Perawatan Rumahan untuk Membantu Mengatasi Jerawat Kepada Bayi

Perawatan Rumahan untuk Membantu Mengatasi Jerawat Kepada Bayi

Berikut ini adalah Perawatan Rumahan untuk Membantu Mengatasi Jerawat Pada Bayi yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Jerawat pada bayi adalah kondisi kulit yang umum dan biasanya bersifat sementara yang berkembang di wajah atau tubuh bayi. Ini menghasilkan benjolan atau jerawat kecil berwarna merah atau putih. 

Di hampir semua kasus, jerawat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Akan tapi beberapa bayi dapat memiliki jerawat yang bertahan selama berbulan-bulan.

Sambil menunggu jerawat bayi Anda hilang, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menjaga kulit tetap sehat.

1. Jaga Kebersihan Wajah Bayi Anda

Cuci wajah bayi Anda setiap hari dengan air hangat. Waktu mandi adalah waktu yang tepat untuk lakukan ini. Anda bahkan tidak perlu menggunakan apa pun kecuali air, tapi jika ingin, carilah sabun lembut atau pembersih bebas sabun. Jangan ragu untuk meminta rekomendasi dari dokter anak. Produk bebas pewangi paling kecil kemungkinannya untuk mengiritasi kulit bayi Anda.

2. Hindari Penggunaan Produk yang Keras

Produk dengan retinoid, yang berhubungan dengan vitamin A, atau eritromisin, biasanya digunakan untuk jerawat dewasa. Akan tapi, biasanya tidak disarankan untuk bayi. Jangan gunakan sabun beraroma, mandi busa, atau jenis sabun lain yang mengandung bahan kimia berlebihan.

3. Hindari Lotion

Lotion dan krim dapat memperparah kondisi kulit bayi dan memperparah jerawat.

4. Jangan Digosok

Menggosok kulit dengan handuk bisa semakin memperburuk kondisi kulit. Sebagai gantinya, usapkan waslap dengan lembut ke seluruh wajah dengan gerakan melingkar. Setelah pembersih dibilas, gunakan handuk untuk mengeringkan wajah bayi Anda.

BACA JUGA:  Apa Itu Tipe Kepribadian ISTJ ?

5. Jangan Memencet Jerawat

Hindari mencubit atau memencet jerawat. Ini akan mengiritasi kulit bayi Anda dan dapat memperburuk masalahnya.

Jerawat bayi biasanya tidak berbahaya. Tidak gatal atau nyeri untuk bayi Anda. Ini akan segera selesai dengan sendirinya.

Tidak ada pengobatan untuk bayi berjerawat, tapi Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter anak jika Anda khawatir. Jika jerawat bayi Anda tidak hilang setelah beberapa bulan menjalani perawatan di rumah, dokter mungkin menyarankan penggunaan lotion benzoyl peroxide 2,5 persen.

Scroll to Top