6 Tips Menghilangkan Komedo Putih pada Wajah

6 Tips Menghilangkan Komedo Putih pada Wajah

Berikut ini adalah 6 Tips Mudah Menghilangkan Komedo Putih yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Jerawat datang dalam berbagai bentuk. Dan untuk setiap jenis jerawat makan membutuhkan perawatan yang berbeda. Tentu, ada ramuan klasik yang cenderung bekerja secara umum, tapi cara Anda menangani komedo akan berbeda dari cara Anda menangani jerawat.

Jadi jika Anda menemukan bahwa masalah utama jerawat Anda adalah komedo putih, juga disebut komedo tertutup, Anda dapat menyesuaikan rutinitas harian Anda untuk cegah dan merawat jerawat yang mengganggu dan sering disalahpahami ini.

Berikut beberapa saran terbaik yang disetujui oleh dokter kulit yang telah dikurasi di luar sana; tetap berpegang pada tip ini untuk mendapatkan kulit bersih:

1. Eksfoliator Kimia Adalah Teman Anda

“Whitehead atau komedo putih adalah pori-pori yang tersumbat di mana bahan yang tersumbat seperti sebum dan sel-sel mati tua memenuhi pori-pori dan menonjol keluar,” menunjukkan benjolan berwarna putih atau daging, kata dokter kulit bersertifikat Morgan Rabach, MD, salah satu pendiri LM NYC medis.

Jadi cara paling efektif untuk mengobatinya adalah dengan mengelupas sel kulit mati. Ini memastikan pori-pori tidak tersumbat semenjak awal. Eksfoliator kimiawi yang paling umum adalah asam hidroksi (hydroxy acids). Carilah asam salisilat penghilang minyak, pilihan yang bagus jika komedo putih Anda datang dengan zona-T yang mengilap. Atau pilihlah asam glikolat dan laktat (glycolic and lactic acid), yang cenderung lebih melembapkan, jika Anda memiliki kulit sensitif.

“Mungkin diperlukan empat hingga enam minggu untuk melihat hasil dengan perawatan topikal ini, dan seluruh wajah harus dirawat, bukan hanya perawatan di tempat,” kata dokter kulit bersertifikat Nadia Kihiczak, M.D., dari Spring Street Dermatology di New York City. Tetapi, dia mencatat, “kekeringan, iritasi, dan kemerahan bisa jadi efek samping yang umum dari perawatan ini.” Pastikan untuk menggunakan krim yang menenangkan juga.

BACA JUGA:  Ajari Anak Cinta Lingkungan dengan Lego

2. Cuci Wajah Anda Dua Kali Sehari

Sepertinya nasihat sederhana tapi layak untuk diulang. Anda perlu mencuci muka siang dan malam, catat Rabach. Sekarang, mencuci muka saja tidak akan menyembuhkan kasus jerawat sedang hingga parah, tapi akan menghilangkan kelebihan sebum, riasan, kotoran, dan berbagai kotoran dari wajah Anda, sehingga mengurangi kemungkinan pori-pori tersumbat. Pencegahan adalah obat terbaik.

Sedangkan untuk pembersih wajah tertentu, itu turun ke beberapa faktor yang meringankan. Ada preferensi pribadi Anda, tentu sebagian orang menyukai oil cleanser, sementara yang lain menyukai krim. Tetapi masalah yang lebih mendesak adalah jenis aktif apa yang akan Anda gunakan di tempat lain dalam rutinitas Anda? Jika Anda berpegang pada nilai minimum (pembersih wajah dan pelembab), maka pembersih wajah adalah cara yang bagus untuk menambahkan salah satu asam hidroksi. 
Tetapi, jika Anda memilih untuk menggunakan exfoliant kimiawi dalam bentuk serum atau perawatan, Anda juga tidak boleh menggunakannya dalam pembersih karena terlalu keras; sebaliknya, pilihlah opsi yang lembut dan menenangkan.

3. Pertimbangkan Masker Pembersih Pori

Untuk kepuasan yang lebih cepat, gunakan masker pembersih pori. Arang aktif (activated charcoal) dan lempung (clays) cenderung jadi favorit: Mereka bekerja dengan menarik dan menyerap minyak dan kotoran dari pori-pori, yang kemudian dibersihkan saat Anda melepas masker. 

Anda juga dapat mencari masker dengan bahan keratolitik: “Agen keratolitik memecah keratin dan dapat membuka pori-pori serta memungkinkan drainase sebum, sehingga cegah pembentukan benjolan ini,” kata Kihiczak, yang mencatat bahwa belerang (sulfur) adalah pilihan yang populer.

4. Jangan Mencet Komedo di Rumah; Serahkan Ekstraksi pada Profesional

“Anda ingin menghindari memetik atau memeras whitehead sendiri karena Anda sebenarnya dapat memperburuknya,” kata dokter kulit bersertifikat Bradley Bloom, M.D., dari Pusat Bedah Laser & Kulit New York. Mungkin Anda tergoda untuk memencetnya; benjolan itu hanyalah benjolan kecil, tapi mengorek kulit dapat menyebabkan jaringan parut.

BACA JUGA:  7 Kesalahan Pemakaian Celana Dalam, Dapat Ganggu Kesehatan!

Hal ini sangat mengkhawatirkan mengingat komedo putih adalah jerawat yang tidak meradang, dan karenanya biasanya tidak memiliki bekas luka sendiri. Anda menciptakan kerusakan jangka panjang yang tidak akan terjadi sebaliknya. Jika kulit Anda terasa sesak, kunjungi ahli perawatan kulit Anda untuk ekstraksi yang tepat.

5. Hindari Perawatan Kulit dan Makeup Komedogenik

Komedo Anda mungkin berasal dari bahan komedogenik. Pada dasarnya jika suatu bahan sangat oklusif, mungkin dianggap lebih mudah menyumbat pori-pori. Beberapa contohnya adalah minyak mineral, lilin, dan mentega alami. Jika produk Anda mengandung konsentrasi tinggi dari bahan-bahan tersebut, maka pori-pori Anda mungkin terperangkap, sehingga kemungkinan besar terjadi penumpukan. Beralih ke opsi yang lebih baik bagi kulit untuk bernapas.

6. Pertimbangkan Retinol

Last but not least: Pertimbangkan retinol. “Retinol dan retinoid meningkatkan proses pergantian normal kulit untuk cegah sel-sel kulit mati menumpuk di pori-pori,” kata dokter kulit bersertifikat Daniel Belkin, M.D., dari Pusat Bedah Laser & Kulit di New York.

Ada juga alternatif retinol atau retinol untuk dicoba. Anda bisa mendapatkan resep untuk sesuatu seperti Retin-A atau tretinoin, mendapatkan retinol OTC yang lebih lembut yang mungkin disangga dengan bahan-bahan yang menghidrasi juga, atau coba bakuchiol alternatif tanaman, yang bekerja sama bila dioleskan secara topikal.

“Penting juga untuk memahami bahwa retinoid membutuhkan waktu untuk bekerja, dan Anda harus memulainya dengan lambat atau Anda akan menyebabkan peradangan. Pada pasien yang tidak dapat menggunakan retinoid karena berbagai alasan (seperti kehamilan atau kulit yang sangat sensitif), kami dapat mempertimbangkan alternatif seperti asam azelaic topikal, “kata Bloom.

Dengan alat dan pengetahuan yang tepat, menghilangkan komedo putih biasa bisa jadi mudah. Tetap berpegang pada rutinitas perawatan kulit yang solid dan lakukan beberapa aktivitas ekstra dan Anda mungkin akan melihat kulit Anda mulai bersih. Jika tidak, kunjungi dokter kulit Anda, yang dapat membantu.
 

Scroll to Top