dapat memberikan keajaiban bagi rambut Anda.

6. Kurangi Friksi

Menggosokkan handuk secara agresif ke rambut akan merusak kutikula. Sebagai gantinya, keringkan rambut Anda dengan serban handuk untuk cegah gesekan kusut. Anda juga dapat mengurangi gesekan dengan menukar sarung bantal katun dengan sarung bantal sutra. Kain yang licin memungkinkan kutikula rambut meluncur melintasi sarung bantal daripada tersangkut olehnya.

Jika Anda mandi di malam hari atau hanya ingin mempertahankan hasil rambut yang sempurna untuk rambut hari kedua, coba tarik kembali rambut Anda jadi bentuk sanggul yang longgar. Ini membantu cegah rambut Anda bergerak-gerak saat Anda bergerak-gerak dan cegah kusut di pagi hari. Ketika tiba waktunya untuk menyikat rambut, buang sikat biasa dan pilih sisir bergigi lebar. Bulu yang lebih sedikit berarti lebih sedikit gesekan pada rambut Anda dan lebih sedikit kerusakan akibat memaksa kusut tebal melalui deretan bulu.

BACA JUGA:  Bolehkah Membersihkan Muka Memakai Sabun Mandi

7. Terapkan Stylers Secara Strategis

Cara terbaik untuk menjaga rambut Anda supaya tidak kusut adalah dengan mengunci kelembapan segera setelah Anda mandi dengan menyisir rambut tanpa bilas. Carilah produk yang mengandung minyak dan silikon, yang membangun penghalang pada rambut, membantu menjaga kelembapan udara supaya tidak masuk ke bawah kutikula.

8. Lindungi Helai dari Panas

Minimalkan penggunaan alat panas pada rambut Anda, tapi pada hari-hari ketika Anda tidak dapat menggunakan alat pengeriting rambut, dia menyarankan Anda menggunakan pelindung panas untuk mengurangi kerusakan pada rambut Anda. Sebagian besar semprotan yang berfungsi memiliki pelindung panas bawaan serta anti-humektan.

9. Sebarkan Ikal Anda

Jika Anda memiliki rambut keriting atau bergelombang, pengering rambut mungkin adalah musuh terbesar Anda, tapi dengan sedikit modifikasi, alat ini bisa jadi teman terbaik Anda untuk melawan keriting. Cukup pasangkan diffuser ke depan dan kerut rambut Anda dari ujung ke akar sambil menunggu setiap bagian mengering. Pengering rambut biasa mengibaskan rambut, menyebabkan gesekan dan kusut, diffuser membantu Anda mengeringkan rambut tanpa semua gerakan itu sehingga ikal Anda bisa memantul, tidak berjumbai.

10. Sikat Rambut Keriting

Setelah rambut Anda kering dan ditata, rambut Anda mungkin masih kusut. Untuk mengaturnya, semprotkan tongkat maskara bersih atau sikat gigi dengan hairspray bebas alkohol sebelum menyisirnya ke rambut Anda. Bulu yang rapat membuat alat ini mengunci dengan sempurna setiap rambut pada tempatnya untuk membuat sanggul ramping atau kuda poni tinggi yang menarik rambut Anda keluar dari wajah dan bertahan sepanjang hari.

Scroll to Top